11+ AMAZING Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan.

Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan – Menurut Impres No. 3 Tahun 2001, Teknologi tepat guna adalah teknoogi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara muda, serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan hidup.

Pada intinya, teknologi tepat guna adalah teknologi yang tepat sasaran dan berguna bagi masyarakat. Yang dimaksud dengan tepat sasaran adalah teknologi tersebut telah sesuai untuk menjawab permasalahan yang ada di masyarakat. Sedangkat yang dimaksud dengan berguna adalah teknologi tersebut dapat dimanfaatkan dan mampu memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat.

Produk – produk yang termasuk dalam kategori ‘teknologi tepat guna’, tidak hanya sekedar teknologi baru yang tidak bermanfaat. Teknologi baru ini khusus diciptakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan teknologi namun dengan lebih mudah dan efsien.

Munculnya teknologi tepat guna diperlkan ketika teknologi sebelumnya yang sudah ada dirasa kurang mampu mengatasi masalah yang terjadi di masyarakat. Apalagi jika teknologi sebelumnya justru muncul dengan membawa persoalan baru di masyarakat. Misalnya muculnya mesin baru yang memudahkan pekerjaan masyarakat namun memiliki daya listrik yang sangat besar hingga masyarakat tidak mampu membiaainya.

Video: Contoh-Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Untuk memudahkan anda memahami tentang teknologi tepat guna, berikut kami sajikan di channel youtube kami video contoh alat teknologi tepat guna sederhana jangan lupa kunjungi youtube channel kami dengan meng-klik link ini.

Dukung youtube channel kami agar terus berkembang dan menyajikan konten tentang teknologi tepat guna lainnya dengan meng-klik tombol SUBSCRIBE dan semoga dengan adanya konten-konten teknologi tepat guna (TTG) yang kami sajikan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat akan pentingnya TTG untuk meningkatkan produktifitas dan memajukan perekonomian masyarakat, ENJOOOYY!!..

Teknologi tepat guna saat ini memang sedang digalakkan di Indonesia untuk mengatasi berbagai permasalahan, salah satunya adalah di bidang pendidikan. Teknologi dalam bidang pendidikan masih sering dipandang sebelah mata bahkan dianggap mengganggu proses pembelajaran. Padahal, teknologi justru mampu membantu siswa untuk belajar lebih cepat dan menyenangkan. Berikut beberapa contoh teknologi tepat guna di bidang pendidikan :

Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan :

1.KIPIN ATM

Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan
Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan

KIPIN ATM merupakan mesin pintar yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Indonesia untuk membantu siswa belajar lebih cepat dengan cara yang tidak membosankan. Mesin ini memiliki bentuk seperti mesin ATM sehingga disebut dengan KIPIN ATM. Didalam alat ini terdapat berbagai konten pembelajaran yang lengkap seperti buku buku pelajaran, video pembelajaran, latihan soal hingga komik literasi yang memuat materi pejaran.

Kipin atm juga sudah dilengkapi dengan WiFi Internal sehingga sekolah tidak perlu menyediakan wifi lagi untuk mesin ini. Selain siswa, para guru juga dapat mengakses mesin ini loh. dengan begitu, guru akan dimudahkan untuk mengajar dengan cara yang lebih kreatif sehingga siswa tidak mudah bosan.

Penciptaan mesin ini tentunya sangat membantu dunia pendidikan. Bagaimana tidak, saat ini siswa telah berada di zaman milenium yang lebih tertaik untuk menggunakan gadget dibandingkan dengan membaca buku secara langsung. Adanya alat ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam melaksanakan pemerataan pendidikan di Indonesia terutama di daerah 3T.

Seluruh siswa di Indonesia diharapkan dapat melek dengan teknologi sehingga tidak akan tertinggal dengan negara lain. Kedepannya, pemerintah diharapkan segera mendistribusikan lat ini ke berbagai sekolah di seluruh Indonesia. Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan.

2. Alat Ukur Kesuburan Tanah

Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan
Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan

Teknologi tepat guna di bidang pendidikan yang selanjutnya adalah alat penguji kesuburan tanah. Alat ini biasa digunakan sebagai alat praktikum mata pelajaran geografi. Sebenarnya, alat seperti ini sudah dijual di tempat alat alat praktikum, namun harganya cukup mahal.

Sedangkan, jika membuat sendiri alat sederhana ini, siswa dapat memraktikkan dan juga menghemat pengeluaran sekolah. Alat ini terbuat dari bahan bahan yang sederhana dan mudah didapat. Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan – bahan :

  • Pipa paralon
  • Piting lampu
  • Lampu bolham 100 watt
  • Kabel listrik
  • Cok jantan
  • Plat logam seperti paku.

Cara membuat :

  1. Pertama, sambungkan salah satu ujung pitingan lampu pada ruji sepeda dan ujung lainnya pada kabel sepanjang 2 meter, ujung kabel lain disambungkan pada jack listrik.
  2. Jika sambungan sudah aman, pasang lampu bolham 100 watt.
  3. Cara menggunakannya mudah. Ambil segenggam tanah yang akan di tes, campurkan dengan air mineral. Tancapkan ujung alat penguji kesuburan tanah pada wadah, semakin terang nyala lampu bolham, maka semakin subur tanah yang sedang diuji.

Bagaimana ? Mudah kan ? dengan alat ini siswa diharapkan dapat menguji kadar kesuburan tanah dan mempraktikkan dalam kehidupan sehari hari sehingga menjadi lebih bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil !

3. Mikroskop dari Bahan Sederhana

Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan
Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan

Miskroskop merupakan salah satu alat praktikum dalam bidang pendidikan biologi. Keberadaan alat ini tentu penting agar siswa mampu mengimplementasikan ilmu yang telah didapat dalam buku pelajaran. Naun seringkali, sekolah tidak dapat memenuhi kebutuhan miskroskop untuk praktikum karena harga mikroskop yang sangat mahal.

Untuk itu, dibutuhkan suatu teknologi tepat guna sederhana yang mampu menyamai fungsi dari mikroskop. Saat ini telah dirancang alat yang fungsinya kurang lebih sama dengan mikroskop dan dapat dibuat dengan mudah sehingga sekolah tidakp perlu mengeluarkan biaya besar untuk pemeblian mikroskop. Berikut adalah bahan dan cara pembuatannya.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Lensa Okuler teleskop, kaca pembesar dan sejenisanya
  • Adaptor kamera teleskop, bisa diganti dengan benda apapun yang dapat menggenggam tabung mikroskop
  • Pipa bekas 20 cm atau bisa diganti dengan karton berwarna hitam
  • Kardus bekas yang sedikit tebal atau bisa diganti dengan alas kayu (sebagai alas mikroskop)
  • 2 buah mur dan baut
  • Lensa bekas kit (sebagai lensa objektif) atau dapat diganti dengan lensa lampu LED / lampu jantung untuk senter)

Cara Pembuatan :

  1. Potong pipa bekas tabung vacuum cleaner / karton yang digulung membentuk tabung sepanjang 20 cm.
  2. Masukkan lensa okuler teleskop ke bagian tengah tabung. Pastikan lensa tersebut terpasang dengan kuat agar hasilnya lebih bagus.
  3. Buat 2 lubang seukuran mur di kotak kardus
  4. Masukkan mur ke lubang yang telah dibuat kemudian pasang adaptor yang sudah disiapkan dan kencangkan dengan bautnya.
  5. Masukkan tabung ke adaptor. Pastikan ukurannya pas sehingga mikrokop tidak menjadi longgar.
  6. Mikroskop sederhana siap digunakan.

Mudah dan sederhana kan ? alat ini entu sangat membantu sekolah dalam penyediaan sarana praktikum. Sekolah dapat memroduksi mikroskop ini dengan biaya yang murah dan dengan cara yang mudah. Siap mencoba ?

4. Teleskop Bintang Sederhana

Image result for membuat teleskop sederhana
Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan

Teleskop merupakan salah satu alat peraga atau alat yang biasa digunakan untuk praktikum mata pelajaran geografi / astronimi di sekolah. Namun sekolah biasanya jarang menyediakan teleskop karena fungsi teleskop bintang yang digunakan untuk melihat bintang di malam hari, jarang digunakan di sekolah.

Selain itu, biaya yang harus dikeluarkan jika membeli teleskop juga tergolong cukup mahal. Namun jangan khawatir, para siswa tetap bisa membuat teleskop dengan bahan dan cara yang sederhana sehingga mereka tidak hanya melihat bintang melalui buku pelajaran namun juga bisa mpraktik langsung dengan membuat teleskop. Berikut bahan bahan dan cara pembuatannya.

Bahan – Bahan yang dibutuhkan :

  • Kertas karton hitam. Pastikan untuk menggunakan karton berwarna hitam
  • Stapler
  • Gunting
  • Lakban hitam. Ingat ya, harus berwarna hitam
  • Lem super
  • 2 kaca pembesar (lup) dengan diameter berbeda (satu besar satu lebih kecil). Anda bisa menggunakan kaca pembesar bekas atau membeli yang baru
  • Kaleng tabung panjang (bekas). Bisa menggunakan kaleng snack atau kaleng keripik bekas

Cara Pembuatan :

  1. Kosongkan kaleng bekas keripik, pastikan bagian dalamnya bersih dari sisa makanan.
  2. Lapisi bagian luar kaleng tersebut dengan karton hitam. Rekatkan dengan lem agar tidak mudah lepas. Fungsi dari karton hitam ini adalah agar cahaya tidak dapat masuk ketika melakukan pengamatan.
  3. Buat gulungan karton hitam dengan diameter yang lebih kecil dari kaleng bekas keripik sehingga menjadi bentuk tabung. Lem kemudian masukkan dalam kaleng bekas
  4. Buat lagi gulungan karton hitam. Untuk kali ini,buat gulungan lebih panjang. Gulungan ini nantinya digunkan untuk melekatkan lensa objektif. Lem bagian dalam karton kemudian lapisi bagian luarnya menggunakan lakban hitam.
  5. Masukkan karton panjang (langkah d) kedalam kaleng yang telah dibuat diawal. Untuk bagian ini, jangan gunakan lem ya, agar teleskop dapat dimaju mundurkan untuk mengatur fokus telskop.
  6. Tempelkan kaca pembesar yang diameternya besar kebagian ujung kaleng kemudian rekatkan dengan lem dan lakban hitam.
  7. Selanjtnya, tempelkan kaca pembesar yang diameternya kecil ke tabung karton hitam panjang.
  8. Teleskop sederhana siap digunakan.

Bagaimana ? mudah bukan ? para pengajar bisa memandu siswa untuk membuat teleskop sederhana ini disekolah dan para siswa dapat mempraktikannya untuk melihat bintang dirumah masing masing di malam hari dan melaporkan hasil pengamatannya.

5. Alat Uji Elektrolit

Image result for membuat alat uji elektrolit sederhana
Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan

Pada materi SMP / SMA biasanya terdapat materi mengenai Elektrolit dan Nonelektrolit. Siswa biasanya diminta untuk melakukan pengujian terhadap suatu larutan. Namun sayangnya, banyak sekolah yang tidak memiliki alat uji elektrolit untuk melakukan praktik ini. Untuk itu, terdapat salah satu teknologi tepat guna yang diciptakan ntuk bisa menguji kadar elektrolit dalam larutan tertentu. Penasaran ? berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan – Bahan :

  • 6 buah baterai kecil
  • 2 buah kabel ukuran 1 meter
  • Tempat baterai (isi 4)
  • Saklar
  • Lampu kecil (6 volt)
  • Dudukan lampu
  • Perekat. Bisa menggunakan selotip hitam atau lakban hitam (digunakan untuk menyambungakn kabel ke baterai)
  • Gunting / gunting kuku / pinset tebal (untuk mencongkel)
  • Sarung tangan

Cara membuat :

  1. Gunakan sarung tangan terlebih dahulu agar tangan tidak terkontaminasi dengan elektroda baterai.
  2. Pasang 4 baterai kecil kedalam tempat baterai. Sesuaikan posisi minus dan plusnya.
  3. Lepas penutup 2 baterai menggunakan gunting / gunting kuku ( calon elektroda). Bagian yang digunakan untuk pengganti eletroda adalah batang karbon (biasanya berwarna hitam ditengan baterai).
  4. Sambungkan kabel dengan urutan berikut ini : Tempat baterai – Lampu – Kabel – Elektroda (batang karbon) – putus – elektroda (batang karbon) – kabel – saklar – tempat baterai.
  5. Alat uji elektrolit sudah siap digunakan untuk praktik.

Untuk menggunakannya, cukup masukkan kedalam larutan garam, jika lampu menyala dan timbul gelembung maka alat ini berhasil. Cukup mudah kan ? alat ini tentu sangat membantu siswa untuk mempraktikkan materi pelajaran yang didapat.

6. Alat Peraga Pompa Hidrolik Sederhana

Image result for alat peraga pompa hidrolik
Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan

Saat mempelajari fisika, siswa pasti tidak bisa lepas dari materi tekanan zat serta hukum pascal. Siswa seringkali bingung dengan penerapan hukum pascal yang sebenarnya sangat sederhana jika dipraktikkan. Teknologi tepat guna yang satu ini dapat membantu siswa memahami persebaran tekanan zat cair serta hukum pascalnya. Berikut bahan bahan yang harus disiapkan serta cara membuatnya.

Bahan yang harus disiapkan :

  • 2 alat suntik (tanpa jarum) dengan ukuran yang berbeda (besar dan kecil)
  • Selang berukuran kecil
  • Air uji coba
  • Perekat
  • Papan

Cara Membuat :

  1. Hubungkan dua ujung suntikan tanpa jarum menggunakan selang yang sudah disiapkan. Seblumnya, pastikan alat suntik dan selang yang digunakan bersih ya.
  2. Isi suntikan berukuran besar dengan air sampai 1/3 dari kapasitas suntikan. Gdh g
  3. Rekatkan kedua suntikan ke permukaan papan dengan posisi vertikal (berdiri).
  4. Alat peraga hukum pascal siap digunakan.

Untuk menguji tekanan air, siswa dimita untuk mendorong sungtikan besar secara bergantian dengan suntikan berukuran kecil. Mintalah siswa untuk memperhatkan perbedaan dari kedua dorongan tersebut. Bagaimana ? sederhana dan opraktis bukan. Dengan alat ini, siswa diharapkan dapat mempelajari fisika dengan cara yang lebh menyenangkan. Hdg 7aj gd

7. Media Pembelajaran Berbasis Komputer dan Internet

Image result for guru menggunakan teknologi
Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan

Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi mempengaruhi gaya beklajar dan gaya mengajar di sekolah. Jika cara belajar siswa telah berubah dari yang hanya membaca buku, menulis jawaban di lembar kertas, mendengarkan pelajaran di papan tulis menjadi lebih digital dengan memanfaatkan teknologi seperti melihat penjelasan di Internet, membuka video tutorial di Youtube dan masih banyak lagi.

Untuk itu, guru sebagai tenaga pengajar juga harus mengubah cara mengaarnya menjadi lebih menyenangkan dengan memanfaatkan teknologi. Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh guru untuk menyesuaikan pembelaaran dengan siswanya antara lain :

  • Menjelaskan menggunakan power point, video pembelajaran, macromedia flash dan kemudian ditayangkan di kelas menggunakan lcd dan proyektor.
  • Membiarkan siswa mencari sendiri jawaban atas pelajaran di internet. Namun guru harus tetap melakukan pengawasan dan memberikan penjelasan tambahan kemudian.
  • Memberikan tugas melalui internet. Hal ini dpaat dilakukan dengan menggunakan aplikasi / web seperti edmodo, google classroom dan masih banyak lagi. Dengan begitu, siswa akan terlatih menggunakan teknologi meskipun berada di rumah.
  • Menggunakan absensi online. Sekolah diharapkan membuat website dimana siswa bisa melakukan absensi secara online dan terintegrasi dalam kelas. Website ini nantinya dapat diakses oleh siswa, orang tua serta guru. Dengan hal ini, orang tua juga bisa mengontrol anaknya agar tidak membolos. Hdj js js ys gfh
  • Mengirimkan nilai dan hasil bejara secara online. Teknologi internet tentu akan memudahkan penyampaian nilai kepada orang tua secara berkala sehingga orang tua dapat mengetahui perkembangan belajar anaknya.

Memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran tentu sangat bermanfaat bagi seluruh pihak. Namun seringkali, teknologi justru danggap mengganggu proses pembelajaran di sekolah. Sebenarnya, sekolah terutama para guru hanya perlu memberikan pengawasan lebih terhadap apa yang diakses oleh siswanya melaui kecanggihan teknologi ini.

8. Proyektor

Proyektor
Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan

Proyektor adalah suatu alat yang menggunakan sistem integrasi cahaya, optik, dan elektronik yang dapat memproyeksikan gambar ataupun video ke dinding layar.

Proyektor dapat digunakan sebagai alat penunjang untuk presentasi. Penggunaan proyektor berfungsi untuk membuat presentasi menjadi lebih hidup karena memiliki tampilan gambar atau tulisan yang jelas dan dinamis.

9. LCD

Lcd
Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan

LCD memiliki fungsi untuk membuat tampilan layar menjadi besar sesuai yang dingginkan. Tak hanya itu, LCD juga dapat dibawa kemanapun karena memiliki ukuran yang minimalis dan fleksibilitas yang tinggi.

LCD sangat dibutuhkan untuk menunjang pendidikan dikarenakan perkembangan teknologi yang sudah maju, dan pada banyak kasus, penggunaan LCD bisa lebih efektif dibanding buku atau papan tulis.

10. Mikroskop

Mikroskop
Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan

Untuk anda yang berkecimpung di jurusan IPA atau kesehatan, pasti sering membutuhkan bantuan dari teknologi mikroskop. Mikroskop seringkali digunakan sebagai alat praktikum yang berfungsi  untuk melihat objek mikroskopis yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Mikroksop digunakan sebagai alat bantu untuk mengamati organisme berukuran kecil seperti bakteri, sel makhluk hidup, dan protista.  Hal tersebut sangat membantu para murid untuk lebih memahami materi yang diajarkan. Sehingga tidak hanya menggunakan teori, namun juga mempraktekannya.

11. pH meter

Ph Meter
Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan

pH meter merupakan salah satu teknologi tepat guna golongan alat laboratorium yang digunakan oleh murid untuk mengukur derajat keasaman suatu larutan.

pH meter memiliki sistem kalibrasi yang digunakan untuk memastikan keakuratan pH dari suatu larutan. Pada tahap kalibrasi, menggunakan larutan basa, garam, dan asam.

Kulitas pH meter akan memiliki spesifikasi yang tinggi apabila memperhitungkan koreksi koefisien temperatur dan pH dari probe nya. Pembilasan probe juga diperlukan untuk mengoptimalkan kinerja pH meter agar lebih akurat.

Teknologi pH meter sangat membantu murid dalam melakukan pekerjaan laboratorium sehingga mendapat hasil yang sempurna dibandingkan dengan teknologi menggunakan kertas lakmus merah dan biru.

12. Finger Reader

Finger reader merupakan teknologi tepat guna yang dikembangkan untuk membantu pembelajaran bagi tuna netra. Finger reader berbentuk cincin yang sangat tebal dan menjadikan jari sebagai alat scan yang mampu mendeteksi dan menafsirkan 12 titik teks yang akan dicetak.

Alat ini memiliki getaran yang kecil sehingga dapat mengingatkan pemakai apabila menyimpang dari baris. Alat ini berpotensi untuk mengajarkan anak-anak tunanetra agar dapat belajar membaca dan menerjemahkan ke bahasa sehari-hari. Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan.

Nah itulah tadi ulasan lengkap mengenai contoh teknologi tepat guna di bidang pendidikan. Pendidikan merupakan pilar penting bagi kesejahteraan bangsa. Kedepannya, semoga Indonesia dapat menjadi masyarakat yang melek teknologi sehingga mampu bersaing di kancah global. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat !

Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan. Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan.Contoh Teknologi Tepat Guna Bidang Pendidikan.

Sumber :

Teknologi Tepat Guna Untuk Solusi Atasi Masalah Pendidikan Indonesia di Daerah 3T

https://www.kompasiana.com/asikbelajardirumah/551043f2a333117c39ba8084/sekali-lagi-membuat-mikroskop-sendiri-dengan-benda-yang-kita-punya

https://www.infoastronomy.org/2013/12/tutorial-membuat-teleskop-sederhana.html

http://yuliaolivianti.blogspot.com/2013/02/membuat-alat-uji-elektroli.html

Add Comment