Daftar Penemuan Orang Indonesia yang Telah Diakui Dunia

Ad

Penemuan orang Indonesia telah diakui dunia – Indonesia tidak hanya sebuah negara yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa, namun juga keberadaan sumber daya manusianya yang hebat. Sayangnya, tidak semua kehebatan tersebut diakui dan diketahui oleh warga Indonesia itu sendiri. Maka dari itu banyak sekali para penemu Indonesia yang akhirnya melancong keluar negeri guna menawarkan ilmu yang dimilikinya.

Dan tahukah anda, bila beberapa penemuan orang Indonesia telah diakui dunia. Penasaran?

penemuan-orang-indonesia-telah-diakui-dunia

Beragam penemuan orang Indonesia telah diakui dunia

 

  • 4G LTE

Siapa yang tidak mengetahui teknologi 4G? Teknologi 4G yang kini telah marak digunakan di seluruh smartphone ternyata adalah hasil karya anak bangsa. Taukah anda bahwa ternyata teknologi ini ditemukan oleh seorang professor berkebangsaan Indonesia bernama Prof. Dr. Khoirul Anwar. Beliau merupakan lulusan S1 dari jurusan Teknik Elektro di salah satu institut terkenal di Indonesia. Kemudian melanjutkan studi S2 dan S3 nya diluar negeri dan telah meraih berbagai penghargaan, contohnya IEEE Best Student Paper Award di California, Amerika Serikat.

 

  • Pemadam Api dari Kulit Singkong

Berawal dari ketidaksengajaan yang dilakukan oleh Randall Hartolaksono dimana kulit singkong yang sedang ia gunakan dalam suatu kegiatan terjatuh diatas api. Ternyata terjadi suatu reaksi yang tak biasa dan membuatnya penasaran untuk menyelediki reaksi tersebut. Dan setelah dilakukan penelitian, ternyata kulit singkong memiliki suatu cairan yang dapat berfungsi sebagai alat pemadam api.

 

  • Pondasi Cakar Ayam

Pada tahun 1962 seseorang bernama Prof. Ir. R.M. Sedyatmo berhasil menemukan sebuah sistem pondasi yang berbentuk cakar ayam. Sistem pondasi ini memungkinkan pembangunan diatas lahan-lahan yang tidak rata dan labil, contohnya seperti landasan pacu bandara Soekarno Hatta, Jakarta, dan akhirnya sistem ini digunakan oleh banyak bangunan lain diseluruh dunia.

 

  • Kompor Tenaga Surya

Seorang guru SD bernama Minto yang tinggal di kecamatan Dagangan, Madiun, Jawa Timur berhasil membuat sebuah kompor yang bertenaga surya. Beliau mengaku bahwa kompor ini merupakan kompor yang mengaplikasikan teori sifat lensa dan penyerapannya terhadap panas matahari. Memang kompor ini masih belum cukup praktis untuk digunakan, namun hasil karya Pak Minto ini telah didengar oleh Menteri ESDM dan rumornya juga akan menerima penghargaan dari WHO.

 

  • Teori 23 Kromosom

Seorang psiko kenetics berkebangsaan Indonesia yang bernama Dr. Joe Hin Tjio ini adalah orang pertama yang menemukan fakta bahwa kromosom berjumlah 46 buah. Ia melakukan penelitian di laboratorium Institute Of Genetics di Universitas Swedia dan berhasil mematahkan teori ahli genetika yang selama ini telah mengumumkan bahwa jumlah kromosom adalah 48 buah. Ia berhasil menghitung dengan tepat dan akurat jumlah kromosom setelah menyempurnakan teknik pemisahan kromosom manusia pada sebuah gelas preparat yang merupakan sebuah hasil pengembangan yang dilakukan oleh salah seorang Dokter di Texas University pada tahun 1961.

Hal ini menjadi hal yang sangat mengejutkan sekaligus mengagumkan karena setelah sekian lama manusia mengetahui bahwa jumlah kromosom adalah 48 dan ternyata dipatahkan dan ditemukan temuan terbaru yang menyatakan bahwa jumlah sebenarnya adalah 46. Penemuan ini dianggap sangat penting dan sebuah penemuan revolusioner sehingga diarsipkan dalam jurnal hereditas kandidovia pada 19 Januari tahun 1956.

 

Nah, informasi diatas merupakan 5 penemuan orang Indonesia yang diakui dunia. Sebenarnya masih banyak lagi penemuan yang ada dan mungkin tidak kita ketahui.

Add Comment