Dampak Buruk Plastik Bagi Lingkungan dan Solusinya

Ad

Dampak buruk plastik bagi lingkungan – Setiap hari manusia tidak pernah terlepas dari kegiatan jual beli ataupun berpergian. Baik jual beli online maupun secara langsung, tidak akan terlepas pula dengan namanya plastik.

Plastik yang dibentuk sebagai kantong keresek atau wadah lauk pauk ini selalu menghiasi warung, toko, dan rak barang-barang kita. Tapi tahukah anda bahwa plastik juga bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan kita? Jika anda belum tahu, simak ulasannya berikut ini.

dampak-buruk-plastik-bagi-lingkungan

Dampak buruk plastik bagi lingkungan

Plastik merupakan salah satu komponen di alam berupa polymer yang memiliki kemampuan terurai sangat lama. Akibat lamanya waktu terurai, maka penggunaan plastik ini perlu untuk dihindari. Plastik yang dibuang sembarangan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai secara sempurna, akibatnya plastik tersebut akan mencemari tanah dan lingkungan. Kalau sudah begitu, banjir pun bisa terjadi.

Plastik juga memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh, apalagi jika plastik tersebut digunakan untuk membungkus lauk atau sayur sop yang anda buat saat sedang dalam keadaan panas. Kandungan bahan kimia berupa pvc dari plastik pembungkus dapat masuk kedalam tubuh anda dan berbahaya bagi kesehatan ginjal anda. Untuk itu anda perlu berhati-hati ketika menggunakannya, jika perlu gantilah plastik anda dengan wadah lain seperti wadah tepak makan yang tahan terhadap panas.

Selain semakin banyak sampah yang menumpuk, penggunaan plastik juga bisa menyebabkan jamur atau busuk pada buah yang anda masukkan didalamnya dalam jangka waktu lama. Alih-alih ingin mematangkan buah-buahan seperti pisang atau manga, jika terlalu lama atau dalam keadaan lembab, jamur pun bisa bersarang pada buah-buahan anda, untuk itu akan lebih baik jika anda mengeluarkan buah-buahan dari dalam kantong keresek dan memasukkannya kedalam kulkas. Atau jika anda ingin mempercepat kematangan buahnya, anda dapat membenamkannya kedalam beras yang ada di karung anda.

Solusi meminimalisir dampak buruk plastik

Setelah mengetahui dampaknya, lalu apa saja solusinya? Solusi yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan dua jenis tas pengganti yaitu tas kantong kertas, dan tas kain. Tas kantong kertas tidak menimbulkan pencemaran dan tidak berbahaya bagi kesehatan anda. Sama halnya dengan tas kain yang jauh lebih menyehatkan dan ramah lingkungan karena tidak menimbulkan sampah.

Tas kain ini dapat anda beli di supermarket, pasar, atau bahkan anda buat sendiri dengan desain kesukaan anda. Tas ini dapat digunakan berkali-kali dan dimana saja. Barang belanjaan yang mau anda bawa juga bisa anda sesuaikan dengan muat tidaknya tas kain anda. Yang pasti, jangan memaksakannya jika sudah penuh agar tas anda tetap awet dan tidak mudah jebol atau rusak.

Selain membawa kedua tas diatas, biasakan juga untuk tidak menerima barang belanjaan anda yang berukuran kecil dengan plastik. Kebiasaan masyarakat adalah membeli barang dan membawanya dengan keresek, bahkan meski itu adalah 3 biji sampo sachet. Biasakan untuk membawanya dengan tangan selagi barang tersebut bisa dibawa, atau masukkan kedalam tas yang anda bawa baik itu tas sekolah maupun tas berpergian anda.

Jangan merasa malu jika dilihat orang, karena tindakan yang anda lakukan adalah baik untuk mengurangi penumpukkan sampah dan hidup sehat. Jika anda sudah bisa membiasakan diri seperti itu, maka yakinlah bahwa anda akan terus terbiasa untuk hidup tanpa plastik.

Demikianlah ulasan mengenai dampak buruk plastik bagi lingkungan dan solusinya. Hidup sehat tanpa terkena bahan kimia dan terhindar dari tumpukkan sampah plastik adalah idaman setiap orang, untuk itu, yuk mulai dari diri anda terlebih dahulu.

Add Comment