52 Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana [LENGKAP]

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana – Pastinya istilah teknologi sudah tidak asing lagi bagi kita. Perkembangan zaman membuat manusia terus berinovasi dalam menciptakan suatu teknologi,  dimana teknologi tersebut dibuat untuk memudahkan manusia dalam melakukan suatu pekerjaan.

Nah, bicara mengenai teknologi, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas infomasi mengenai teknologi tepat guna. Apa itu teknologi tepat guna? Teknologi tepat guna mulai tenar ketika terjadi berbagai gerakan perlindungan lingkungan tahun 1970 dan krisis minyak pada tahun 1973.

Masyarakat mulai memikirkan teknologi yang lebih ramah lingkungan dan ramah sosial untuk digunakan (setidaknya lebih ramah lingkungan dibanding teknologi pabrik saat itu).

Alat alat teknologi tersebut akan digunakan untuk meringankan pekerjaan manusia namun tetap menghemat sumber daya yang ada, mudah dibuat dan mudah dirawat oleh manusia.

Untuk memudahkan anda memahami, berikut kami bagikan beberapa contoh dari alat teknologi tepat guna yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari hari.

Devinisi Teknologi Tepat Guna

Teknologi tepat guna adalah teknologi yang sesuai dengan kondisi dimana teknologi tersebut digunakan/ diterapkan, baik dari aspek sosial, ekonomi, maupun budaya, sehingga masyarakat setempat mudah berpartisipasi dan bisa memenuhi kebutuhan mereka secara efektif. 

Teknologi Tepat Guna Sederhana

Teknologi Tepat Guna Sederhana

Teknologi Tepat Guna Sederhana adalah teknologi tepat guna yang dapat digunakan untuk meringankan pekerjaan manusia dengan bentuk teknologi yang lebih sederhana dan mudah dibuat. Teknologi ini biasa disebut dengan teknologi terapan sederhana.

Teknologi ini sangat cocok digunakan untuk meringankan pekerjaan manusia agar lebih cepat dan efisien dalam kehidupan sehari-hari. Selain sederhana teknologi ini juga termasuk teknologi tepat guna sederhana yang mudah dibuat.

Macam-macam contoh teknologi tepat guna sederhana diantaranya: teknologi tepat guna sederhana dari kardus, teknologi tepat guna sederhana lingkungan, teknologi tepat guna sederhana pramuka, dan teknologi tepat guna sederhana fisika.

Contoh Teknologi Tepat Guna Sederhana atau Teknologi Terapan Sederhana.

Irigasi Tetes

Irigasi Tetes

Irigasi tetes adalah metode irigasi yang menghemat air dan pupuk dengan membiarkan air menetes pelan-pelan ke akar tanaman, baik melalui permukaan tanah atau langsung ke akar, melalui jaringan katup, pipa dan emitor.

Irigasi Tetes

Irigasi tetes telah digunakan pada zaman kuno dengan mengisi pot tanah liat yang terkubur dengan air, yang pelan-pelan merambat ke rumput. Teknologi irigasi tetes modern ditemukan di Israel oleh Simcha Blass dan anaknya Yeshayahu.

Irigasi Tetes

Alat Pengiris Bawang Otomatis

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Alat ini dirakit sederhana menggunakan komponen motorik dengan listrik kurang dari 200 volt.

Dalam mesin ini terdapat pisau pencacah yang akan memotong bawang dengan ketebalan yang sama. Mesin ini cocok digunakan untuk usaha warung makan, atau pabrik rumahan.

Baca Juga: Cara Membuat Alat Pengiris Bawang Sederhana

Kompor Roket

Kompor Roket

Kompor roket adalah pemanas super efisien yang ditemukan di Pusat Penelitian Aprovecho untuk mengurangi kebutuhan bahan bakar biomassa di negara berkembang.

Kompor ini menggabungkan pemasukan udara kompor dengan slot umpan bahan bakar dalam lubang yang diakhiri oleh ruang bakar, yang pada gilirannya mengarah ke cerobong asap dan penukar panas.

Kompor Roket umumnya digunakan saat ini di Lesotho, Malawi, Uganda, Mozambik, Tanzania, dan Zambia. Kompor mudah dibuat menggunakan bahan lokal, dan menerima bahan bakar berdiameter kecil seperti ranting .

Panas yang dihasilkan diarahkan ke area yang sangat kecil, dan sangat mengurangi jumlah bahan bakar kayu yang dibutuhkan untuk memasak dan merebus air. Aprovecho memenangkan Penghargaan Juara Energi Internasional Ashden 2009 untuk teknologi Kompor Roketnya.

Lifestraw

Lifestraw

Pada tahun 2009, diperkirakan 5.000 kematian akibat air minum yang tidak aman terjadi setiap hari. Ini turun dari 6.000 pada tahun 2007, dan Lifestraw Vestergaard Frandsen berperan dalam penurunan tersebut.

Lifestraw adalah alat pemurni air pribadi berbiaya rendah, dengan masa pakai 700 liter, atau konsumsi air sekitar satu tahun untuk satu orang.

Tidak seperti produk pemurni air lainnya, Lifestraw intuitif untuk digunakan, dapat dikenakan di sekitar leher, dan tidak memerlukan pelatihan, alat khusus, atau listrik untuk mengoperasikannya.

Tindakan menyedot sedotan menarik air melalui filter yang menjebak 99,999% bakteri yang ditularkan melalui air (seperti Salmonella, Shigella, Enterococcus dan Staphylococcus) dan 98,7% virus yang ditularkan melalui air.

Lifestraw telah memenangkan banyak penghargaan, termasuk “Penemuan Terbaik 2005” dari Majalah Time, “Inovasi Terbaik Eropa” oleh Reader’s Digest, dan “Inovasi Tahun Ini” oleh Esquire

Mesin Penetas Telur

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pangan, Alat satu ini dapat dibuat menggunakan barang bekas yakni kardus. Cara membuatnyapun simple dan mudah. Bahan lain yang juga anda butuhkan adalah sekam padi, perekat, wadah air, kabel dan lampu kuning 5 watt.

Cara membuatnya, lubangi kardus di masing masing bagian kardus dengan 4 lubang berdiameter 1cm. Pasang lampu dibagian atas kardus. Kemudian, lapisi kardus dengans ekam padi sebagai alas dan letakkan wadah air kecil dipojok kardus untuk menjga kelembaban kardus. Letakkan di bidang datar. Mesin penetas telur siap digunakan.

Baca Juga : Cara Membuat Mesin Penetas Telur Sederhana

Alat Pembasmi Nyamuk

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Alat ini merupakan alat sederhana yang dibuat menggunakan botol bekas, kain hitam / kresek, air, gula merah dan ragi. Cara membuatnya adalah, potong botol menjadi dua bagian.

Larutkan gula merah dengan air, diamkan sampai dingin. Masukkan kedalam bagian bawah botol yang sudah dipotong kemudian tambahkan ragi. Jangan diaduk agar ragi dan gula menghasilkan karbon dioksida dengan maksimal.

Letakkan bagian atas botol secara terbalik seperti corong, kemudian tutupi bagian badan alat menggunakan kain hitam / kantong kresek. Letakkan di beberapa sudut rumah atau tempat yang banyak dihinggapi nyamuk. Mudah bukan ?

Baca Juga: Cara Membuat Alat Pembasmi Nyamuk dari Botol Bekas

Kulkas Tanpa Listrik

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Kulkas ramah energi ini dibuat dari wadah styrofoam yang akan tahan menyimpan sayur dan buah tetap segar hingga 7 hari loh. Cara menggunakannya pun mudah.

Masukkan sayur dan buah dalam kaleng biskuit, meudian letakkan dalam sterofoam. Masukkan pasir bersih dan garam hingga menutupi permukaan kaleng. Kemudia tutup sterofoam.

Untuk hasil maksimal, letakkan sterofoam pada tempat yang tidak terkena sinar matahri secara langsung.

Komposter Sampah Organik

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Contoh Teknologi Tepat Guna Pertanian, Sampah organik bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kompos untuk tanaman. Ternyata, alat untuk mengubah sampah organik menjadi kompos merupakan salah satu teknologi tepat guna yang bisa dibuat di rumah loh.

Cukup siapkan ember bekas, pipa paralon besar, pipa paralon kecil dan fiber yang keras untuk alas dan saringan dari bahan kompos. Caranya cukup mudah.

Lubangi seluruh bagian paralon dan fiber secara menyeluruh. Kemudian buat lubang dibagian samping ember hingga menembu ke bagian lainnya, masukkan pipa paralon kecil.

Lalu lubangi bagian bawah ember, dan masukkan paralon ukuran besar kedalamnya hingga menembus bagian bawah ember untuk mengalirkan air hasil kompos. Letakkan alas fiber kedalam ember. Lubangi beberapa bagian dasar ember dan komposter sederhana siap digunakan.

Baca Juga : Cara Membuat Komposter Sampah Organik

Alat Ukur Kesuburan Tanah

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Contoh Teknologi Tepat Guna Pertanian, Banyak faktor yang membuat petani gagal panen, salah satunya adalah ketidak tahuan petani terhadap unsur kesuburan dalam tanahnya. Namun ada satu teknologi tepat guna sederhana yang bisa dibuat petani untuk mengukur kesburan tanahnya.

Bahan yang harus disiapkan adalah pipa paralon, piting lampu, kabel listrik, cok jantan dan plat logam seperti paku.

Cara membuatnya mudah. Pertama, sambungkan salah satu ujung pitingan lampu pada ruji sepeda dan ujung lainnya pada kabel sepanjang 2 meter, ujung kabel lain disambungkan pada jack listrik.

Jika sambungan sudah aman, pasang lampu bolham 100 watt. Cara menggunakannya mudah. Ambil segenggam tanah yang akan di tes, campurkan dengan air mineral.

Tancapkan ujung alat penguji kesuburan tanah pada wadah, semakin terang nyala lampu bolham, maka semakin subur tanah yang sedang diuji.

Baca Juga: Cara Membuat Alat Ukur Kesuburan Tanah

Alat Filter (penyaring) Air

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Teknologi tepat guna lainnya adalah alat filter air yang dapat digunakan sebagai penyaring air kotor menjadi air bersih yang bisa digunakan. Alat ini tentunya sangat bermanfaat bagi daerah yang kekurangan air bersih.

Bahan yang harus disiapkan adalah ember, kerikil untuk penyaring pertama, sabut kelapa sebagai penyaring kedua, ijuk sebagai penyaring selanjutnya, arang sebagai penyaring keempat dan spon sebagai penyaring terakhir.

Siapkan juga pipa paralon dan bak penampung sebagai wadah untuk air bersih yang sudah disaring. Langkah pembuatannya adalah yang pertama, lubangi ember dibagian dasar dan pasang paralon sebagai jalur keluar air.

Masukkan spon, ijuk, arang, sabut kelapa, dan kerikil secara berurutan dengan komposisi yang sama. Masukkan air kotor dari atas ember dan lihat bahwa air yang lebih bersih akan keluar dari pipa paralon.

Untuk menyaring air bersih, bisa dilakukan berulang ulang hingga air benar benar layak pakai.

Baca Juga: Cara Membuat Alat Filter (Penyaring) Air

Vacum Cleaner Dari Botol Bekas

Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Vacum cleaner bukan lagi hal asing yang sulit ditemukan di masyarakat. Ternyata, vacum cleaner bisa dibuat lebih sederhana dan menggunakan bahan bekas loh.

Bahan yang harus disiapkan adalah botol mineral bekas, kaleng bekas, dinamo, lem, aki motor dan kain secukupnya. Cara membuatnyapun tidak rumit.

Pertama, potong botol menjadi 2 bagian, beri lubang pada bagian bawah botol. Potong kaleng menjadi lingkaran berdiameter lebih kecil dari botol dan buat seperti baling – baling kipas. Rekatkan baling baling kaleng kepada dinamo dan letakkan pada bagian bawah botol yang telah diberi lubang menggunakan lem.

Rekatkan juga kain yang digunakkan sebagai saringan kotoran yang akan di sedot nantinya satukan bagian atas botol dan tambahkan pegangan untuk memudahkan anda menggunakan vacum cleaner.

Baca Juga: Cara Membuat Vacum Cleaner (Penyedot debu) dari Botol Bekas

Detektor Telur Busuk

Detektor Telur Busuk

Alat yang berbentuk seperti senter ini, diciptakan oleh seorang pelajar sma taruna nusantara, magelang. Senter ini dilengkapi dengan sensor cahaya dan kalibrator yang di pasang dalam senter.

Bila senter diarahkan ke telur dan tembus, detektor akan menunjukkan lampu berwarna hijau yang tandanya telur dalam keadaan baik. Sebaliknya, ketika cahaya diarahkan ke telur dan tidak tembus, detektor akan menunjukkan lampu merah yang artinya telur tersebut busuk.

Mesin Perajang Umbi-Umbian.

Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pangan

Alat Pengumpul Gabah

pengumpul-gabah
Alat pengumpul Gabah

Penabur Pupuk Dengan Balon Gas

penabur-pupuk-dengan balon-gas
Penabur Pupuk Dengan Balon Gas

Pemangkas Daun Tebu

Pemangkas Daun Tebu

Alat Pengeruk Tanah

alat-pengeruk-tanah-2
Alat Pengeruk Tanah

Alat Penanam Bibit Pohon

alat-penanam-bibit-pohon-2
Alat Penanam Bibit Pohon

Alat Penabur Benih Padi

alat-penabur-benih-padi
Alat Penabur Benih Padi

Alat Pemipil Jagung Sederhana

alat-pemipil-jagung-2
Alat Pemipil Jagung

Alat Pemindah Tanaman

alat-pemindah tanaman
Alat Pemindah Tanaman

Alat Pemetik Sawi

Alat Pemetik sawi

Alat Pembuat Bedengan

alat-pembuat-bedengan
Alat Pembuat Bedengan

Alat Penjernih Air.

Alat Penjernih Air.

Alat Pengangkut Air.

contoh ttg
Alat Pengangkut Air

Alat Pencacah Rumput

Biogas.

Biogass

Penggiling Menggunakan Tenaga Listrik.

contoh ttg
Penggiling Menggunakan Tenaga Listrik.

Menghidupkan Lampu Menggunakan Magnet dan Paku

Menghidupkan Lampu Menggunakan Magnet dan Paku

Menghidupkan Lampu Menggunakan Koil.

Menghidupkan Lampu Menggunakan Koil.

Kipas Tanpa Listrik.

Kipas Tanpa Listrik

Lentera Dari Botol Bekas.

Lentera Dari Botol Bekas

AC Kipas Angin.

AC Kipas Angin

Menghidupkan Lampu Dengan Kentang.

Menghidupkan Lampu Dengan Kentang

Pengiris Bawang Otomatis.

Pengiris Bawang Otomatis

Alat Pendeteksi Gempa Bumi.

Alat Pendeteksi Gempa Bumi

Pompa Air Menggunakan Sepeda.

Pompa Air Menggunakan Sepeda.

Sepeda Alat Penyapu Sampah.

Sepeda alat Penyapu sampah

Pot Dari Botol Bekas.

Pot Dari Botol Bekas

Penyiram Tanaman Otomatis

Alat Griller/Smoker

Pemotong Padi Menggunakan Pemotong Rumput

Alat Potong Padi Dari Mesin Potong Rumput
Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Kipas Angin Tanpa Listrik

Kipas Angin Tanpa Listrik 2
Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Lampu Tenaga Surya

Lampu Tenaga Surya
Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Pembasmi Nyamuk Dengan Ventilasi Canggih

Membunuh Nyamuk Dengan Ventilasi Canggih
Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Penggiling Kelapa Dengan Engkol

Penggiling Kelapa Dengan Engkol
Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Penggiling Kelapa Otomatis

Penggiling Kelapa Otomatis
Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Pompa Air Tanpa Listrik

Pompa Air Tanpa Listrik 1
Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Alat Pembungkus Buah Mangga Otomatis

Alat Pembungkus Mangga Otomatis 3
Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Universal Nut Sheller

Universal Nut Sheller
Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Pengiris Umbi Umbian Dari Kaleng Bekas

Bengiris Umbi Umbian Dari Botol Bekas
Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Kesimpulan

Teknologi Tepat Guna Sederhana adalah teknologi tepat guna yang dapat digunakan untuk meringankan pekerjaan manusia dengan bentuk teknologi yang lebih sederhana dan mudah dibuat.

Teknologi ini sangat cocok digunakan untuk meringankan pekerjaan manusia agar lebih cepat dan efisien dalam kehidupan sehari-hari. Selain sederhana teknologi ini juga termasuk teknologi tepat guna sederhana yang mudah dibuat.

Beberapa jenis contoh teknologi tepat guna sederhana diantaranya: teknologi tepat guna sederhana dari kardus, teknologi tepat guna sederhana lingkungan, teknologi tepat guna sederhana pramuka, dan teknologi tepat guna sederhana fisika.

Itulah beberapa contoh teknologi tepat guna sederhana yang di antaranya bisa kamu buat sendiri dengan mudah. Cukup menggunakan beberapa benda bekas dan tak terpakai serta sedikit imajinasi, sebuah alat yang lebih bermanfaat bisa kamu ciptakan.

Demikianlah beberapa teknologi tepat guna yang bisa di jadikan referensi untuk anda.

Tinggalkan Balasan