Cara Membuat Lamaran Kerja Online Bagi Para Pencari Kerja

Cara Membuat Lamaran Kerja Online – Memasuki era digital banyak hal yang dipermudah, salah satunya dalam hal pencarian kerja. Dimana sekarang seseorang bisa mengirimkan lamarannya lewat online, tanpa perlu bersusah payah pergi ke perusahaannya. Meskipun begitu masih banyak yang merasa kebingungan bagaimana cara membuat lamaran kerja online serta mengirimkannya. Tidak perlu khawatir karena jawabannya ada di pembahasan ini.

Cara Membuat Lamaran Kerja Online yang Profesional

Meskipun bersifat online bukan berarti pelamar melupakan kaidah profesionalisme saat melakukan pengiriman lamaran. Karenanya di pembahasan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat lamaran kerja online yang tetap bersifat profesional. Sehingga bisa membuat pelamar langsung dilirik oleh HRD. Seperti ini cara-cara membuatnya.

1. Menyiapkan Data yang Dibutuhkan

Pertama adalah menyiapkan data yang dibutuhkan dengan rapih. Beberapa data ini diantaranya berupa informasi dasar dan informasi tambahan. Informasi dasar berupa biodata singkat dan nomor telepon serta kontak si pelamar. Untuk informasi tambahan biasanya berupa riwayat pendidikan, riwayat organisasi, kemampuan yang dimiliki, serta pengalaman kerja jika sudah ada.

2. Menulis Surat Lamaran Atau CV dengan Baik

Setelah memastikan semua data telah terkumpul dengan rapih, dan baik maka sekarang saatnya merangkum data tersebut dalam sebuah CV. Dalam membuat cv ini pastikan untuk membuatnya profesional namun juga menarik. Jangan membuat CV yang monoton dan membosankan. Setelah selesai mengetik CV maka simpan dengan dua jenis file pdf dan doc.

3. Menyiapkan Kata Pengantar Lamaran di Email

Apabila sudah menyimpan cv dengan dua jenis file, maka sekarang saatnya untuk menyiapkan kata pengantar di email. Kata pengantar ini seperti cover letter dalam hal lamaran. Untuk yang masih bingung bisa melihat bagaimana contoh cover letter yang singkat dan menarik di internet. Pastikan untuk mencantumkan data diri singkat pada cover letter ini.

4. Masukkan Alamat Email Perusahaan dengan Benar

Setelah semua sudah siap bisa lanjut ke langkah selanjutnya yakni mengirimkan lamaran onlinenya melalui email. Karena biasanya email yang paling sering digunakan oleh lamaran online. Jadi langkah pertama adalah memastikan alamat perusahaan yang hendak dituju. Apabila sudah mengetahuinya, tinggal masukkan alamat email tersebut di tujuan email.

5. Mengisi Subjek atau Judul Email yang Sesuai

Cara membuat lamaran online selanjutnya adalah dengan mengisi subjek atau judul pada email yang hendak dikirimkan. Dalam mengisi subjek ini biasanya disesuaikan dengan perusahaan yang hendak dituju. Hal ini dikarenakan ada beberapa perusahaan yang mewajibkan pelamarnya mengisi subjek dengan ketentuan yang telah ditentukan. Apabila tidak ditentukan maka bisa mengisinya dengan lamaran.

6. Mengisi Badan Email

Dalam pengisian badan email ini pelamar bisa mengisinya dengan cover letter yang tadi telah disiapkan. Karena memang fungsi utama dari cover letter tersebut digunakan pada saat mengisi bagian yang ini. Jangan lupa tuliskan darimana mendapatkan informasi lamaran ini, dan kapan mendapatkan informasi tersebut. Karena sudah dipersiapkan sebelumnya, jadi lebih menghemat waktu.

7. Melampirkan Persyaratan

Sudah diisi semua maka jangan lupa untuk mengirim lampiran berkas pada email lamaran. Untuk lampiran berkas ini bisa disesuaikan dengan keinginan perusahaan. Namun biasanya berkas utama yang diminta berupa foto copy identitas, foto copy ijazah terakhir, serta foto copy transkrip nilai. Pastikan untuk menyesuaikan juga ukuran berkas lampirannya dengan keinginan perusahaan.

Tips Agar Lamaran Online Langsung Diterima

Setelah melihat cara-cara pembuatan lamaran online di atas, kini saatnya melihat tips yang akan diberikan agar lamaran online langsung diterima. Pertama pastikan alamat email yang digunakan merupakan alamat email utama dan menggunakan nama asli sesuai dengan yang tercantum di CV. Hal ini agar pihak HRD lebih menilai lamarannya bersifat serius serta profesional.

Kedua adalah memperhatikan kaidah pengiriman email yang benar. Dalam hal ini isi semua bagian email dengan lengkap, dimulai dari subjek sampai data yang dilampirkan. Jangan lupa juga untuk tetap sopan dan tahu waktu saat mengirim email. Hindari mengirim email diluar jam kerja apalagi sampai tengah malam, karena selain tidak sopan email itu juga akan mengganggu.

Ternyata cara membuat lamaran kerja online yang profesional tidak sesulit kelihatannya. Malah lebih mudah dan persiapannya lebih sedikit. Jadi, tidak ada lagi alasan malas mencari kerja karena sulit, karena semuanya sudah dimudahkan sekarang. Bahkan melamar bisa melalui online hanya lewat email. Selamat mencoba.

Cara Membuat Lamaran Kerja Online, Cara Membuat Lamaran Kerja Online, Cara Membuat Lamaran Kerja Online.

Add Comment