Cara Membuat Alat Ukur Kesuburan Tanah

Alat Ukur Kesuburan Tanah
Teknologi Tepat Guna di Pedesaan

Alat Ukur Kesuburan Tanah – Banyak faktor yang membuat petani gagal panen, salah satunya adalah ketidaktahuan petani terhadap unsur kesuburan dalam tanahnya.

Namun ada satu teknologi tepat guna sederhana yang bisa dibuat petani untuk mengukur kesuburan tanahnya. Alat ini terbuat dari bahan bahan yang sederhana dan mudah didapat. Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Cara Membuat Alat Ukur Kesuburan Tanah

Bahan – bahan : pipa paralon, piting lampu, lampu bolham 100 watt, kabel listrik, cok jantan dan plat logam seperti paku.

Cara membuat :

  1. Pertama, sambungkan salah satu ujung pitingan lampu pada ruji sepeda dan ujung lainnya pada kabel sepanjang 2 meter, ujung kabel lain disambungkan pada jack listrik.
  2. Jika sambungan sudah aman, pasang lampu bolham 100 watt.
  3. Cara menggunakannya mudah. Ambil segenggam tanah yang akan di tes, campurkan dengan air mineral. Tancapkan ujung alat penguji kesuburan tanah pada wadah, semakin terang nyala lampu bolham, maka semakin subur tanah yang sedang diuji.

Jika tanah yang diuji ternyata tidak terlalu subur, petani dapat melakukan proses penyuburan tanah dengan menambahkan pupuk atau memperbaiki saluran air yang mengaliri sawah.

Alat ini tentu sangat bermanfaat bagi warga pedesaan karena warga pedesaan biasanya bekerja sebagai petani. Teknologi Tepat Guna di Pedesaan .

Dengan adanya alat ini, diharapkan petani lebih teredukasi mengenai kesuburan tanah sehingga dapat menghasilkan padi dengan kualitas yang baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil !

Tinggalkan Balasan