Bonsai Serut: Tanaman Cantik Yang Mudah Dibuat

Bonsai Serut – Bosan dengan tanaman hias yang konvensional dan ingin membuat taman hunianmu tampil berbeda? Jika kamu merasakan hal tersebut, mungkin kamu bisa mencoba beralih dari tanaman hias biasa ke tanaman bonsai.

Namun, mengingat harga dari tanaman bonsai yang cukup mahal, nggak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri untuk tamanmu. Salah satu tanaman bonsai yang bisa kamu coba buat sendiri untuk tamanmu adalah tanaman bonsai serut.

Bonsai serut adalah tanaman bonsai yang memiliki dedaunan berwarna kehijauan serta batang dahan dan bonggol yang berwarna keputihan. Sebelum dibonsai, pohon serut sendiri merupakan pohon yang memiliki daun berukuran kecil, memiliki buah yang berukuran sangat kecil berwarna kehijauan dan bisa berbunga.

Karakter Bonsai Serut

Bonsai serut merupakan tanaman yang meranggas (menggugurkan daun). Beberapa vegetasi memang memiliki karakter meranggas atau menggugurkan semua daunnya pada saat-saat tertentu, biasanya pada musim kemarau. Hal ini juga terjadi pada bonsai serut. Tujuan dari aktivitas meranggas ini adalah mengurangi kebutuhan air.

Jadi, jika suatu saat tiba-tiba bonsai serut milikmu yang sehat dan subuh tiba-tiba kehilangan daun-daunnya, kamu tidak perlu khawatir karena hal ini sangatlah alami. Setelah dirasa iklim sekitarnya bersahabat, perlahan pucuk-pucuk daun segar akan mulai tumbuh lagi.

Nilai lebih dari tanaman bonsai serut selanjutnya adalah usianya yang bisa mencapai hingga ratusan tahun selama kamu melakukan cara merawat tanaman yang baik dan benar. Bahkan, semakin tua usia dari bonsai yang kamu miliki, maka semakin mahal pula harganya di pasaran.

Langkah-Langkah Membuat Bonsai Serut

Memilih dan Mempersiapkan Bonggol atau Bakalan dari Bonsai Serut

Sebenarnya bonggol atau bakalan dari pohon bonsai serut bisa kamu dapatkan dengan mudah di tempat penjualan benih tanaman. Dengan begitu kamu sudah bisa mendapatkan bakalan bonsai serut yang baik. Ada beberapa yang perlu kamu lakukan sebelum menanam bakalan bonsai serut.

Pertama, pangkas semua daun yang terdapat pada bonggol memakai gunting khusus. Pangkas juga akar-akar berlebihan pada bakalan bonsai untuk mengontrol pertumbuhan akar dari bonsai serut milikmu nanti.

Setelah itu, cuci bersih akar dari bonggol bonsai serut hingga bersih dengan air dan olesi akar dari bonggol bonsai dengan perangsang pertumbuhan akar secara merata. Obat atau pupuk perangsang pertumbuhan akar ini bisa kamu temukan dengan mudah di tempat penjualan kebutuhan taman dan tanaman hias.

Persiapkan Media Tanam yang Baik untuk Bonsai Serut

Media tanam yang kamu perlukan untuk menanam bonsai serut tidak sama dengan tanaman hias pada umumnya. Untuk membuat tanaman bonsai tumbuh dengan baik, kamu perlu mempersiapkan media tanam khusus.

Komposisi media tanam yang dianjurkan untuk menanam pohon bonsai serut adalah dengan mencampur tanah gunung, tanah humus, dan juga pupuk kandang dengan perbandingan komposisi rata 1:1:1.

Komposisi tanah seperti ini akan membantu bonsai serut bertumbuh dengan baik tanpa kekurangan nutrisi atau kelebihan nutrisi dan unsur hara pada media tanam.

Proses Adaptasi Bonggol Bonsai Serut

Setelah bonggol dan media tanam bonsai serut sudah dipersiapkan, tanam bonggol bonsai serut ini pada media tanam, seperti pot besar. Sebelum bisa dibentuk, kamu harus memberikan waktu untuk bonggol ini tumbuh dan beradaptasi dengan media tanam yang baru sebelum bisa kamu bentuk menggunakan kawat stainless steel.

Setelah akar perlahan mulai tumbuh dan umur dari bakalan bonsai serut ini sudah cukup dewasa kamu bisa melanjutkan ke proses selanjutnya yaitu membentuk tanaman bonsai.

Membentuk Bonsai Serut dengan Kawat Lilit Stainless Steel

Untuk membentuk bonsai serut yang sudah dewasa, kamu memerlukan kawat lilit dari stainless steel atau kawat lainnya asalkan kawat yang kamu gunakan tidak mudah putus dan berkarat. Ukuran dari kawat yang digunakan minimal berdiameter 3 mm.

Cara membentuk bonsai serut adalah dengan melilitkan kawat mulai dari bagian bonggol hingga ke bagian dahan-dahannya. Lilitkan kawat dengan kuat membentuk pola yang kamu inginkan. Lakukan proses ini dengan sangat hati-hati agar dahan dari bonsai serut yang sedang kamu bentuk tidak patah.

Setelah itu berikan waktu yang cukup untuk bonsai serut agar dapat tumbuh dan mulai terbentuk sesuai dengan pola yang sudah kamu bentuk menggunakan kawat. Selama proses ini hingga akhirnya kawat-kawat ini dilepas perlahan, proses perawatan bonsai perlu kamu perhatikan. Berikut adalah cara perawatan dari tanaman bonsai serut yang perlu kamu ketahui.

Tips dan Cara Merawat Bonsai Serut

Cahaya Matahari yang Cukup

Seperti halnya bonsai beringin dan bonsai lainnya, begitu pula bonsai serut. Selama proses awal penanaman dan pembentukan, kamu bisa meletakkan bonsai di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung namun cukup untuk berfotosintesis. Bisa juga menggunakan kanopi. Setelah tanaman bonsai cukup dewasa dan kuat, kamu bisa meletakkannya di area yang terkena sinar matahari langsung.

Sirami Secara Rutin

Layaknya tanaman hias pada umumnya, tanaman bonsai serut juga perlu kamu sirami secara rutin. Siram sekali sehari dengan jumlah secukupnya. Pastikan media tanam bonsai serut tetap lembap, tapi tidak terlalu basah.

Pemupukan Bonsai Serut

Untuk dapat memenuhi nutrisi dari bonsai serut, kamu perlu memberikan pupuk pada tanaman bonsai serut. Namun, pemberian pupuk ini harus sangat diperhatikan karena tanaman bonsai sangat sensitif dengan nutrisi yang berlebihan. Jadi, rawat tanaman hias kesayanganmu, ya.

Pemangkasan

Selain itu, perawatan khusus dari bonsai serut adalah pemangkasan daun. Tujuan dari pemangkasan daun adalah merangsang pertumbuhan daun agar dapat tumbuh dengan lebih rimbun dan cepat.

Perlindungan terhadap Hama

Selama menanam bonsai serut kamu juga mungkin akan menghadapi masalah hama dan juga penyakit tanaman. Untuk itu, selalu siapkan pestisida dalam perlengkapan outdoor dan taman. Jenis hama yang umumnya menyerang bonsai serut adalah kutu daun yang bisa memicu pertumbuhan cendawan jelaga.

Kehadiran cendawan jelaga yang menutupi pucuk daun bonsai serut bisa menyebabkan daun bonsai berubah menjadi hitam. Hindari hal ini dengan melakukan penyemprotan dengan  penyiram tanaman berisi insektisida dan juga fungisida secara berkala.


Itulah cara menanam dan merawat bonsai serut yang bisa kamu coba dan kreasikan sendiri dirumah. Sudah siap membuat taman bonsaimu lebih cantik? (Sumber: https://www.dekoruma.com/artikel/65090/tanaman-bonsai-serut)

2 Comments

  1. Distributor Bibit November 26, 2019
    • Dinda Supriatna November 26, 2019

Add Comment