Cara Membuat Teleskop Bintang Sederhana

Image result for membuat teleskop sederhana
Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan

Teleskop Bintang Sederhana – Teleskop merupakan salah satu alat peraga atau alat yang biasa digunakan untuk praktikum mata pelajaran geografi / astronimi di sekolah. Namun sekolah biasanya jarang menyediakan teleskop karena fungsi teleskop bintang yang digunakan untuk melihat bintang di malam hari, jarang digunakan di sekolah.

Cara Membuat Teleskop Bintang Sederhana

Selain itu, biaya yang harus dikeluarkan jika membeli teleskop juga tergolong cukup mahal. Namun jangan khawatir, para siswa tetap bisa membuat teleskop dengan bahan dan cara yang sederhana sehingga mereka tidak hanya melihat bintang melalui buku pelajaran namun juga bisa mpraktik langsung dengan membuat teleskop. Berikut bahan bahan dan cara pembuatannya.

Bahan – Bahan yang dibutuhkan :

  • Kertas karton hitam. Pastikan untuk menggunakan karton berwarna hitam
  • Stapler
  • Gunting
  • Lakban hitam. Ingat ya, harus berwarna hitam
  • Lem super
  • 2 kaca pembesar (lup) dengan diameter berbeda (satu besar satu lebih kecil). Anda bisa menggunakan kaca pembesar bekas atau membeli yang baru
  • Kaleng tabung panjang (bekas). Bisa menggunakan kaleng snack atau kaleng keripik bekas

Cara Pembuatan :

  1. Kosongkan kaleng bekas keripik, pastikan bagian dalamnya bersih dari sisa makanan.
  2. Lapisi bagian luar kaleng tersebut dengan karton hitam. Rekatkan dengan lem agar tidak mudah lepas. Fungsi dari karton hitam ini adalah agar cahaya tidak dapat masuk ketika melakukan pengamatan.
  3. Buat gulungan karton hitam dengan diameter yang lebih kecil dari kaleng bekas keripik sehingga menjadi bentuk tabung. Lem kemudian masukkan dalam kaleng bekas
  4. Buat lagi gulungan karton hitam. Untuk kali ini,buat gulungan lebih panjang. Gulungan ini nantinya digunkan untuk melekatkan lensa objektif. Lem bagian dalam karton kemudian lapisi bagian luarnya menggunakan lakban hitam.
  5. Masukkan karton panjang (langkah d) kedalam kaleng yang telah dibuat diawal. Untuk bagian ini, jangan gunakan lem ya, agar teleskop dapat dimaju mundurkan untuk mengatur fokus telskop.
  6. Tempelkan kaca pembesar yang diameternya besar kebagian ujung kaleng kemudian rekatkan dengan lem dan lakban hitam.
  7. Selanjtnya, tempelkan kaca pembesar yang diameternya kecil ke tabung karton hitam panjang.
  8. Teleskop sederhana siap digunakan.

Bagaimana ? mudah bukan ? para pengajar bisa memandu siswa untuk membuat teleskop sederhana ini disekolah dan para siswa dapat mempraktikannya untuk melihat bintang dirumah masing masing di malam hari dan melaporkan hasil pengamatannya.

Tinggalkan Balasan