Cara Bikin Email di HP Menggunakan Aplikasi atau Browser

Cara Bikin Email di HP – Email merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengirim berbagai macam berkas dengan kapasitas tertentu. Salah satu email yang seringkali digunakan oleh banyak orang adalah Gmail. Cara bikin email di HP ini cukup mudah dan tidak terlalu ribet dalam prosesnya. Dalam mendaftarkan email baru, pastikan memiliki nomor HP aktif.

Cara Membuat Email Melalui Aplikasi Gmail

Cara pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi gmail yang bisa diunduh di Google Play atau biasanya sudah ada di ponsel masing-masing. Ketika membuat akun email, pastikan jaringan internet dalam keadaan baik. Berikut cara bikin email di hp menggunakan aplikasi :

  • Buka app Gmail di ponsel, kemudian pilih Tambahkan Akun.
  • Nantinya akan langsung direct ke halaman Login. Namun pilih tulisan Buat Akun pada bagian pojok kiri bawah.
  • Dari sini ada 2 pilihan, untuk pribadi atau untuk bisnis. Pilihlah untuk pribadi karena memang akan digunakan untuk kepentingan umum.
  • Input data diri pada kolom nama depan dan nama belakang. Pastikan menggunakan nama asli.
  • Selanjutnya mengisi informasi dasar seperti tanggal lahir dan jenis kelamin.
  • Ketikkan nama username yang ingin digunakan, lalu klik Next.
  • Masukkan password untuk akun Gmail tadi, pastikan password memuat kombinasi antara angka, huruf besar, huruf kecil dan karakter. Klik Next untuk ke tahap selanjutnya.
  • Centanglah kolom I Agree pada kotak pilihan Privacy and Terms.
  • Pengguna akan diarahkan pada konfirmasi username dan password sebelumnya, klik Next.
  • Skip pilihan pembayaran dengan memilih No Thanks dan klik Next untuk melanjutkan.
  • Tunggulah beberapa saat sampai proses pembuatan selesai dan akan ada notifikasi bahwa akun Gmail sudah siap digunakan.

Pembuatan email di aplikasi Gmail ini memiliki banyak keuntungan dari segi kepraktisan pembuatan dan tidak terlalu sulit. Pengguna hanya perlu mengisikan form yang diminta dengan data yang pasti. Menariknya adalah pembuatan email melalui aplikasi ini tidak mewajibkan seseorang untuk mengisikan nomor ponselnya.

Cara Membuat Email Melalui Browser

Cara kedua ini sangat berbeda dengan cara pertama dan tentunya membutuhkan browser bawaan ataupun download browser lain. Bagi yang tidak terlalu menyukai pembuatan melalui aplikasi dan ingin segera melakukan setting akun email bisa menggunakan cara ini. Berikut tata caranya :

  • Kunjungi website resmi Gmail di https://www.google.com/gmail/. Nantinya akan muncul beberapa opsi For Work, Sign In atau Create an Account. Pilih Create an Account.
  • Pengguna akan diarahkan ke halaman pembuatan akun Gmail yang baru.
  • Isilah kolom informasi yang dibutuhkan seperti nama depan, belakang, username, password dan konfirmasi password. Pastikan pengisian sudah benar dan klik Next.
  • Masukkan nomor ponsel untuk verifikasi data diri. Klik Next untuk melanjutkan.
  • Tunggu sampai ada SMS verifikasi dari Google untuk verifikasi akun dan masukkan di kolom yang tersedia, klik Next.
  • Jika muncul pernyataan agreement, centang kotak bertulisan I Agree dan klik Next lagi.
  • Tunggu beberapa saat sampai sistem memproses pembuatan akun Gmail.
  • Setelah proses selesai, pengguna akan langsung di arahkan ke halaman inbox email.

Pembuatan akun email melalui browser ini memang memiliki kekurangan tersendiri, yaitu pengguna wajib mencantumkan nomor ponsel yang aktif. Namun kelebihannya adalah pengguna dapat melakukan setting aplikasi mulai dari foto dan lain sebagainya.

Masalah Ketika Membuat Email

Dalam pembuatan akun email, biasanya akan ditemukan masalah seperti username tidak tersedia atau sudah digunakan oleh orang lain. Artinya adalah username yang ingin pengguna gunakan sudah digunakan oleh orang lain. Adapun solusinya adalah cobalah untuk mencari username lain yang masih mengandung unsur nama pribadi.

Jika sudah tidak memungkinkan, cobalah untuk menambahkan angka di belakang username tadi. Contohnya disini nama pengguna adalah Nakula Putra, maka usernamenya bisa menjadi nakulaputra90. Bisa juga dengan menyingkat nama depan atau belakang menjadi n.putra90 atau nakulap90.

Ada alasan lain mengapa username tidak dapat digunakan meskipun sudah menggunakan nama asli. Pertama karena ada pengguna lain yang memiliki nama yang sangat mirip dan sudah mendaftarkan data pribadinya untuk akun email. Kedua karena memang tidak disediakan oleh pihak Google agar tidak disalahgunakan.

Baik cara bikin email di HP menggunakan aplikasi ataupun melalui browser memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika nyaman membuat melalui aplikasi silahkan gunakan cara pertama, begitu juga jika nyaman menggunakan browser, maka menggunakan cara kedua.

Cara Bikin Email di HP, Cara Bikin Email di HP, Cara Bikin Email di HP, Cara Bikin Email di HP.

Add Comment