Cara Mengedit Foto dengan Lightroom Agar Feed Instagram Makin Kece

Cara Mengedit Foto dengan Lightroom – Salah satu aplikasi edit foto yang menjadi hits saat ini adalah lightroom. Hal ini dikarenakan lightroom memiliki fitur yang terbilang lengkap dengan cara penggunaannya yang mudah. Untuk yang baru menggunakan lightroom berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mengedit foto dengan lightroom. Semua penjelasan cara-caranya akan dijabarkan dengan lengkap dan mendetail seperti ini.

Cara Mengedit Foto dengan Lightroom

1. Mempersiapkan Foto yang Hendak Diedit

Pertama adalah mempersiapkan foto yang hendak diedit. Kenapa menjadi langkah awal? Karena dengan mempersiapkan dulu fotonya, pada proses lanjutan pengguna tidak perlu lagi repot mencari foto. Apalagi jika ternyata foto yang hendak diedit adalah foto lama, pasti akan sulit mencarinya karena sudah tertumpuk dengan file baru. Karenanya lebih baik dipersiapkan.

Apabila ingin mengedit lebih dari satu foto atau gambar, maka tidak ada salahnya untuk mengumpulkan semua foto tersebut dalam satu folder. Karena telah terkumpul dalam satu folder, nantinya pengguna tidak perlu lagi kesulitan saat hendak mencari foto. Selain itu pengerjaan edit gambar juga lebih mudah untuk dan pastinya lebih cepat untuk dilakukan.

2. Mendownload Aplikasi Lightroom Di Hp

Setelah mengetahui foto apa yang hendak diedit atau diubah, maka sekarang saatnya mendownload aplikasi lightroom. Downloadlah aplikasi lightroom versi mobile agar pengerjaan editing bisa dilakukan di handphone dengan mudah, dan kapan saja. Untuk mendownload aplikasi ini sendiri sangat mudah karena sudah tersedia baik di app store maupun play store.

Tapi, untuk yang ingin mendapatkan lightroom versi lengkap dengan gratis maka bisa mendownload versi modnya. Untuk mendownload versi mod ini bisa dilakukan di luar play store. Sehingga keamanannya kurang terjamin. Jadi balik lagi melakukan unduhan aplikasi ini disesuaikan dengan kebutuhan para anggotanya.

3. Mendaftarkan Akun ke Adobe Lightroom

Apabila aplikasi sudah terunduh dengan sempurna, dan sudah terpasang atau terinstal dengan rapih di hp, maka selanjutnya pengguna harus mendaftar terlebih dahulu. Tapi jika sudah punya akun lightroom sebelumnya, maka bisa memilih menu sign in dan langsung menggunakan akun yang sudah ada.

Bagi yang baru pertama kali menggunakan lightroom, artinya belum pernah memiliki akun maka harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Untuk pendaftarannya sendiri tidak terlalu rumit karena disediakan fasilitas daftar dengan facebook, google, serta email. Jadi pengguna hanya tinggal memilih mendaftar lewat tiga fasilitas tersebut agar lebih mudah.

4. Memilih New Item

Menu selanjutnya apabila pendaftaran telah berhasil pengguna akan dibawa ke user interface utama. Pada halaman utama ini pilihlah new item yang berguna untuk menambahkan foto baru di album foto pengguna. Selanjutnya adalah pengguna memilih menu create new dalam hal ini album. Setelahnya berilah nama album sesuai keinginan pengguna.

Sudah selesai, maka cara mengedit foto menggunakan lightroom selanjutnya adalah memilih ikon berlambang + (plus). Setelahnya pilih device agar pengguna bisa memilih foto mana yang hendak diedit. Karena sebelumnya sudah dipilih foto mana yang hendak diedit dan bahkan sudah dipisahkan, maka tidak perlu lagi bingung mencari foto mana yang hendak digunakan.

5. Melakukan Proses Edit Foto

Dalam melakukan proses edit foto dengan lightroom ini pengguna akan menemukan beberapa tools atau fitur. Beberapa tools tersebut diantaranya berupa ikon color, effects, light, geometry, optics, presets, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebuah menu yang sangat lengkap untuk sekelas aplikasi editing foto di hp. Semua ini tinggal disesuaikan dengan kebutuhan pengguna hendak mengedit fotonya seperti apa.

Bagi yang hendak mengedit atau mengubah tingkat kecerahan pada foto atau hendak menambahkan bayangan, maka bisa memilih highlight, shadow, contrast, atau exposure. Atau jika ingin memberikan effect yang dramatis maka bisa memilih effect. Memilih menu hue, saluration, dan luminance bisa digunakan untuk mengubah warna atau mempertajam warna foto.

6. Menyimpan Hasil Editing

Setelah semua proses editing sudah selesai, dan pengguna sudah merasa puas dengan hasil fotonya maka langkah terakhir adalah menyimpan hasilnya. Saat hendak menyimpan gambar, pengguna bisa mengklik tombol titik tiga yang berada di sebelah kanan. Setelahnya pilihlah menu save to device agar gambar tersimpan di handphone. Pada saat itu pengguna tinggal memilih kualitas lalu pilih ok.

Bagaimana, cara mengedit foto dengan lightroom ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Jadi sekarang apabila ingin mengedit foto sebagus tampilan selebgram atau artis bisa menggunakan aplikasi ini. Karena selain keren, aplikasi ini juga sangat mudah untuk digunakan.

Cara Mengedit Foto dengan Lightroom, Cara Mengedit Foto dengan Lightroom, Cara Mengedit Foto dengan Lightroom.

Add Comment