Inilah 20 Makanan Khas Sunda yang Populer Dan Enak

Berbicara tentang makanan dari Sunda, tentunya Anda langsung berpikir rasanya yang manis. Namun, sebenarnya cita rasa makanan yang berasal dari Sunda juga bervariasi, mulai dari asam, segar, pedas dan asin.

Tak heran jika kuliner khas dari daerah yang satu ini memiliki banyak penggemar di seluruh Indonesia. Lantas apa saja hidangan yang populer? Berikut 20 makanan khas Sunda yang wajib di coba.

1. Karedok

Hidangan selanjutnya yang tak asing lagi ditelinga Anda yaitu Karedok. Makanan ini terbuat dari campuran sayur sayuran, seperti tauge, kacang kacangan, kubis, kemangi, terong kecil, dan timun mentah. Sebagai penambah rasa, makanan ini akan disiram menggunakan bumbu kacang.

2. Lotek

Makanan khas selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan begitu saja yaitu Lotek. Hidangan ini sebenarnya mirip dengan gado gado, tetapi ada tambahan kencur dalam bumbunya. Biasanya Lotek akan dihidangkan bersama lontong dan kerupuk udang.

3. Doclang

Jika Anda penasaran dengan cita rasa makanan khas Sunda, maka sebaiknya mencoba Doclang. Menu ini sepintas mirip dengan kupat tahu yang ada di daerah lainnya.

Hal yang membedakan kuliner ini yaitu lontongnya dibungkus dengan daun pata. Sebagai pelengkapnya, satu porsi makanan ini akan disajikan dengan telur rebus, tahu goreng, dan kerupuk.

Setelah itu, bahan tersebut akan disiram dengan bumbu kacang yang memiliki rasa pedas, manis dan gurih.

4. Nasi Liwet

Tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan kuliner yang masuk ke dalam 20 makanan khas Sunda ini yaitu Nasi Liwet.

Nasi ini dimasak dengan beberapa rempah pilihan, seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, jambal roti dan serai. Umumnya hidangan ini disantap dengan ikan asin sebagai pelengkapnya.

5. Nasi Timbel

Hidangan yang satu ini memiliki cita rasa kuat dan unik. Sebab, Nasi Timbel memiliki banyak versi yang bisa dipilih untuk disantap.

Ada beberapa lauk pendamping yang menambah kelezatan mulai dari pepes ikan, ampela, ayam goreng, tawes, japuh, dan ikan asin.

Baca juga: Yuk, Cobain 12 Kuliner Malam Jakarta yang Endes Banget!

6. Nasi Tutug Oncom

Kuliner yang satu ini merupakan sajian yang dimasak dengan oncom bakar atau goreng. Kemudian untuk menu pendampingnya akan dihidangkan bersama lalapan sayur, kerupuk, tempe goreng, ayam  goreng, dan sambal terasi.

7. Pais

Di Sunda, hidangan yang dibungkus menggunakan daun pisang dikenal dengan sebutan Pais atau Pepes. Ada beberapa jenis pepes yang ada di Sunda, mulai dari pepes ikan asin, jamu, telur asin, daging sapi, dan ikan teri.

8. Sayur Asem

Sayur Asem menjadi salah satu kuliner dalam daftar 20 makanan khas Sunda yang sangat populer. Makanan ini dimasak dengan beberapa bahan sayuran, mulai dari labu siam, kacang panjang, nangka muda, melinjo, kacang tanah,  dan belimbing sayur.

9. Tumis Genjer Oncom

Karena di Sunda terkenal dengan oncom, maka banyak sekali hidangan olahan dari bahan tersebut. Salah satunya yang bisa Anda nikmati yaitu Tumis Genjer Oncom. Cita rasa khas oncom yang lezat dipadukan genjer dengan tekstur renyah ketika digigit.

10. Mie Kocok

Mie kocok juga merupakan hidangan khas Sunda yang menggunakan bahan dasar mie kuning dalam pengolahannya.

Makanan ini disajikan dengan irisan kikil, bakso, taburan daun seledri dan toge yang sudah matang.

Baca juga: Permainan Tradisional Sunda

11. Soto Bandung

Seperti yang sudah Anda tahu Bandung merupakan salah satu Provinsi di Jawa Barat yang juga termasuk ke wilayah Sunda.

Bandung memiliki hidangan khas bernama Soto Bandung. Tampilannya sebenarnya mirip dengan soto daerah lainnya, tetapi ada tambahan kedelai di atasnya.

12. Sate Manggarai

Sate Manggarai ini juga menjadi kuliner khas Sunda yang bisa dinikmati ketika berkunjung di daerah tersebut.

Pengolahan makanan ini awalnya harus direndam terlebih dahulu ke dalam bumbu sebelum dibakar. Karena sudah direndam dengan bumbu, maka penyajiannya tidak perlu dengan saus pendamping.

13. Empal Gepuk Daging Sapi

Sesuai dengan namanya, kuliner yang masuk dalam daftar 20 makanan khas Sunda ini diolah dengan cara dipukul pukul atau dipipihkan hingga gepeng.

Agar rasanya semakin lezat, empal gepuk daging sapi diolah dengan lumuran bumbu bercita rasa manis dan masak, hingga bumbu meresap hingga ke dalam serat daging.

14. Empal Gentong

Berbeda dengan empal gepuk, hidangan yang satu ini disajikan dengan kuah kental yang lezat dan gurih. Sebagai penambah rasa, Empal Gentong ditaburi dengan kucai dan sambal yang dibuat dari cabai kering giling.

15. Laksa Bogor

Laksa Bogor merupakan kuliner khas Sunda yang terbuat dari beberapa rempah pilihan. Bahan dasar kuning yang ada di dalam hidangan ini menambah kelezatan dari kuahnya.

Selain kunyit ada juga tambahan bumbu lainnya untuk menghasilkan cita rasa khas. Kuahnya ditambahkan dengan bumbu, seperti ketumbar, lada, kemiri, dan bawang putih.

Selain itu, ada juga penambahan santan, oncom, dan kaldu ayam pada kuahnya. Kuah yang lezat tersebut akan disiramkan ke mangkuk berisi ayam, telur rebus, daun kemangi, dan bihun.

Baca juga: 11 Kuliner Khas yang Wajib Diicip ketika ke Puncak Bogor

16. Soto Mie

Soto Mie merupakan hidangan dalam daftar 20 makanan khas Sunda berjenis kuah kuahan yang menggunakan mie kuning sebagai bahan utamanya.

Makanan ini biasanya disajikan dengan kombinasi lainnya, seperti babat, kaki sapi, urat, telur ayam, kentang rebus, toge dan tomat.

17. Bakakak Hayam

Kuliner khas selanjutnya yang bisa Anda temukan di Sunda yaitu Bakakak Hayam. Menu masakan unggulan ini sangat mudah dijumpai di Sunda berupa ayam panggang dengan tambahan bumbu khusus. Untuk pelengkapnya dihidangkan bersama sambal dan lalapan sayur.

18. Kupat Tahu

Selain Doclang ada juga hidangan Kupat Tahu yang khas Sunda yang bisa menjadi pilihan. Makanan ini disajikan dengan toge yang sudah direbus, tahu goreng, dan bumbu kacang. Sebagai bahan taburan, Kupat Tahu akan disajikan dengan seledri dan bawang goreng.

19. Asinan Bogor

Perlu diketahui jika di Sunda juga terdapat Asinan Bogor yang menjadi ciri khasnya. Asinan Bogor sendiri terdiri dari tiga macam, mulai dari asinan sayuran, asinan campur, dan asinan buah. Untuk menu asinan buah bahan yang digunakan yaitu jambu, nanas, pepaya, dan bengkoang.

Hal ini berbeda dengan Aisan sayuran yang terdiri dari beberapa campuran tahu, wortel, daun antaran, sawi asin, kol, dan mentimun sebagai bahan utamanya. Sedangkan asian campuran dibuat dengan kombinasi sayur dan buah dengan tambahan kuah khas.

20. Baso Tahu

Kuliner populer selanjutnya yang ada di Sunda yaitu Baso Tahu. Kudapan yang satu ini menjadi kuliner khas yang banyak digemari banyak orang, mulai dari anak anak, pemuda, sampai orang tua.

Kuliner dalam daftar 20 makanan khas Sunda ini dibuat dari olahan ikan yang digiling, dibumbui dan di masukkan ke dalam tahu.

Sebagai pelengkapnya, hidangan ini akan disajikan bersama kentang rebus, pare, siomay, dan bumbu kacang. Itulah beberapa daftar hidangan khas Sunda yang terdiri dari makanan ringan hingga berat.

Tinggalkan Balasan