Gaji CEO Rendah atau Tinggi Tergantung Dari 5 Faktor Ini

Gaji CEO – Chief Executive Officer atau yang lebih sering dikenal sebagai CEO memang memiliki tanggung jawab yang besar. Seorang CEO memiliki wewenang untuk memutuskan suatu hal yang menyangkut perusahaannya, terlebih untuk kebaikan dan keberhasilan suatu bisnis yang dijalankannya. Tanggung jawab yang besar ini tentunya tidak mengherankan jika gaji CEO sangat beragam.

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi penghasilan antara CEO perusahaan satu dengan yang lainnya. Faktor-faktor ini dilihat dari berbagai aspek dan sudut pandang yang ada dan tidak memandang dari segi tanggung jawab saja. Apa saja faktor yang mempengaruhi gaji seorang CEO?

gaji ceo

1. Jam Terbang Salah Satu Faktor Yang Menentukan Gaji CEO.

Bagi seorang pemilik perusahaan, tentunya bukan hal yang mudah untuk mencari memilih siapa CEO yang tepat untuk menjalankan bisnisnya. Dari sinilah kemudian dilihat latar belakang calon CEO tersebut, apakah sudah memiliki jam terbang tinggi atau belum. Bagi orang-orang yang sudah memiliki jam terbang tinggi, tidak menutup kemungkinan gajinya tinggi.

Jam terbang tersebut dapat ditinjau dari sudah berapa lama orang tersebut memegang kendali atau menduduki kursi jabatan tersebut. Apakah sudah lama atau ini merupakan pertama kalinya orang tersebut menduduki kursi jabatan itu. Jika baru pertama kali, maka ada kemungkinan besar gaji CEO tersebut di bawah rata-rata atau standar harga CEO.

2. Target Yang Dicapai

Masing-masing perusahaan memiliki target yang harus dicapai untuk setiap tahun atau bahkan setiap bulannya. Bagaimana seorang CEO tersebut bekerja membimbing dan mengarahkan anak buahnya dalam mencapai target menjadi poin penting. Apabila CEO tersebut dapat mengarahkan dengan benar dan target yang ditetapkan tercapai, maka gajinya akan tinggi.

Semakin tinggi atau semakin besar target yang dicapai, maka semakin tinggi pula gaji yang diterimanya. Tentunya hal ini akan berbanding terbalik jika target belum tercapai sepenuhnya atau bahkan baru sekitar 25% dari 100%. Gaji yang diterimanya tentu akan berbeda dengan gaji yang diterima CEO perusahaan lain dengan bidang sama.

3. Sektor Perusahaan Yang Ditempati

Faktor lain yang mempengaruhi upah rendah atau tinggi seorang CEO adalah sektor perusahaan tersebut. Saat ini ada banyak sekali sektor perusahaan yang bersaing, contohnya properti, industri makanan dan minuman, asuransi dan lain sebagainya. Gaji antara CEO sektor perusahaan satu dengan yang lainnya tentunya berbeda karena targetnya juga berbeda.

Semakin tinggi persaingan di bidang tersebut, maka semakin menantang bagi seorang CEO. Sektor industri yang besar tentunya akan menggaji seorang CEO tinggi sesuai dengan pencapaiannya. Begitu juga dengan sektor industri menengah maka akan menggaji sesuai dengan kinerjanya masing-masing. Jadi, tidak mengherankan jika CEO pada bidang A memiliki gaji yang tinggi dibandingkan CEO bidang B.

4. Ide dan Strategi Yang Dijalankan

Dalam dunia bisnis persaingan industri satu dengan yang lainnya memang sangatlah ketat. Siapa yang berhasil membaca pergerakan pasar dan memiliki ide serta strategi yang cemerlang akan mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam hal ini seorang CEO dituntut untuk memiliki ide serta mengerahkan strategi yang dimiliki untuk mencapai target suatu perusahaan.

Semakin baik ide dan strategi yang dijalankan, maka kinerjanya akan optimal dan target yang diberikan tentunya dapat tercapai. Selain mempersiapkan ide serta strategi, hal lain yang mempengaruhi gajinya adalah resiko dari strategi tersebut. Semakin rendah resiko yang didapat, maka resiko pendapatan perusahaan yang rendah dapat teratasi.

5. Kemampuan Dalam Negoisasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa masing-masing perusahaan tentunya akan menjalin kerjasama dengan investor. Kemampuan dalam negoisasi dengan calon investor menjadi poin penting seorang CEO perusahaan. Bagaimana cara negoisasi agar investor tersebut menanamkan modalnya pada perusahaan yang didudukinya dan lain sebagainya.

Selain menggaet para calon investor, seorang CEO juga harus mempertahankan investor yang sudah menanamkan modal sebelumnya. Jangan sampai ketika mendapatkan investor baru, investor lama yang sudah berkontribusi banyak tidak diurus. Semakin baik kemampuan negoisasi dan mendapatkan investor baru, tentunya pendapatan perusahaan dan gajinya akan naik.

Dengan faktor-faktor yang telah disebutkan di atas, maka tidak perlu memperdebatkan lagi mengapa gaji CEO satu dengan yang lainnya berbeda. Bahkan pada industri yang sama pun terkadang ditemukan upah CEO yang sangat berbanding jauh dengan yang lainnya.

Add Comment