4+ AMAZING Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pangan

Ad

Teknologi Tepat Guna Bidang Pangan – Kata teknologi tentunya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga anda bukan? Ya, kemajuan zaman membuat teknologi yang digunakan harus semakin modern. Nah, bicara mengenai teknologi, pada kesempatan ini kami akan mengupas secara panjang lebar terkait teknologi tepat guna. Pastinya sudah sering mendengar kan, istilah tersebut?

Namun kami yakin, meski istilah tersebut sudah cukup familiar, tapi masih banyak yang belum paham apa definisi atau pengertian dari teknologi tepat guna tersebut.

Pengertian Teknologi

Sebelum kita membahas tentang teknologi tepat guna, sebaiknya kita bahas dulu pengertian dari istilah teknologi. Jadi, bisa dibilang teknologi merupakan suatu sarana yang kompleks dan menyeluruh yang mana berfungsi menyediakan beragam kemudahan dan kenyamanan bagi keberlangsungan makhluk hidup (khususnya manusia).

Pengertian Teknologi Tepat Guna

Istilah teknologi tepat guna mulai muncul saat krisis minyak 1973 dan pergerakan lingkungan pada tahun 1970-an. Istilah ini biasa digunakan dalam dua cakupan yakni, memanfaatkan teknologi paling efektif untuk menjawab kebutuhan daerah yang sedang dikembangkan serta pemanfaatan teknologi ramah lingkungan atau ramah sosial pada negara maju.

Teknisnya, teknologi tepat guna merupakan penghubung antara teknologi tradisional dan teknologi maju. Oleh karena itu, idealnya aspek-aspek sosial kultural dan ekonomi merupakan dimensi yang paling utama  dipertimbangkan dalam membuat suatu teknologi tepat guna.

Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pangan

Video: Contoh-Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Untuk memudahkan anda memahami tentang teknologi tepat guna, berikut kami sajikan di channel youtube kami video contoh alat teknologi tepat guna sederhana jangan lupa kunjungi youtube channel kami dengan meng-klik link ini.

Dukung youtube channel kami agar terus berkembang dan menyajikan konten tentang teknologi tepat guna lainnya dengan meng-klik tombol SUBSCRIBE dan semoga dengan adanya konten-konten teknologi tepat guna (TTG) yang kami sajikan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat akan pentingnya TTG untuk meningkatkan produktifitas dan memajukan perekonomian masyarakat, ENJOOOYY!!..

1. Pengolah Tepung Talas Kaladi.

Keladi sangat potensial untuk diolah menjadi tepung dilihat dari komposisi kimianya. Kandungan mineral yang cukup tinggi merupakan nilai tambah tersendiri. Pengolahan tepung keladi dapat dilakukan bernagai macam cara, bias di blanching terlebih dahulu sebelum pengecilan ukuran dan pengeringan untuk inaktivasi enzim atau bias juga langsung.

Untuk memperbaiki kualitas tepung yang dihasilkan bahan sebelum dikeringkan bias direndam dengan sulfit untuk mempertahankan kualitas warna. Untuk peningkatan kualitas gizi bisa dilakukan fortifikasi dengan penambahan zat gizi tertentu. Tepung keladi dapat dimanfaatkan sebagai tepung pengganti untuk produk olahan dengan bahan dasar tepung seperti mie, cake, biscuit dll.

Teknologi Tepat Guna Bidang Pangan
Teknologi Tepat Guna Bidang Pangan
Teknologi Tepat Guna Bidang Pangan

2. Pembuat Mie Dari Tepung Keladi

Teknologi Tepat Guna Bidang Pangan
Teknologi Tepat Guna Bidang Pangan

3. Mesin Vacuum Frying

Mesin-Vacuum-Frying
Teknologi Tepat Guna Bidang Pangan

4. Mesin Perajang Umbi Umbian

Teknologi Tepat Guna Bidang Pangan

Itulah artikel tentang Teknologi Tepat Guna Bidang Pangan semoga bermanfaat..

Add Comment