Ciri-Ciri Toko Online Penipu yang Wajib Dihindari

Ad

Ciri-ciri toko online penipu – Fasilitas toko online yang tidak dimiliki toko konvensional adalah mampu menjangkau semua konsumen, tanpa harus memikirkan jarak tempuh untuk mencapai konsumen tersebut. Disisi lain, konsumen diuntungan dengan kemudahan tersebut. Tidak perlu repot pergi ketoko tersebut untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Faktor-faktor tersebut yang kemudian membuat para konsumen dan para pembisnis berlarian dan pindah ke bisnis online.

Namun sayangnya, melakukan jual beli secara online, tidak bisa dijamin 100% aman. Banyak juga toko online penipu, yang setiap harinya selalu beraksi. Lantas, bagaimana ciri-ciri toko online penipu tersebut?

ciri-ciri-toko-online-penipu

4 Ciri-Ciri Toko Online Penipu

1. Identitas toko online jelas

Siapapun orangnya, kalau merasa melakukan sebuah kejahatan otomatis tidak akan pernah memperlihatkan identitasnya dengan jelas. Sama halnya dengan penipuan di toko online. Toko online yang jujur, jelas akan menyantumkan berbagai hal mengenai toko onlinenya. Mulai dari latar belakangnya, dan hal pendukung lainnya.

Tapi untuk para oknum yang memang berniat menipu, hal tersebut jelas tidak mungkin dilakukan. Untuk itu, pilihlah toko online yang mencantumkan secara jelas, alamat rumah, akun media sosial, dan lainnya.

2. Kontak yang terbatas

Ciri kedua ini terkadang diabaikan untuk sebagian konsumen. Mereka membiarkan begitu saja, para oknum yang membatasi kontak. Padahal dengan terbatasnya kontak, hal itu membuka peluang kepada para oknum untuk memutus komunikasi dengan anda. Sampai itu terjadi, bisa dipastikan para oknum sudah lari entah kemana. Untung kalau belum ada transaksi, bagaimana kalau anda sudah mentransfer sejumlah uang?

Sebaliknya, untuk toko online yang memang baik dan jujur. Mereka akan sangat membebaskan kontak mereka diakses oleh para konsumen. Bahkan, kontak mereka bertengger di web dengan begitu jelas. Selain itu, toko online yang baik biasanya membalas setiap pertanyaan/penawaran dari konsumen dengan cepat. Karena kenyamanan untuk konsumen adalah prioritas pertama.

3. Tidak adanya rekomendasi

Ciri selanjutnya, yang juga perlu diwaspadai adalah tidak adanya rekomendasi dari siapapun atas toko online tersebut. Marketing mouth of mouth adalah jenis promosi yang efeknya luar biasa, dan salah satu bentuk dari marketing ini adalah rekomendasi ( usulan atau saran ). Kebiasaan orang, kalau menemukan sesuatu yang menarik dan memuaskan selalu di shae dengan yang lain. Ajaibnya, mentode seperti itu selalu jitu untuk membuat orang lain ikut melakukannya.

Lha hal tersebut bisa dijadikan patokan , ketika anda ingin berbelanja di toko online. Pilihlah toko yang banyak direkomendasikan. Ketika toko yang anda tuju spei dari rekomendasi, mending anda jangan langsung melakukan transaksi. Ada baiknya, anda teliti semua hal mengenai toko tersebut terlebih dahulu.

4. Memberikan janji yang tidak masuk akal

Anda pasti langsung terhiur dengan berbagai potongan harga yang bombastis. Apalagi potongan harga tersebut untuk barang yang anda idamkan. Tidak banyak pikir, anda akan langsung membelinya. Setelah dibeli ternyata barang tidak sesuai, yang ada malah menyesal.
Sebelum hal tersebut terjadi, mending mulai sekarang anda bisa lebih teliti dalam memilih toko online. Bukan berarti memberi potongan harga itu tidak boleh, tapi lihat dulu apakah potongan harga yang diberi wajar atau tidak ? kemudian diteliti barang dan toko online yang bersangkutan.

Nah, itulah 4 ciri toko online penipu. Sebagai konsumen, jadilah konsumen yang cerdas. Tidak ada salahnya untuk mencegah, dengan melakukan banyak pertimbangan sebelum membeli. Semoga bermanfaat.

Add Comment