Tips Cerdas Memilih Kebaya Pernikahan yang Ideal

Tips cerdas memilih kebaya pernikahanPernikahan merupakan serangkaian peristiwa penting yang akan anda alami suatu saat nanti. Menjelang hari pernikahan, calon pengantin beserta keluarga akan menyiapkan berbagai hal untuk melangsungkan pesta pernikahan. Tentunya, semua calon pengantin membutuhkan pakaian yang wajib digunakan ketika pesta pernikahan. Pakaian yang wajib digunakan saat hari pernikahan tak lain adalah kebaya.

tips-cerdas-memilih-kebaya-pernikahan

Lantas, bagaimana tips memilih kebaya pernikahan yang tepat agar bisa terlihat cantik dan ganteng? Nah berikut kami bagikan beberapa tipsnya.

Tips Memilih Kebaya Pernikahan yang Tepat

 1.Sesuaikan dengan Bentuk Tubuh Anda

 Pemakaian kebaya juga mempengaruhi tingkat kenyamanan calon pengantin. Apabila kebaya yang digunakan kebesaran atau terlalu ketat, maka akan mengakibatkan pengantin merasa tidak nyaman. Berikut ini merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam memilih kebaya sesuai dengan bentuk tubuh :

  • Bentuk Tubuh Mungil

 Bagi anda yang memiliki tubuh mungil, sebaiknya memilih kebaya yang sedikit terbuka pada bagian pundak. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan langsing dan tinggi. Selain itu, anda juga harus menghindari jenis kebaya yang berdetail leher penuh dan memiliki kerah tinggi serta kebaya panjang yang melebihi pinggul.

  • Perut Besar

 Kebaya yang polos tanpa ada hiasan pada bagian sekitar pinggul akan memberi kesan langsing pada tubuh anda. Apabila anda menyukai model kebaya empire atau baby doll, maka kebaya ini dapat menyembunyikan kesan gendut pada tubuh anda. Jenis kebaya yang perlu anda hindari adalah kebaya dengan ornamen – ornament yang banyak dan detail bentuk horizontal atau V pada bagian sekitar pinggul.

  • Bahu Lebar

 Apabila anda memiliki bahu yang lebar, sebaiknya anda menghindari jenis kebaya klasik dengan lengan panjang dan pemakaian kamisol yang terlalu ketat. Sebaiknya anda menggunakan kebaya dengan garis leher menutupi bahu dan agak terbuka pada bagian dada.

  • Tubuh Boyish atau Maskulin

 Apabila anda memiliki bentuk tubuh boyish, sebaiknya anda memilih kebaya yang dilengkapi detail pada bagian pinggul, Hal ini bertujuan untuk menampilkan siluet tubuh. Selain itu, anda dianjurkan untuk menambahkan penggunaan bros, pita – pita panjang pada kebaya polos dan juga kamisol sebagai dalaman. Hal yang perlu dihindari adalah kebaya dengan detail yang sangat menonjol pada bagian leher dan pundak, kebaya dengan kerah tinggi dan kebaya yang terlalu longgar.

2. Memilih Warna yang Cocok

Pemilihan warna untuk kebaya juga penting bagi anda ketika mengenakan kebaya. Bagi anda yang berbadan kurus, sebaiknya memilih warna – warna yang cerah agar terlihat berisi. Hal yang perlu anda hindari adalah penggunaan warna gelap pada kebaya, karena akan menimbulkan efek kurus pada tubuh anda.

Apabila anda memiliki kulit sawo matang atau coklat, sebaiknya anda menghindari penggunaan warna gelap pada kebaya. Jika anda mengenakan warna gelap, maka akan menambah kesan jauh lebih gelap pada kulit anda.

3. Sesuaikan dengan Acara Pernikahan

Penggunaan kebaya juga harus memperhatikan jenis acara yang diselenggarakan pada hari pernikahan. Untuk acara malam midodareni dan siraman, sebaiknya anda memakai kebaya berbahan chiffon atau kebaya encim. Sedangkan untuk acara resepsi, anda bisa memilih kebaya pengantin seperti, brokat Jepang, brokat Prancis atau brokat berpayet.

4. Sesuaikan Anggaran Anda

Pemilihan kebaya juga harus sesuai dengan anggaran yang anda miliki, Jika anda tidak memiiliki cukup dana, sebaiknya anda menyewa kebaya pada jasa perias pengantin. Kebaya yang dimiliki jasa perias pengantin tentunya sangat beragam dan memiliki berbagai pilihan warna.

Nah, jika ingin terlihat cantik dan ganteng saat pernikahan nanti, sebaiknya anda dan pasangan menerapkan tips memilih kebaya pernikahan sesuai ulasan diatas.

Add Comment