Beberapa Sejarah Dari Kerajaan Budha Pertama Di Indonesia

Kerajaan Budha Pertama Di Indonesia – Indonesia memang memiliki sejarah dari kerajaan yang dulu ada, cukuplah banyak, mulai dari kerajaan Islam yang berkuasa pada abad ke-16. Hingga kerajaan Budha yang berkembang pada abad ke-4 hingga ke- 16. Tentu saja hal itu membuat banyak pertanyaan apa saja kerajaan Budha pertama di Indonesia saat itu. Berikut ini sejarah dari berbagai kerajaan Budha yang ada di Indonesia:

Kerajaan Budha Pertama

1. Kerajaan Kalingga

Sejarah dari kerajaan Budha pertama di Indonesia yang pertama akan dibahas adalah kerajaan Kalingga. Kerajaan yang berdiri pada tahun 594 Masehi ini terletak di Jawa Tengah. Kalingga merupakan kerajaan Buha pertama yang ada di Pantai Utara Jawa ini. Di mana kerajaan ini memerintah di Pekalongan serta Jepara. Lalu beberapa tahun kemudian pindah ke Magelang serta Yogyakarta.

Kerajaan yang pernah terpecah belah menjadi dua kerajaan yaitu Medang dan Keling ini akhirnya runtuh pada tahun 782 Masehi. Peninggalan dari kerajaan Kalingga cukuplah banyak. Mulai dari prasasti Tuk Mas, Rahtawun, Sojomerto, ada juga Candi Bubrah dan Angin. Serta ada juga beberapa Arca yaitu Batara Guru, Wisnu, Togog serta Narada.

2. Kerajaan Sriwijaya

Beralih pada kerajaan Budha pertama di Indonesia khususnya terletak di Palembang adalah kerajaan Sriwijaya. Berdiri pada abad ke- 7 M atau sekitar tahun 600-am Masehi. Kerajaan Sriwijaya sangatlah berjaya dan bahkan sempat menguasai Nusantara. Daerah kekuasaan Sriwijaya membentang luas mulai dari Thailand Selatan, Kamboja, Sumatra, Jawa Tengah, Jawa Barat serta Semenanjung Malaka. Di mana kerajaan ini memanfaatkan perairan laut sebagai sarana untuk perdagangan maritim kerajaannya.

Pada sekitar tahun 1100-an Masehi kerajaan Sriwijaya mulai runtuh karena diakibatkan oleh beberapa peperangan. Lalu pada tahun 1183 akhirnya kerajaan ini mampu dikuasai oleh Dharmasraya. Untuk peninggalan kerajaan Sriwijaya mulai dari berbagai Candi yaitu Muara Takus, Jambi, Kota Kapur, Biora Bahal.

3. Kerajaan Mataram Kuno

Selanjutnya yang merupakan kerajaan Budha pertama di Indonesia pada daerah Jawa Timur adalah kerajaan Mataram Kuno. Didirikan pada tahun 752 masehi yang semulanya terletak di Jawa Tengah. Kerajaan yang terkenal dengan nama kerajaan Medang ini terletak saat awal di Jogjakarta namun pindah ke Jombang dan Madiun pada abad ke-10. Awal mulanya kerajaan ini menganut agama Hindu Syiwa lalu saat berganti raja menjadi Sailendrawangsa akhirnya agama resmi diganti Budha dengan aliran Mahayana. Hal itu membuat kerajaan ini juga dikenal dengan nama Mataram Budha.

Untuk peninggalan kerajaan ini cukuplah terkenal hingga saat ini, Yaitu beberapa Candi populer, seperti Prambanan, Sewu, Kalasan, Borobudur, serta Mendut. Selain nama candi terkenal di atas ada juga Candi  Kedulan, Sari, Ijo, Sajiwan dan masih banyak candi lainnya. Selain candi ada juga beberapa prasasti seperti Lor, Kalkuta, Tangeran, Bangil serta artefak emas.

4. Kerajaan Dharmasraya

Ada juga kerajaan yang berada di Sumatra dan berdiri pada tahun `1183 Masehi yang terkenal dengan nama Dharmasraya. Lokasi tepatnya kerajaan ini ada pada hulu dari sebuah sungai bernama Batanghari. Sekitar tahun 1347 Masehi raja Adityawarman meruntuhkan kerajaan Dharmasraya dan menggantinya menjadi Malayapura. Peninggalan dari kerajaan Dharmasaraya cukuplah banyak di mana ada beberapa prasasti. Mulai dari prasasti Battusangkar, Grahi, Kuburajo, Padang Roco serta beberapa Arca. Mulai dari Arca Budha, Bhairawa, serta Amoghapasa.

5. Kerajaan Sri Bangun

Berikutnya kerajaan yang ada di Kalimantan Timur yaitu kerajaan Sri Bangun yang tepatnya ada di Kota Bangun. Wilayah ini tidak jauh dari Tenggarong yang merupakan ibukota dari Kutai Kartanegara. Di mana Sri Bangun merupakan kerajaan yang menjadi penerus dari kerajaan Matadipura. Perbedaannya kerajaan Matadipura menganut Hindu, sedangkan Sri Bangun menganut Budha. Untuk peninggalan yang dimiliki kerajaan ini mulai dari Arca Budha pengembara. Lalu ada juga situs Sri Bangun serta Patung Singa Noleh dan Lembu Nandi.

6. Kerajaan Singasari

Terakhir yang merupakan kerajaan Budha pertama di Indonesia adalah kerajaan yang terletak di Jawa Timur. Kerajaan yang didirikan oleh Ken Arok ini berdiri pada tahun 1222 yang lokasi tepatnya di Malang. Singasari terlalu sibuk untuk mengadakan perang ke daerah luar Jawa akhirnya membuat kerajaan ini runtuh dari dalam. Di mana raja saat itu yaitu Kertanagara mati karena dibunuh oleh Jayakatwang sepupunya sendiri pada tahun 1292.

Itulah beberapa sejarah dari kerajaan Budha pertama di Indonesia yang cukup menarik untuk dibahas. Kerajaan di atas tentu saja merupakan bukti dari panjangnya sejarah yang ada di Indonesia ini.

Kerajaan Budha Pertama Di Indonesia, Kerajaan Budha Pertama Di Indonesia, Kerajaan Budha Pertama Di Indonesia.

Add Comment