Cara Membuat Komposter Sampah Organik

Komposter Sampah Organik
Teknologi Tepat Guna di Pedesaan

Komposter Sampah Organik – Alat teknologi tepat guna berupa komposter pupuk ini tentunya sangat berguna dan dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan. Teknologi Tepat Guna di Pedesaan .

Selain dapat mendaur ulang sampah organik yang sebelumnya tidak bermanfaat, pupuk kompos pastinya juga dibutuhkan untuk menyuburkan tanaman. Selain cara pembuatan dan bahan yang mudah, cara menggunakannya pun mudah.

Cara Membuat Komposter Sampah Organik.

Bahan – Bahan : ember bekas, pipa paralon besar, pipa paralon kecil dan fiber yang keras untuk alas, saringan dan bahan kompos.

Cara membuat :

  1. Lubangi seluruh bagian paralon dan fiber secara menyeluruh untuk sirkulasi udara.
  2. Lalu lubangi bagian bawah ember, dan masukkan paralon ukuran besar kedalamnya hingga menembus bagian bawah ember untuk mengalirkan air hasil kompos.
  3. Kemudian buat lubang dibagian samping ember hingga tembus ke bagian lainnya, masukkan pipa paralon kecil kaitkan juga dengan paralon besar yang ada di tengah.
  4. Letakkan alas fiber kedalam ember.
  5. Lubangi beberapa bagian dasar ember dan komposer sederhana siap digunakan.

Masukkan sampah organik seperti daun dan sampah makanan kedalam alat komposter, kemudian tambahkan larutan EM4 yang telah dilaurtkan dalam air. Tutup rapat alat komposter kemudian diamkan di tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Dalam 4 – 7 hari pupuk sudah dapat digunakan.

Tinggalkan Balasan