Bisnis Makanan Yang Menguntungkan Modal Kecil

Bisnis makanan ataupun minuman semakin hari semakin banyak peminatnya karena variasi yang ditawarkan juga menarik. Ada banyak inspirasi bisnis makanan yang menguntungkan tanpa harus mengeluarkan modal yang cukup besar. Ide-ide berikut ini bisa dilakukan oleh siapa saja dengan target pasar terdekat adalah lingkungan tempat tinggal.

1. Bubur Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki nutrisi gizi yang baik untuk tubuh dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak mengherankan jika banyak orang menyukai olahan kacang hijau ini, salah satunya adalah bubur kacang hijau. Bahan yang dibutuhkan untuk membangun bisnis ini juga tidak sulit, hanya membutuhkan kacang hijau yang mudah didapatkan di pasar.

Agar sedikit bervariasi, bisa dengan menambahkan ketan hitam dan sejenisnya tergantung dari target pasar. Sebagai permulaan, juallah dengan harga terjangkau dan cobalah untuk berjualan di sekolahan ataupun kampus. Bisa juga dengan menitipkannya di warung-warung dan sebagainya untuk memperoleh pendapatan lebih.

2. Roti Bakar

Jajanan makanan satu ini hampir disukai oleh berbagai kalangan usia karena keragaman cita rasa yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Bisnis makanan satu ini tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya jika lokasi rumah berdekatan dengan jalan. Hal tersebut justru menguntungkan karena akan banyak orang yang melihat bahkan mampir untuk membeli.

Agar terlihat berbeda dengan usaha roti bakar lainnya, cobalah untuk melakukan inovasi varian rasa. Pastikan menawarkan variasi rasa yang baru atau bisa juga dengan memilih bahan dasar roti dari pandan bukan putih polos biasa. Berikan juga diskon penawaran khusus seperti setiap 10 pembeli pertama mendapatkan potongan harga.

3. Tahu dan Tempe Kremes

Baik tahu ataupun tempe memiliki nilai gizi untuk kebutuhan nutrisi tubuh. Harga bahan dasar dan bahan lain untuk membuat tahu ataupun tempe kremes juga tidak mahal dan tidak sulit. Dari sini bisa melihat peluang untuk menjual tahu dan tempe kremes di beberapa tempat. Ini dikarenakan hampir semua orang menyukai 2 makanan ini.

Ide bisnis ini akan lebih baik jika menambahkan topping yang bervariasi, contohnya dengan topping keju dan lain sebagainya. Untuk harga jualnya, buatlah terjangkau untuk anak sekolah sekalipun agar dapat menjangkau berbagai kalangan. Perlu diingat bahwa bisnis ini akan lebih baik jika dimulai dari rumahan terlebih dahulu agar modalnya tidak banyak.

4. Aneka Makanan Berkuah

Makanan berkuah disukai oleh berbagai kalangan usia, terlebih jika musim hujan tiba. Usaha makanan bakso, mie ayam, soto dan sejenisnya bisa menjadi bisnis makanan yang menguntungkan. Dalam menjalankan salah satu bisnis makanan berkuah ini hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas makanan yang disajikan.

Akan lebih menarik dan berbeda jika memiliki cita rasa yang sangat khas dan belum ditemukan di tempat lain. Misalkan memilih usaha bakso, maka komposisi ayam dan bumbu rempah yang digunakan lebih banyak agar cita rasanya enak. Bisa juga memberikan inovasi terhadap ukuran bakso ataupun penamaan warung baksonya.

5. Singkong Aneka Rasa

Makanan satu ini memang sangat tradisional, namun jika diolah dan dikembangkan lebih lanjut akan mendapatkan keuntungan yang lumayan. Pasalnya dari bahan dasarnya sendiri mudah dicari atau jika menanam sendiri di kebun rumah akan lebih baik. Singkong dapat diolah menjadi aneka makanan, salah satunya adalah singkong aneka rasa.

Kelebihan bisnis ini adalah dari proses pembuatan yang mudah dan tidak memakan banyak waktu. Beberapa variasi rasa yang bisa diterapkan diantaranya adalah singkong keju, coklat keju, pedas dan lain sebagainya. Tentukanlah harga jual yang terjangkau agar semua kalangan masyarakat dapat menikmati makanan tradisional yang diolah lebih modern ini.

6. Aneka Makanan Pedas

Sebagian masyarakat Indonesia menyukai aneka makanan pedas dengan level yang berbeda-beda. Beberapa justru tertantang untuk mencoba level makanan pedas paling tinggi dari suatu kuliner atau produk makanan lain. Peluang inilah yang dapat dimanfaatkan untuk usaha bisnis makanan yang menguntungkan.

Beberapa contoh makanan yang dibuat variasi pedas diantaranya ayam geprek, mie goreng, nasi goreng, olahan ikan laut dan lain sebagainya. Cobalah untuk membuat variasi level pedas sendiri dan berikan penawaran promo terbaik.

Beberapa ide bisnis makanan yang menguntungkan di atas merupakan sebagian dari banyaknya ide bisnis makanan. Cobalah untuk mencoba salah satu di atas dan lakukan dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Add Comment