AMAZING 6 Cara Membuat Telur Bebek Asin Menggunakan Abu Gosok

Ad

Cara Membuat Telur Bebek Asin – Telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga digemari oleh banyak orang. Tidak hanya telur biasa ada juga telur asin yang bisa dikonsumsi langsung setelah diproses melalui beberapa tahapan. Telur asin biasanya dibuat dari telur bebek. Cara membuat telur bebek asin ini sebenarnya sangatlah mudah.

Bahkan membuat sendiri telur asin di rumah bisa dilakukan dengan mudah. Jadi tidak perlu membeli telur asin di pasar, cukup membuatnya di rumah dengan bahan-bahan sederhana. Banyak yang menyukai telur asin ini karena sangat pas menjadi teman makan baik saat makan nasi, soto atau makanan lainnya. Nah, berikut cara membuatnya.

1. Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai untuk membuat telur bebek asin hal yang pertama harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan yang dibutuhkan pun mudah dijumpai di sekitar tempat tinggal. Berikut bahan yang harus disiapkan sebelum membuat telur bebek asin:

  • 1 buah baskom atau ember
  • 1 liter air
  • 12 butir telur bebek
  • abu gosok sebanyak 4 bungkus
  • garam, 500 gram

Siapkan semua bahan yang dibutuhkan jangan sampai ada yang tertinggal. Jika semua bahan sudah disiapkan maka selanjutnya adalah memulai untuk membuat telur bebek asinnya.

2. Rendam Telur Bebek

Jika semua bahan sudah disiapkan, selanjutnya rendam telur lebih dulu. Telur bebek direndam ke dalam 1 liter air kurang lebih 2 menit. Proses merendam telur ini untuk melihat apakah telur bebek bagus atau tidak. Kalau telur bebek ada yang mengapung itu artinya telur bebek tidak bagus, jadi sebaiknya dibuang.

Jika memaksakan kondisi telur yang kurang bagus untuk dibuat telur asin, maka hasilnya tidak akan maksimal. Bahkan rasa telur asinnya jadi tidak enak. Telur yang sudah selesai direndam kemudian bersihkan secara perlahan. Harus hati-hati saat membersihkan telur supaya kulit telur tidak retak. Bisa juga mengamplas kulit telur agar garam lebih mudah menyerap ke pori-pori kulit telurnya.

3. Campur Abu Gosok Dengan Air

Selanjutnya siapkan baskom atau ember untuk mencampur abu gosok dengan air. Masukkan abu gosok dan air ke dalam baskom atau ember, kemudian aduk merata sampai berubah menjadi seperti pasta.

Harus diperhatikan campuran ini jangan sampai terlalu encer agar lebih mudah menempel dengan telur bebeknya. Jika sudah tercampur rata dan menjadi pasta, masukkan 500 gram garam dan aduk lagi sampai benar-benar tercampur rata. 

4. Lumuri Telur Dengan Tanah

Sebelum dimasukkan ke dalam ember atau baskom yang sudah berisi campuran abu gosok, air dan garam, lumuri telur dengan menggunakan tanah lebih dulu. Lumuri telur bebek sampai menggumpal seperti batu kira-kira setebal 3 cm. Sisihkan telur yang sudah dilumuri tanah ke dalam wadah yang lain. Kemudian masukkan satu per satu telur bebek ke dalam campuran abu gosok yang sudah dibuat sebelumnya. 

5. Taburi Abu Gosok

Setelah telur yang sudah di masukkan ke dalam campuran abu gosok tadi, taburi telur dengan abu gosok yang masih kering. Tidak perlu terlalu banyak, cukup taburkan secukupnya saja. Hal ini bertujuan agar campuran abu gosok dengan air tadi jadi lebih rekat dan tidak mudah retak. Setelah itu simpan telur yang sudah ditaburi abu gosok di diamkan kurang lebih 14 hari. 

6. Rebus Telur

Tahap yang terakhir dari cara membuat telur bebek asin ini yaitu merebus telur-telur bebek yang telah didiamkan selama 14 hari. Siapkan air secukupnya untuk merebus telur-telur bebek tersebut. Cukup rebus kurang lebih 1 jam dengan menggunakan api kecil. Bisa juga mengukus telur jika tidak mau merebusnya. Setelah 1 jam di rebus atau kukus, angkat telur bebek yang sudah menjadi telur bebek asin tersebut. Telur bebek asin siap untuk disajikan dan disantap.

Itulah cara membuat telur bebek asin sederhana di rumah dengan menggunakan abu gosok. Membuat telur bebek asin dengan menggunakan abu gosok ini sangat mudah dibuat dan tidak ribet. Namun jika tidak memiliki abu gosok, bisa membuat telur asin menggunakan larutan air garam.

Bahan yang dibutuhkan sama seperti bahan pembuatan telur asin menggunakan abu gosok. Hanya saja abu gosoknya diganti dengan larutan air garam. Namun proses pembuatan menggunakan larutan air garam ini selama 40 hari untuk mendapatkan rasa asin yang maksimal.

Add Comment