Cara Membuat Alat Pengiris Bawang Sederhana

Cara Membuat Alat Pengiris Bawang – Ketika anda ingin membuat masakan yang lezat tentu anda akan memakai bumbu yang lengkap untuk membuat masakan anda. salah satu jenis bumbu yang paling sering digunakan adalah bawang,.

Tetapi tentunya anda ingin bagaimana caranya agar dapat mengiris bawang dengan cepat akan tetapi dengan alat yang sederhana. Salah satu caranya yaitu dengan memakai teknologi tepat guna berupa alat pengiris bawang sederhana.

Dan pada artikel kali ini akan kami sajikan cara membuat alat pengiris bawang sederhana, berikut ulasannya.

Cara Membuat Alat Pengiris Bawang Sederhana

Bahan Bahan : Kaleng bekas rokok, Cutter, kayu triplek, lem tembak

Cara pembuatan :

  1. Buat pola lubang berbentuk segi empat pada bagian tutup kaleng rokok bekas menggunakan spidol.
  2. Kemudian lubangi dengan menggunakan pisau.
  3. Siapkan2 buah kayu triplek persegi panjang dengan ukuran 10 cm dan letakkan dibagian sisi luar tutup kaleng. Kemudian gambar pola melingkar seperti berikut  :
Alat Pengiris Bawang
Pengiris Bawang
  • Selanjutnya, potong kayu triplek tersebut mengikuti pola dan ratakanĀ  hingga kayu dapat mask pada bagian dalam tuup kaleng.
  • Gambar pola garis garis pada bagian dalam kayu triplek untuk meletakkan pisau pemotongnya.
  • Kemudian iris pola garis tersebut namun jangan sampai membelah kayu. Cukup sampai cutter dapat masuk ke pola tersebut seperti gambar dibawah ini. Jarak antara garis dapat anda sesuaikan dengan ketebalan bawang yang ingin anda potong.
Alat Pengiris Bawang 2
Pengiris Bawang
  • Patahkan bagian cutter menggunakan tang. Sesuaikan ukuran cutter dengan besarnya tutup kaleng rokok yang telah anda siapkan.
  • Pasang cutter kedalam lubang garis pada kayu triplek. Kaitkan dengan bagian kayu yang lain seperti gambar berikut. Pada proses ini, anda harus berhati hati agar tidak terkena sayatan cutter, jika perlu anda bisa menggunakan sarung tangan kain untuk melindungi jari anda.
  1. Lakukan hingga semua garis telah terisi dengan cutter.
  2. Letakkan kayu dan cutter tersebut kedalam tutup kaleng rokok kemudian rekatkan menggunakan lem tembak.
  3. Posisikan bagian cutter yang tajam dibagian atas tutup kaleng.
  4. Alat pengiris bawang sederhana sudah dapat digunakan.

Baca Juga : Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik

Cara penggunaannya adalah letakkan tutup kaleng dengan cutter tadi pada bagian kaleng yang lain. Taruh bawang di alas yang datar kemudian tekan bawang tersebut menggunakan kaleng bagian atas.

Bawang yang sudah teriris otomatis akan masuk pada bagian dalam kaleng. Bagaimana ? mudah dibuat dan sangat bermanfaat bukan? Selamat mencoba !

Tinggalkan Balasan