5 Kerajaan Budha di Indonesia Dengan Sejarah Uniknya Singkat

Kerajaan Budha di Indonesia – Agama Budha merupakan salah satu agama tertua di Indonesia. Masuk pada abad ke-5 Masehi di Indonesia, membuatnya berkembang saat masa kerajaan. Terbukti dengan lahirnya beberapa kerajaan Budha di Indonesia yang mendulang sukses. Bahkan ada salah satu kerajaan yang menjadi pusat peradaban agama Budha. Selain itu masih banyak kerajaan lain dengan kehebatannya seperti di bawah ini.

Kerajaan Budha di Indonesia

1. Kerajaan Kalingga

Pertama adalah kerajaan Kalingga yang dibangun pada tahun 594 masehi dan terletak di Jawa Tengah. Memilki pusat pemerintahan di sekitar Pekalongan dan Jogja, kerajaan ini dikabarkan menjadi kerajaan bercorak Budha pertama di kawasan Pulau Jawa tepatnya di pantai utara. Namun, ada juga yang menyebut bahwa kerajaan Kalingga sebenarnya bercorak Hindu-Budha.

Hal ini dikarenakan masih ada beberapa peninggalannya yang bercorak hHndu seperti arca Wisnu. Kerajaan Kalingga pertama kali dipimpin oleh Prabu Wasumurti, dan yang pemimpin termashyurnya adalah Ratu Shima. Kemunduran dari kerajaan ini dikabarkan karena adanya persaingan dengan kerajaan Sriwijaya yang saat itu ingin menjadi pimpinan dagang di daratan tanah Jawa.

2. Kerajaan Sriwijaya

Selanjutnya ada Kerajaan Sriwijaya yang sering disebut sebagai kerajaan Budha di Indonesia yang pertama kali didirikan. Hal ini disebabkan karena memang sedari awal Sriwijaya tidak lagi memiliki corak Hindu. Didirikan pada sekitar abad ke-6 masehi, kerajaan ini terletak di Palembang, Sumatera Selatan. Kerajaan ini merupakan yang terkuat pada saat itu.

Dengan raja pertamanya yakni Daputa Hyang (Sri Jayanasa), dan mengalami kejayaan saat dipimpin oleh Balaputeradewa. Tapi, hampir semua pemimpin di Sriwijaya ini memberikan perluasan kekuasaan kepada kerajaan. Kehancuran Sriwijaya, dikarenakan serangan dari Kerajaan Chola, sebuah kerajaan yang ada di daratan India Selatan.

3. Kerajaan Mataram Kuno

Nama kerajaan ini pada awalnya adalah Kerajaan Medang, sebuah kerajaan yang menjadi pecahan dari Kerajaan Kalingga. Banyak yang mengatakan bahwa Kerajaan Mataram juga selayaknya Kerajaan Kalingga yang memiliki dua corak yakni Hindu-Budha. Kerajaan ini didirikan pada 752 masehi dan terletak di Jawa Tengah pada awalnya lalu kemudian berpindah ke Jawa Timur. Mataram Kuno lebih dikenal dengan Mataram Hindu.

Raja pertama dari kerajaan ini adalah Raja Sanjaya. Kabarnya di Mataram ini memiliki banyak raja yang baik hati salah satunya adalah Raja Panangkaran. Peninggalan kerajaan ini yang paling terkenal adalah Candi Borobudur yang dibangun pada masa dinasti Syailendra. Dinasti yang sama yang menyebabkan perubahan corak kerajaan yang awalnya Hindu, menjadi Budha.

4. Kerajaan Dharmasraya

Didirikan pada abad 1183 masehi dengan raja pertamanya yakni Srimat Trailokyaraja Maulibhusana Warmadewa. Kerajaan inilah yang berhasil mengambil alih kepemimpinan kerajaan Sriwijaya yang melemah akibat dari serangan Kerajaan Chola. Sesuai dengan namanya, kerajaan ini terletak di Dharmasraya, Sumatera. Sampai sekarang belum terlalu banyak literatur yang membahas tentang kerajaan ini.

Meskipun begitu, kerajaan ini beberapa kali disebut dalam kitab-kitab China. Peninggalannya sangat banyak seperti arca Budha, prasasti grahi, arca bhairawa, arca amoghapasa, prasasti batu sangkar, dan masih banyak lagi. Kehancuran dari kerajaan ini dikarenakan adanya invasi dari Kerajaan Majapahit. Hal ini tertulis dalam kitab Nagarakertagama karya Empu Prapanca.

5. Kerajaan Sri Bangun

Terakhir adalah kerajaan sri bangun yang terletak di daerah Bangun, Kalimantan Timur. Tidak banyak literatur yang menyebutkan tentang Kerajaan ini. Bahkan karena hal tersebut tidak banyak yang tahu pada tahun berapa tepatnya kerajaan ini berdiri. Beberapa hanya menyebutkan bahwa kerajaan ini merupakan kerajaan sebelumnya yakni Martadipura yang memiliki corak agama Hindu.

Meskipun begitu dilihat dari peninggalannya kerajaan ini memiliki corak Budha, seperti arca Budha pengembara. Kabarnya kerajaan ini dibangun oleh masyarakat sekitar. Raja yang tercatat pernah memimpin di kerajaan ini adalah Raja Qeva. Untuk kehancuran dari kerajaan ini belum ada yang tahu. Bahkan sampai sekarang kerajaan ini masih menjadi misteri.

Bagaimana kerajaan Budha di Indonesia yang disebutkan di atas? Ternyata sangat hebat dan termashyur. Bahkan ada yang menjadi pemimpin perdagangan yakni Sriwijaya. Selain itu umur dari kerajaan ini sangat panjang, membuktikan bahwa kerajaan-kerajaan tersebut memang sukses. Ternyata mempelajari sejarah seperti kerajaan dengan corak Budha seperti ini sangat menyenangkan, karena memang kehebatan yang dimilikinya.

Add Comment