Cara Buat Akun Play Store Untuk Handphone

Membuat akun playstore di handphone adalah sebuah keharusan, terutama di handphone android. Bahkan saat mengaktifkan handphone pertama kali, membuat akun playstore tampil di pilihan utama. Meskipun begitu, ada saja yang melewatkan hal itu dan berakhir dengan kebingungan tentang bagaimana cara buat akun play store yang mudah. Apabila sudah seperti itu, maka bisa melihat pembahasan ini.

1. Menyiapkan Handphone Berbasis Android

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah handphone yang berbasis android. Bagaimana dengan handphone bersistem operasi lainnya, apakah masih bisa? Jawabannya masih, tapi membuat akun play store di handphone seperti itu hanya membuang waktu, karena memang tidak terlalu diperlukan.

Setelah memastikan handphone yang disiapkan sudah berbasis android maka hal lainnya yang bisa dipersiapkan adalah memastikan handphone terkoneksi dengan baik. Karena bisa dipastikan bahwa setiap langkah ini akan membutuhkan koneksi internet yang baik. Jadi pastikan dengan baik.

2. Membuka Menu Pengaturan

Selanjutnya nyalakan handphone, atau langsung membuka menu utama handphone. Buka menu pengaturan yang biasanya berlambang seperti gear. Atau jika handphone menggunakan setelan bahasa inggris, maka bisa membuka menu setting. Apabila masih sulit untuk menemukan bisa memilih pilihan semua menu atau all menu.

Nantinya setelah membuka pilihan tersebut, pengguna akan dibawa ke beberapa aplikasi. Lalu nanti pengguna tinggal mencari aplikasi dengan nama pengaturan atau setting tersebut. Setelah menemukannya maka pilihlah aplikasi itu dan beberapa menu terkait akan pengaturan segera muncul.

3. Memilih Menu Akun

Setelah semua menu pengaturan atau setting sudah sepenuhnya terbuka, maka cara buat akun play store selanjutnya pengguna tinggal mencari menu akun. Untuk menemukan menu akun ini juga tidak terlalu sulit, pengguna hanya tinggal mencari ke bawah agar bisa menemukannya. Sesudahnya tinggal pilih dan lanjut ke sub menu yang ingin dipilih.

Apabila menu akun sudah dipilih, maka langkah selanjutnya pengguna tinggal memilih menu tambah akun. Tapi jika menggunakan bahasa inggris pilihlah menu add account atau juga bisa memilih lambang + (plus). Setelahnya pengguna tinggal memilih google sebagai tempat membuat akun yang baru.

4. Mengikuti Panduan yang Disediakan

Selanjutnya adalah pengguna akan dibawa ke halaman utama dari google yakni induk utama dari playstore. Sebelum masuk ke google apabila pengguna menggunakan password di hpnya maka akan diminta dulu untuk mengisi passwordnya dengan benar. Lalu pengguna akan langsung masuk ke halaman pembuatan akun.

Pada menu ini terlebih dahulu ditanyakan apakah pengguna ingin masuk menggunakan akun yang sudah ada. Karena ingin membuat akun maka pilihannya adalah create account atau membuat akun, pilihlah akun untuk diri sendiri bukan yang bisnis. Setelahnya pengguna tinggal mengisi data diri seperti nama, jenis kelamin, dan email dan password yang telah dipersiapkan.

5. Mencatat Email dan Password yang Sudah Dibuat

Sesudah semua proses sebelumnya selesai, maka pengguna akan diminta untuk memberikan nomor telepon. Hal tersebut bersifat opsional karena hanya sebagai perlindungan apabila pengguna lupa dengan akun yang sudah dibuatnya. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya bagi pengguna untuk mencatat email dan password yang tadi digunakan.

Dalam membuat email dan password ini pastikan passwordnya rumit, namun mudah diingat oleh diri sendiri. Hindari kombinasi password yang mudah tertebak seperti urutan angka, atau tanggal lahir. Bahkan tidak ada salahnya untuk membuat kombinasi password yang unik dengan menggabungkan antara angka dan huruf. Jadi akan sulit untuk tertebak demi keamanan.

6. Mencoba Untuk Login Menggunakan Akun yang Sudah Jadi

Setelah semua persiapan pembuatan akun sudah selesai, maka tidak ada salahnya bagi pengguna untuk langsung melakukan uji coba dengan akun tersebut. Hal ini sebenarnya tidak perlu karena biasanya akun sudah langsung tersinkronasi dengan playstore. Tapi jika penasaran tidak ada salahnya untuk mencoba login dengan akun tersebut. Hanya sekedar membuktikan keberhasilannya.

Itulah tadi pembahasan terkait bagaimana cara buat akun play store yang mudah dan dijelaskan secara rinci. Hal ini dilakukan agar pemuda dapat mengikuti langkah-langkah nya dengan mudah tanpa khawatir akan merasa kebingungan. Jadi tidak ada lagi kebingungan bagaimana cara membuat akun play store di handphone karena semuanya sudah terjawab melalui pembahasan ini.

Add Comment