Cara Membuat Kipas Angin Sederhana Tanpa Listrik dan Tanpa Baterai

Bahan Bahan : Botol Air Mineral Bekas, 2 tutup botol air mineral, kaleng minuman bersoda, lem tembak, kabel/ kawat, 5 karet gelang (sebaiknya menggunakan jenis pentil agar tidak mudah putus), kawat

Cara Membuat :

  1. Buat pola lingkaran dibagian bawah kaleng minuman bersoda bekas menggunakan spidol kemudian lubangi menggunakan cutter.
  2. Lubangi tutup botol air mineral bada bagian luar ratakan lubang menggunakan gunting
  3. Tekuk kawat menjadi 2 bagian kemudian masukkan karet gelang seperti gambar dibawah ini. Sebelumnya, tarim tarik karet agar molor dan tidak mudah putus.
Kipas Angin Tanpa Listrik Sederhana
Teknologi Tepat Guna di Pedesaan
  • Masukkan kawat tersebut kedalam tutup botol yang sudah dilubangi, sampai setengah bagian karet masuk.
  • Potong sedikit kabel / kawat untuk dijadikan penahan karet. Letakkan kabel kecil tersebut diatara karet gelang dan bagian dalam tutup botol, kemudian lepaskan kawat pengait dan tarik karet kebagian luar hingga seperti gambar dibawah ini
Kipas Angin Tanpa Listrik Sederhana 2
Teknologi Tepat Guna di Pedesaan
  • Kaitkan tutup botol pertama dengan tutup botol kedua melalui karet yang sudah terpasang dengan posisi saling membelakangi (bagian dalam tutup botol pertama dikaitkan dengan bagian luar tutup botol kedua). Gunakan pengait lagi untuk membantu/
  • Bengkokkan kabel / kawat yang lebh panjang (ukuran melebihi kaleng soda ) menjadi seperti kail pancing kemudian kaitkan dengan karet gelang.
  • Masukkan kabel/ kawat tersebut kedalam bagian bawah kaleng minuman bersoda yang telah dilubangi diawal.
  • Lepaskan karet gelang dari kabel / kawat pengait tadi dan kemudian kaitkan karet pada bagian pembuka kaleng minuman bersoda.lakukan secara hati hati, jangan sampai melepas pengait sebelum mengaitkannya pada pembuka kaleng karena jika karet stuck di bagian dalam kaleng akan sulit diambil.
  • Rekatkan bagian bawah kipas tersebut menggunakan lem temak agar lebih kuat dan tidak mudah lepas.
  • Potong bagian atas botol air mineral dan bentuk menjadi baling baling kipas angin. Hias jika perlu.
  • Letakkan baling baling tersebut pada bagian bawah kaleng soda dan rekatkan pada tutup botol bagian bawah. Jika perlu, rekatkan menggunakanlem tembak.
  • Kipas angin tanpa listrik dan baterai siap digunakan.

Cara menggunakannya sangat mudah yaitu dengan memutar bagian tengah kaleng dan melepaskannya. Baling baling akan berputar sesuai dengan jumlah anda memutar kaleng soda.

Add Comment