Apa Yang Dimaksud Webinar Dan Apa Saja Manfaatnya?

Ad

Apa Yang Dimaksud Webinar – Ditengah kemajuan teknologi seperti saat ini memang banyak istilah atau produk baru baru yang tentunya semakin memudahkan manusia dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah webinar. Pastinya sudah pernah dengar kan? Atau justru belum pernah dengar sama sekali?

Baca juga:

Tenang pada kesempatan ini kami akan membahasnya untuk anda. Bagi pengguna internet, khususnya yang menggeluti bisnis online via youtube pastinya sudah akrab dengan webinar ini.

apa-yang-dimaksud-webinar

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan webinar?

 

Webinar sebenarnya merupakan singkatan dari dua kata yaitu Web dan Seminar, disingkat menjadi webinar. Yang dimaksud dengan web adalah jaringan internet atau pemakaian teknologi internet. Sedangkan seminar, tentu semua orang sudah paham yaitu pertemuan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan maksud tertentu.

 

Jadi Webinar bisa diartikan sebuah kegiatan pertemuan antar sekelompok orang dengan bantuan koneksi internet. Melalui Webinar ini, Anda dapat berinteraksi secara langsung, melalui gambar (video) ataupun teks (chat).

 

Apa saja manfaat webinar?

 

Seminar Online atau Webinar ini memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu:

  • Fleksibel dari segi waktu dan tempat
  • Pastinya lebih hemat biaya
  • Dapat berkomunikasi/berinteraksi dengan orang banyak dalam suatu acara (seminar/meting dan dan lainnya)

 

Bagaimana cara kerja webinar

 

Jika Anda hadir di sebuah seminar, maka Anda perlu datang ke suatu lokasi tempat yang ditentukan. Berbeda dengan Webinar, Anda hanya perlu siap (standby) pada waktu yang telah ditetapkan dan Anda dapat mengikuti seminar tersebut di mana pun Anda berada selama Anda terkoneksi dengan Internet.

 

Webinar ini dilakukan dengan sebuah software atau layanan Webinar. Jadi setiap dari Anda yang ingin mengikuti (bergabung) Webinar, Anda harus mendaftar dahulu.

 

Hal-hal yang dibutuhkan saat melakukan webinar?

 

Tidak seperti seminar biasa yang pasti lebih ribet untuk menyelenggarakannnya, Webinar hanya perlu 2 hal saja yakni koneksi internet dan komputer. Namun untuk menjalankannya, kualitas 2 hal tersebut wajib diperhatikan. Koneksi internet yang digunakan sebaiknya memakai internet broadband yang lebih stabil dan juga berkecepatan tinggi.

 

Itu sangatlah penting karena pada dasarnya webinar seperti online streaming yang membutuhkan akses internet berkecepatan tinggi. Jika tidak, maka komunikasi selama webinar berjalan akan tidak maksimal seperti gambar tersendat dan suara patah-patah. Apa Yang Dimaksud Webinar.

 

Selain itu kualitas perangkat komputer yang dipakai juga harus diperhatikan, penggunaan perangkat audio contohnya speaker, proyektor  serta performa mesin komputer harus mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi.

 

Beragam kelebihan dan kekurangan Webinar

 

Sebagai sarana komunikasi kelompok, webinar memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan seminar atau pertemuan secara langsung. Beberapa diantaranya yakni:

 

Kelebihan webinar :

 

  • Minim tempat karena bisa dilakukan secara individu dari berbagai tempat berbeda
  • Biaya yang relative lebih minim jika dibandingkan seminar langsung
  • Mengurangi tekanan presentasi karena kita tidak bertatap langsung dengan anggota lain.

Kekurangan webinar:

  • Sulit dijalankan jika berada di tempat dengan koneksi internet minim
  • Kurang adanya keterjalinan antar anggota
  • Resiko gangguan pertemuan jika terjadi masalah pada koneksi internet atau perangkat komputer secara tiba-tiba.

 

 

Nah, sekarang sudah tahu kan apa yang dimaksud webinar, manfaat dan cara kerjanya? Tak dipungkiri, teknologi ini sangat bermanfaat buat generasi modern seperti sekarang ini. Konsep webinar pastinya menjadi pilihan solutif untuk keperluan pertemuan di era digital, dimana jarak dan ruang tak lagi menjadi penghalang. Sudahkah anda mempelajari teknologi ini?

Add Comment