Cara Menghapus Cache di Android Sampai Bersih Dengan Mudah

Bagaimana Cara Menghapus Cache di Android Sampai Bersih? Bagi anda yang belum tahu, cache adalah sebuah file yang mempunyai fungsi untuk menyimpan sebuah data yang bersifat sementara dari website atau aplikasi sehingga diharapkan dapat mempercepat pemuatan sebuah halaman website juga mempercepat kinerja dari aplikasi yang digunakan.

Fungsi cache memang sangat bermanfaat, namun tahukah anda jika terlalu banyak cache yang disimpan atau menumpuk tentu saja akan menguras memori penyimpanan sehingga performa smartphone kian melambat. Cara Menghapus Cache di Android Sampai Bersih

Bagi anda yang sudah mempunyai banyak pengalaman dalam menangani permasalahan dalam bidang smartphone android, menghapus cache dari sebuah aplikasi bukanlah hal yang rumit dan sulit untuk dilakukan. Cara Menghapus Cache di Android Sampai Bersih

Namun, bagi anda yang masih pemula tentu saja pasti kebingungan tentang bagaimana cara menghapus cache di android. Oleh karena itu kami akan memberitahu anda 2 cara mudah untuk menghapus cache di android sampai bersih. Dijamin simple banget!

Cara Jitu Menghapus Cache di Android Sampai Bersih

1. Menghapus Cache Langsung dari Pengaturan Smartphone

Cara Ini adalah cara yang sangat umum. anda bisa menghapus cache dari suatu aplikasi tanpa repot-repot download aplikasi tambahan.

Bagaimana caranya?

Caranya adalah, pertama anda masuk ke menu pengaturan -> pilih atau cari menu aplikasi -> pilih aplikasi mana saja yang ingin anda hapus cache-nya

Coba perhatikan ada keterangan mengenai ukuran cache yang disimpan oleh aplikasi tersebut. Pilih hapus cache atau clear cache. Nah, beres, deh! anda bisa melakukan semua langkah di atas pada aplikasi lainnya yang ingin dihapus cache-nya juga.

Tidak ingin ribet menghapus cache satu persatu dari masing-masing aplikasi? Atau anda bingung sebenarnya ukuran cache yang paling besar ada di aplikasi apa sehingga smartphone anda terasa mulal lemot? Ikuti langkah-langkah ini

1. Bukalah menu pengaturan -> cari menu penyimpanan atau storage -> anda akan disuguhkan dengan beragam informasi yang terdapat pada penyimpanan smartphone anda termasuk cache yang telah digunakan.

2. Klik “cache data” hingga muncul notifikasi untuk menghapus cache dari seluruh aplikasi -> pilih Ok. Dan secara otomatis cache pada semua aplikasi yang terpasang di smartphone akan terhapus.

Namun, yang perlu diingat adalah, cara ini hanya dapat digunakan jika smartphone anda sudah mempunyai OS Jelly Bean ke atas.

2. Menggunakan aplikasi App Cache Cleaner.

Sebenarnya banyak sekali aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang bisa anda gunakan untuk cara menghapus cache sampai bersih di Android

Salah satu aplikasi terbaik untuk cara menghapus cache di android. adalah App Cache Cleaner. App Cache Cleaner menawarkan kemudahan bahwa anda bisa menghapus cache dari seluruh aplikasi dengan satu kali klik saja. Atau anda juga bisa menghapusnya satu persatu secara manual.

Tidak hanya itu ada juga fitur pengingat. Ketika cache dari suatu aplikasi sudah membengkak terlalu besar alias penuh, atau ada cache yang sudah terlalu lama disimpan, maka akan muncul sebuah pengingat dimana anda diminta untuk segera menghapusnya.

Masih ada, lagi. Yang tak kalah menarik yaitu aplikasi ini dapat membersihkan cache dengan secepat kilat ketika anda membuka suatu aplikasi, fitur widget untuk melakukan pembersihan, juga menutup aplikasi secara otomatis ketika cache setelah dibersihkan.

Aplikasi ini sangat recommended banget jika anda ingin membersihkan cache sampai bersih dengan lebih simpel lagi.

Dari kedua cara di atas, manakah yang akan anda pilih? Semuanya kembali lagi kepada keputusan anda.

Terima kasih telah membaca informasi yang kami bagikan mengenai cara menghapus cache di android ini. Semoga bermanfaat.

Add Comment