Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Asuransi Syariah, Khususnya untuk Umat Muslim

Ad

Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Asuransi Syariah – Saat ini keberadaan asuransi semakin populer dan sudah diterima baik oleh masyarakat, Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, dimana asuransi dianggap sebagai hal yang tidak ada manfaatnya, dan merugikan. Perkembangan asuransi di negeri ini terbukti dari makin meningkatnya pemilik asuransi ditiap tahunnya.

asuransi-syariah

Nah, bicara tentang asuransi, ada 2 jenis asuransi yang sebaiknya anda ketahui, yaitu asuransi konvensional dan asuransi syariah. Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Asuransi Syariah. Sebagai umat muslim tentunya sangat dianjurkan untuk lebih memilih asuransi syariah dibandingkan yang konvensional. Adapun beberapa alasannya adalah:

Alasan Mengapa Harus Memilih Asuransi Syariah

1. Asuransi syariah berprinsip akad takafuli (tolong-menolong)

 Akad yang di pakai oleh asuransi syariah yaitu asas tolong menolong, dimana antara anggota nasabah  satu dengan nasabah lainya saling menopang. Dapat di pahami bahwa uang tersebut jauh dari unsur riba, karena pendapatanya jelas merupakan uang dari nasabag-nasabah yang menjadi anggotanya. Selain terhindar dari riba keuntungan lainya dengan menggunakan akad ini yaitu kepuasan hati bisa menolong sesama tanpa memberatkan diri kita, dan hati kita bisa ikhlas dan tidak merasa kehilangan.

Akad ini sesuai dengan yang syariat islam dan jauh berbeda dengan asuransi konvensional yang dananya berasal dari akad jual  beli. Dana nasabah yang mengikuti  asuransi syariah ini bisa diambil apabila sudah habis masa perjanjianya, dana tersebut seperti uang yang kita tabung sehingga ketika masa habis dan belum pernah terpakai uang yang kita terima akan tetap sama dan apabila lebih merupakan hasil dari  proses mudharabah bukan riba.

2. Dana yang terkumpul merupkan hasil dari mudharabah

 Setiap nasabah yang menyetor uang untuk asuransi ini nantinya dana yang terkumpul dari nasabah tersebut akan di investasikan oleh lembaga yang menawarkan asuransi syariah tersebut yang prosesnya disesuaikan dengan syariat islam setelah melalui proses investasi, dana bisa bertambah sedikit dan hasil tersebut merupakan hasil dari mudharabah atau bagi hasil makanya aman dari riba.

3. Premi atau dana masih merupakan uang dari nasabah

 Salah satu keunggulan asuransi syariah yaitu uang terkumpul yang hendak di investasikan masih merupakan uang nasabah, karena tidak melalui akad jual beli seperti pada asuransi konvensional. Sehingga apabila waktu asurani telah habis uang yang kembali memang sebenarnya uang nasabah.

Kalau di asuransi konvensional karena menggunakan konsep jual beli uang nasabah yang disetorkan adalah menjadi uang lembaga asransi tersebut dan di gunakan untuk berinvestasi, dan nantinya keuntungan yang didapat, atau hasil investasi akan diberikan ke  nasabah sesuai dengan perjanjian awal.

4. Status dana klaim nasabah

 Sesuai akad yang di pakai dalam asuransi syariah yaitu akad takaffuli dana klaim asuransi berasal dari dana sosial yang disisihkan dari sebagian dana yang disetor nasabah yang tidak di pakai untuk investasi.

5. Dewan pengawas syariah

 Setiap pelaku bisnis perusahaan asuransi syariah diawasi oleh dewan pengawas syariah sehingga anda tidak perlu takut uang anda hilang atau di bawa kabur oleh pelaku bisnis perusahaan asuransi syariah.  Peran dewan pengawas syariah ini yaitu mengawasi manajemen, produk dan kebijakan investasi yang di terapkan oleh perusahaan asuransi syariah.

Nah, itulah diatas beberapa alasan yang bisa anda pertimbangkan mengapa anda harus memilih menjadi nasabah asuransi syariah dari pada asuransi konvesional. Yang pasti, uang anda aman dari riba karena dana hasil investasi merupakan bagi hasil dari kedua belah pihak yaitu nasabah dan perusahaan syariah. Tunggu apa lagi, segera kunjungi salah satu kantor cabang perusahaan asuransi syariah yang anda minati.

Add Comment