Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Catering Pernikahan

Ad

Kiat sukses bisnis catering pernikahan – Di kota-kota besar, masyarakat cenderung sudah sibuk dengan berbagai pekerjaan sehingga urusan pengadaan pesta pernikahan biasanya dialihkan kepada pihak event organizer ataupun pihak catering pernikahan. Kondisi ini membuat usaha di bidang catering pernikahan semakin dibutuhkan oleh masyarakat.

 

Nah, jika Anda tertarik untuk menekuni bisnis ini, berikut kami bagikan beberapa informasi terkait prospek dan kiat sukses bisnis catering pernikahan yang sebaiknya anda terapkan.

 

Prospek Usaha Catering Pernikahan

 

Ada berbagai kelebihan dari usaha catering pernikahan. Peluang bisnis usaha catering pernikahan ini akan semakin menjanjikan dari waktu ke waktu baik di daerah perkotaan maupun pedesaan. Kelebihan lainnya, usaha catering pernikahan ini bisa dibuka oleh siapa saja, misalnya oleh ibu rumah tangga maupun sebagai usaha sampingan para pekerja kantoran ataupun pensiunan.

 

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa usaha catering pernikahan ini hanya bisa dijalankan oleh mereka yang memiliki keahlian dan bakat dalam bidang memasak. Namun sebenarnya, siapapun orangnya meskipun tidak memiliki bakat memasak bisa menjalankan usaha ini. Anda cukup bekerjasama dengan rekan yang ahli dalam bidang memasak, kemudian Anda berperan mengatur manajemen pengelolaan bisnis, menerima order catering, pemasaran, hingga beberapa detail catering lainnya.

 

Kelemahan dari bisnis ini adalah semakin banyaknya pesaing. Bisnis catering pernikahan adalah salah satu usaha yang harus dijalankan secara professional dan terorganisir. Bisnis catering ini tidak sama dengan catering rumahan dengan skala kecil, misalnya saja catering nasi kotak dan sebagainya. Karena skala acara yang dihandle oleh bisnis catering pernikahan ini umumnya sangat besar dan melayani banyak orang, maka semakin profesional pengelolaan bisnis Anda, maka usaha catering Anda akan mendapatkan tempat di hati konsumen.

 

Tips sukses bisnis catering pernikahan

 

Bagi Anda yang akan terjun dalam bisnis catering pernikahan, ada baiknya Anda memperkaya diri dengan berbagai tips sukses untuk menjalankan bisnis ini dulu sebagai bekal. Diantaranya adalah:

 

  1. Pemasaran

 

Catering pernikahan adalah bisnis di bidang jasa. Dengan begitu, Anda wajib memiliki strategi pemasaran tersendiri bagi bisnis catering Anda. Saat ini paling mudah Anda menggunakan internet untuk memasarkan usaha catering pernikahan Anda. Misalnya dengan membuat page khusus di facebook ataupun akun usaha catering Anda di Instagram. Kemudian sering-seringlah memposting menu catering dan juga event pernikahan yang memakai catering Anda. Sertakan pula kontak yang bisa dihubungi pada setiap postingan tersebut.

 

  1. Harga Catering

 

Harga adalah masalah yang sensitif dalam persaingan bisnis. Dalam dunia catering pernikahan, biasanya dibedakan menjadi 2 kelas yaitu catering mura (low-budged) dan catering mewah. Anda wajib menentukan target pasar apakah akan membuka catering dengan konsep murah ataukah mewah. Karena masng-masing segmen pasar ini akan mempengaruhi modal dan juga harga catering Anda.

 

  1. Menu

 

Menu adalah salah satu faktor penting untuk menarik pelanggan. Biasanya dalam dunia bisnis catering pernikahan, pihak catering akan menyediakan banyak rekomendasi menu, mulai dari masakah khas Indonesia, Asia, bahkan hingga khas Barat. Kemudian pelanggan bisa memilih menu apa saja yang akan dihidangkan di pesta pernikahannya. Semakin banyak Anda menguasai menu, maka akan semakin baik dan semakin menarik minat kostumer.

 

  1. Rasa

 

Meskipun menu yang Anda tawarkan sudah banyak, namun jangan sampai Anda melupakan masalah rasa masakan catering pernikahan ini. Rasa adalah kunci untuk mendapatkan kostumer dengan sistem promosi dari mulut ke mulut. Rasa memegang peranan yang sangat penting untuk menopang bisnis catering pernikahan. Karena memang inti dari bisnis catering adalah menawarkan rasa yang enak namun dengan harga yang kompetitif.

 

  1. Pelayanan

 

Pelayanan juga menjadi faktor yang sangat penting dalam dunia catering pernikahan. Pelayanan yang ramah dan professional mulai dari proses pemesanan hingga hari H dimulai adalah kunci Anda mendapatkan kesetiaan kostumer. Perlakukan tamu undangan pernikahan dan kostumer catering seperti raja akan membuat bisnis Anda berkembang dengan baik.

 

Nah, itu dia beberapa kiat sukses bisnis catering pernikahan yang sebaiknya anda coba. Salam sukses.

Add Comment