Mengenal E-Commerce dan E-Business serta Segala Perbedaannya

E-Commerce dan E-Business – E-Commerce ialah sebuah proses pembelian, penjualan, ataupun pengantian produk, pelayanan serta informasi dengan menggunakan jaringan internet. E-commerce  yang berarti transaksi bisnis melalui internet di mana pihak-pihak yang terlibat melakukan penjualan ataupun pembelian. Transaksi yang telah dilakukan dalam e-commerce pada dasarnya yaitu melibatkan pengalihan (transfer) ataupun penyerahterimaan (handing over) kepemilikan serta hak atas produk atau jasa.

Sedangkan definisi dari e-business, ialah suatu kegiatan bisnis yang di lakukan secara otomatis maupun semiotomatis dengan memakai teknologi elektronik. E-business dapat memungkinkan suatu perusahaan berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal atau eksternal secara lebih efisien dan juga fleksibel. E-business juga banyak dipakai sebagai alat untuk berhubungan dengan suplier dan juga mitra bisnis perusahaan, dan juga untuk memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik lagi.

e-commerce-dan-e-business

 

Perbedaan Antara E-Bussiness dan E-Commerce

 

Pada dasarnya, e-commerce serta e-business bisa anda bedakan dengan sangat mudah. Hampir semua e-commerce merupakan bagian dari e-business, sehingga tidak salah apabila anda menyebutkan beberapa toko – toko online sebagai bentuk dari e-commerce maupun e-business. Namun, tetap ada juga perbedaan antara kedua layanan tersebut yang berada di dalam jaringan internet ini, yakni :

  1. E-business mencakup semua area yang sangat luas, dari pembangunan dalam modal, sumberdaya manusia, sumberdaya teknologi, serta proses marketing dan pemasaran, manajemen perkantoran, proses audit, dan juga segala macam elemen lainnya. Sedangkan, e-commerce hanya terfokus pada proses jual beli ataupun pemindahtanganan yang dapat dilakukan melalui proses transaksi secara elektronik di sebuah situs.
  2. E-commerce adalah bagian kecil dari sebuah e-business. Misalnya , jika anda ibaratkan sebagai tubuh manusia, e-business merupakan seluruh tubuh manusia, sedangkan e-commerce hanyalah sebuah bagian tangan kiri ataupun tangan kanan manusia.
  3. E-commerce juga hanya membutuhkan spesifikasi dan juga kemampuan analisis dari segi penjualan serta transaksi saja. Sedangkan e-business membutuhkan pertimbangan yang matang dari berbagai aspek-aspek terkait, mulai dari aspek pemasaran, produksi, dan sebagainya.

Istilah e-business serta e-commerce seringkali terlihat dan juga digunakan dalam proses yang sama. Tetapi, meskipun keduannya berhubungan, keduanya memiliki arti yang sangat berbeda. Awalan “e” berarti “elektronik”, yang artinya kegiatan ataupun transaksi yang telah digunakan tanpa pertukaran ataupun kontak fisik. Transaksi yang diadakan secara elektronik ataupun digital, sesuatu yang dibuat menjadi mungkin dengan pesatnya perkembangan komunikasi digital. E-Commerce dan E-Business.

E-commerce adalah transaksi bisnis yang melalui internet di mana pihak-pihak yang terlibat, melakukan penjualan ataupun pembelian. Transaksi yang telah dilakukan dalam e-commerce yaitu pada dasarnya akan melibatkan pengalihan atau transfer ataupun penyerahterimaan (handing over) kepemilikan serta hak atas produk atau jasa.

Secara teknis, e-commerce hanya dapat merupakan bagian dari e-business karena, menurut definisi, e-business yaitu semua transaksi bisnis online, termasuk juga penjualan secara langsung kepada konsumen (e-commerce), transaksi dengan menggunakan produsen dan pemasok, serta interaksi dengan mitra bisnis. Pertukaran informasi via database terpusat juga dapat dilakukan dalam e-commerce. Fungsi-fungsi bisnis juga terbatas pada sumber daya teknologinnya.

Selain perbedaan seperti yang telah disebutkan diatas, e-commerce dan e-business juga memiliki kesamaan tujuan utama yakni memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya. E-commerce serta e-business merupakan terobosan yang diharapkan dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing serta sebagai sarana mempromosikan produk melalui media Internet. E-Commerce dan E-Business.

Demikian beberapa penjelasan terkait perbedaan dari E-Bussiness dan E-Commerce. Semoga penjelasan yang singkat ini dapat bermanfaat bagi anda.

Add Comment