9 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Terbaik 2021

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh dari teks laporan hasil observasi. Namun, kamu harus memahami terlebih dahulu ciri-ciri dan struktur dari teks laporan observasi.

Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang memberikan informasi secara umum mengenai sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan yang dilakukan secara langsung.

Observasi ini dilakukan oleh si pengamat dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan informasi yang ada. Informasi ini meliputi, keadaan lingkungan, keadaan alam, tumbuhan, hewan, kesenian, kebudayaan dan sebuah peristiwa.

Laporan hasil obervasi bersifat komunikatif, informatif dan objektif. Ini berarti laporan tersebut harus memberikan sebuah informasi yang mudah dipahami oleh pembaca.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Memberikan informasi terbaru

Penelitian

Mengambil keputusan yang lebih efektif

Mengetahui perkembangan suatu permasalahan

Mengatasi suatu persoalan

Ciri – Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Ditulis berdasarkan fakta sesuai pengamatan yang dilakukan.

Informasi teks merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya.

Tidak adanya bagian penutup dari penulis

Ditulis secara lengkap.

Ditulis berdasarkan fakta sesuai pengamatan yang dilakukan

Tidak mengandung dugaan yang menyimpang

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

Sebagai dokumentasi

Sebagai bahan penelitian

Sebagai kegiatan pengamatan

Sebagai sumber yang dapat dipercaya

Sebagai ilmu pengetahuan

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Pernyataan Umum

Bagian ini berisi pembuka atau informasi secara umum mengenai hal yang disampaikan

Deskripsi Bagian

Bagian ini berisi isi, rincian, pembahasan, dan penjelasan lebih detail.

Deskripsi Manfaat

Bagian ini berisi fungsi atau manfaat setiap objek yang diamati dalam kehidupan

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

1. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan

Kelinci tergolong hewan mamalia dari family Leporidae. Kelinci dapat ditemui dengan mudah di berbagai belahan bumi. Dahulu kelinci adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Sampai sekarang, secara umum kelinci dibagi menjadi dua klasifikasi yaitu, kelinci bebas dan kelinci peliharaan.

Dilihat dari jenis bulu, kelinci dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu, berbulu panjang dan berbulu pendek. Menurut rasnya, kelinci terbagi menjadi beberapa jenis lagi, di antaranya Lyon, Angora, American Chinchilla, English Spot, Himalayan, dan Dutch. Dan hasil dari observasi kami kelinci jenis Lyon adalah hasil persilangan luar antara Angora dan jenis kelinci yang lainnya.

Kelinci selalu diidentikan dengan wortel sebagai pakannya, tetapi observasi kami membuktikan bahwa kelinci dapat diberi pakan sayur-sayuran hijau, rumput awetan, umbi-umbian, biji-bijian, dan pelet juga lahap dimakan kelinci.

Penelitian membuktikan bahwa daging kelinci dapat digunakan sebagai obat yang mampu menyembuhkan penyakit asma.

2. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh baik alam maupun manusia. Sampah dapat dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya. Berdasarkan sifatnya, sampah dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan.

Contoh sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah menjadi kompos. Contoh sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik, kayu, kaca, kaleng, dan sebagainya. Sampah anorganik didaur ulang oleh home industry untuk mengurangi jumlah sampah serta dijadikan sebagai peluang usaha.

Berdasarkan bentuknya, sampah dapat dibedakan menjadi sampah padat, cair, alam, konsumsi, manusia .

Sampah padat adalah sampah yang berwujud padat. Sampah padat dapat berupa sampah rumah tangga: sampah dapur, kebun, plastik, metal, gelas dan lain-lain. Sampah Cair adalah bahan cairan yang telah digunakan dan tidak diperlukan lagi seperti limbah.

Sampah alam merupakan sampah yang diproduksi oleh alam dan diuraikan melalui proses daur ulang alami. Contoh dari sampah alam adalah daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah. Sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia dan dibuang ke tempat sampah.

Sampah manusia dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia karena dapat dikatakan sebagai sarana perkembangan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

3. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan Rumah

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting pada kehidupan manusia. kebersihan lingkungan menciptakan lingkungan yg sehat seta bersih. sehingga dapat terhindar dr penyakit.

Kondisi kebersihan lingkungan di jl mekar indah sangat baik, bersih, indah, dan asri serta bebas sampah, karena kesadaraan akan para warga2nya yg selalu membersihkan halaman2 rumah masing 2, membakar sampah dan membersihkan rumput yang tumbuh di pekarangan.

Kebersihan lingkungan sangat naik untuk diterapkan apabila kita membiasakan hidup bersih, sehat dan tertib.

Kesimpulan : kondisi kebersihan di jl mekar infah sangat terawat, karena warganya yang sadar akan kebersihan lingkungan.

4. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Keindahan Alam

Pantai Kuta adalah salah satu pantai terkenal yang terdapat di wilayah Provinsi Bali. Pantai ini kerap menjadi kunjungan wisata favorit para turis.

Pantai Kuta memiliki penampilan yang begitu indah. Pantai ini senantiasa dikaruniai dengan ombak besar yang kerap dijadikan ajang berselancar oleh para wisatawan. Selain itu, laut yang berwarna biru kehijauan menambah indah pantai ini.

Keindahan ini menjadikan Kuta sebagai salah satu andalan pariwisata Bali dan juga Indonesia. Hal inilah yang membuat pemerintah berlomba-lomba menjadikan banyak daerah lain sebagai destinasi wisata baru berkaca dari Bali dan Pantai Kuta.

5. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kertas

Kertas adalah bahan yang tipis dan rata yang berasal dari pulp.Kertas biasanya dipakai untuk menulis,mencetak,melukis dan masih banyak kegunaan lain yang dapat dilakukan dengan kertas.Adanya kertas merupakan revolusi baru dalam dunia tulis menulis yang menyumbangkan arti besar dalam peradaban dunia.

Jenis-jenis kertas beraneka ragam,diantaranya adalah kertas hvs,jenis kertas ini sedikit kasar,umumnya digunakan untuk mencetak. Kertas kalkir,kertas kalkir hampir sama dengan kertas hvs,kertas ini biasanya digunakan untuk media sablon,namun tidak putih alias lebih gelap dan terihat transparan seperti kertas yang kena tumpahan minyak.

Kertas duplex,kertas ini mempunyai sisi depan berwarna putih dan sisi belakang abu-abu dan biasanya digunakan untuk pembuatan box. Kertas matt paper,bahan kertas untuk brosur dengan permukaan yang licin dan menghasilkan hasil cetak yang berkualitas.Kertas Samson Kraft,berwarna coklat muda,dan merupakan hasil daur ulang. Kertas linen jepang,kertas ini bertekstur,dan biasanya digunakan untuk kop surat/sertifikat.Masih banyak jenis-jenis kertas dan kegunaan yang berbeda.

Kertas juga mempunyai manfaat seperti untuk menulis,melukis,mencetak,membantu seseorang dalam berkerja,dan yang paling penting adalah mempermudah kita dalam proses belajar.

6. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Energi Listrik

Energi listrik merupakan hasil dari gerakan muatan listrik Muatan listrik yang bergerak ini merupakan suatu bentuk energi kinetik. dimana semakin cepat muatan listrik bergerak maka mereka akan membawa energi listrik yang lebih banyak.

Ada dua jenis muatan listrik, yang disebut positif dan negatif. Jika dua benda bermuatan listrik didekatkan satu sama lain, mereka akan memberikan gaya. Jika muatannya itu sama – baik positif atau keduanya negatif – gaya akan bertindak untuk mendorong benda jauh satu sama lain. Jika mereka memiliki muatan yang berbeda, mereka akan menarik satu sama lain. tolakan atau daya tarik dikenal sebagai gaya elektromagnetik, dan dapat dimanfaatkan untuk membuat aliran energi listrik.

Energi istrik berguna baik dalam berbagai keperluan dan sebagai sarana mentransfer energi jarak jauh. Hal ini penting untuk berbagai proses industri, telekomunikasi, internet, komputer, televisi dan perangkat lainnya yang umum digunakan. listrik juga dapat diubah menjadi bentuk energi lain untuk digunakan dalam berbagai aplikasi lainnya.

7. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan Sekolah

Lingkungan merupakan sebuah situasi yang ada di sekitar kita. Lingkungan sendiri memiliki berbagai komponen mulai dari biotik ataupun abiotik. Lingkungan biotik sendiri merupakan lingkungan yang berisi tentang makhluk hidup. Contohnya, tumbuhan dan hewan atau manusia. Sedangkan, lingkungan abiotik merupakan lingkungan yang berisi tentang benda-benda mati.

SMKN 3 Kuningan merupakan salah satu sekolah yang memiliki tingkat kebersihan yang cukup memadai. Seluruh warga sekolah dihimbau untuk selalu menjaga kebersihannya. Setiap hari, siswa-siswi mengadakan piket rutin di setiap kelas. Setiap bulan, biasanya para siswa diajak untuk menanam bunga di sekolah dan melakukan kegiatan bersih-bersih lapangan bersama-sama.

Banyak sekali manfaat disini, salah satunya adalah melatih anak-anak menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga anak-anak akan sadar suatu saat nanti bahwa lingkungan harus dijaga agar tidak ada masalah lingkungan serius yang timbul akibat sikap yang diremehkan.

8. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Bunga Mawar

Mawar adalah tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar yang terdiri lebih dari 100 spesies kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter.

Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5-15 cm, dua-dua berlawanan (pinnate).

Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah.

Selain sebagai bunga potong, mawar memiliki banyak manfaat, antara lain antidepresan, antiviral, antibakteri, antiperadangan, dan sumber vitamin C. Minyak mawar adalah salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun-daun mahkota sehingga dapat dibuat menjadi parfum. Mawar juga dapat dimanfaatkan untuk teh, jelly, dan selai.

9. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Covid 19

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat seperti infeksi paru-pneumonia akut, sampai kematian.

Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui. Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019.

Masyarakat dapat mengakses data penderita COVID-19 di seluruh dunia. Keterbukaan data terkait penanganan Covid-19 memiliki manfaat bagi masyarakat, salah satunya masyarakat dapat mengetahui sebaran-sebaran. Sebaran-sebaran itu tentu saja akan memberikan warning kepada masyarakat di daerah  khususnya yang banyak terpapar.

Itulah informasi mengenai Contoh Teks Laporan Hasil Observasi singkat dan terbaik saat ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Add Comment