Beberapa Aplikasi Chat Android Yang Banyak Digunakan

Dulu ingin berinteraksi pesan singkat melalui handphone hanya bisa mengandalkan fitur SMS. Namun seiring berkembangnya teknologi internet, kini berbalas pesan bisa menggunakan aplikasi chatting lewat smartphone android. Dibanding SMS, berbalas pesan dengan aplikasi chatting ini tarifnya lebih murah sehingga lebih digemari. Berikut apa saja aplikasi chat android yang banyak digunakan.

1. KakaoTalk

Aplikasi chat android yang banyak digunakan pengguna di dunia adalah kakao talk. KakaoTalk sendiri merupakan aplikasi chat android yang terkenal dengan kecepatannya dalam mengirim pesan. Selain itu, aplikasi ini juga sering memberikan beragam voucher atau kupon bagi penggunanya.

Hingga saat ini pengguna aplikasi KakaoTalk sudah mencapai lebih dari 150 ribu pengguna di dunia. Meskipun begitu, aplikasi ini masih kurang terkenal di Indonesia. Padahal banyak sekali fitur yang ditawarkan untuk aplikasi Kakaotalk. Diantaranya selain bisa dipakai untuk bertukar pesan, kakotalk juga punya fitur panggilan gratis.

2. Telegram

Selanjutnya ada aplikasi chat android yang banyak digunakan lainnya yaitu telegram. Menurut beberapa sumber mengatakan, sejak diluncurkan dalam kurun waktu 2,5 tahun telegram sudah berhasil menarik perhatian sekitar 100 juta pengguna. Telegram sempat diterpa isu tidak sedap yang berhubungan dengan terorisme.

Namun, seakan tidak berpengaruh aplikasi ini tetap menjadi andalan pengguna android di dunia. Ada banyak fitur menarik dari telegram. Salah satunya penggemar bisa melakukan editing pesan yang sudah dikirim. Selain itu pesan telegram juga dapat dirahasiakan, karena ada fitur yang memungkinkan pesan yang dikirim bisa hilang seketika.

3. WhatsApp

WhatsApp mungkin yang paling digemari di Indonesia. Namun, untuk kelas dunia aplikasi chatting ini sudah didownload oleh sekitar 60 juta pengguna. Salah satu alasan WhatsApp begitu banyak digemari adalah pengaplikasiannya yang sangat mudah. Pengguna hanya tinggal mendaftarkan nomor HP. Maka otomatis, WhatsApp akan secara otomatis menghubungkan dengan kontak telepon pengguna.

Ditambah lagi WhatsApp tidak menyarankan pengguna untuk menggunakan username maupun password tertentu. Fitur whatsApp tidak hanya bisa mengirim pesan. Namun juga foto, video, voice mail, bahkan melakukan panggilan telepon secara gratis. Semua aktivitas tidak akan memakan pulsa regular, karena aplikasi ini mengandalkan koneksi internet.

4. Facebook Messenger

Facebook awalnya dibuat sebagai salah satu pilihan media sosial. Namun pihak pengembang mulai terpikirkan untuk membuat aplikasi “Facebook Messenger” karena sadar pentingnya aplikasi chatting pagi pengguna smartphone terutama android. Ternyata aplikasi chatting ini cukup mendapat perhatian terbukti dengan jumlah pengguna yang mencapai 52 juta orang.

Dengan menggunakan aplikasi Facebook Messenger ini, pengguna bisa bebas melakukan chatting tanpa repot melakukan login. Pengguna bisa berkirim pesan chat bersama pengguna facebook lainnya. Aplikasi ini sangat ringan, sehingga tidak terlalu membebani memori smartphone.

5. Line

Selanjutnya ada aplikasi Line yang juga merupakan aplikasi chat android yang banyak digunakan. Terbukti hingga saat ini Line tercatat sudah dipakai oleh lebih dari 10 juta pengguna. Salah satu kelebihan dari Line adalah tersedianya banyak pilihan stiker lucu. Sehingga aktivitas berkirim pesan jadi lebih seru dan menyenangkan.

Line juga termasuk aplikasi yang cepat dan ringan. Selain fitur chatting dengan beragam stiker menarik, line juga masih punya fitur lain. Diantaranya ada line square, line today, dan masih banyak lagi.

6. Skype

Skype bisa menjadi pilihan aplikasi chatting android terbaik untuk digunakan. Bahkan bukan hanya untuk android saja. Namun juga untuk semua perangkat baik seperti PC atau laptop. Hingga saat ini pengguna Skype diketahui sudah mencapai 10 juta orang.

Aplikasi chat ini sangat cocok dipakai oleh pengguna yang menyukai komunikasi skala global. Pasalnya Skype ini sangat nyaman dipakai sebagai media komunikasi dengan kerabat atau teman yang sedang berada di luar negeri. Sisi negatif dari aplikasi chat ini hanya pada ukurannya saja yang sedikit memakan memori.

7. Wechat

WeChat merupakan salah satu pilihan aplikasi chatting android. Aplikasi ini mulai dirilis sekitar tahun 2011 silam. Hingga kini Wechat sudah didownload oleh sekitar 5 juta pengguna android. Disediakan banyak fitur menarik yang dapat dinikmati pengguna selain fitur berbalas pesan.

Salah satunya adalah fitur nearby people. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat terhubung dengan teman baru yang lokasinya berdekatan hanya dengan melakukan shake ponsel. Fitur ini sekaligus menjadi andalan dari aplikasi Wechat.

Itu tadi macam-macam aplikasi chat android yang banyak digunakan. Apa semua sudah pernah dicoba? Bila masih ada yang belum, silahkan mencobanya. Nikmati beragam fitur yang disediakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Add Comment