6 Fakta Menarik Tentang Majapahit Yang Menjadi Kerajaan Terbesar Di Nusantara

Sudah menjadi rahasia umum hal mengenai sejarah kerajaan terbesar di Nusantara pada zaman dulu. Dimana pada abad ke-4 agama Budha dan Hindu mulai masuk ke Indonesia dan berkembang pesat sampai abad ke-15. Setelah kerajaan yang dibangun oleh penganut agama Hindu dan juga Budha selesai, kemudian muncul kerajaan Islam.

Munculnya kerajaan Islam ini bersamaan pada saat Belanda datang ke Indonesia. Pada saat itu, Indonesia memiliki kerajaan terbesar yang sangat kuat yaitu kerajaan Majapahit. Kerajaan ini memiliki pengaruh yang sangat besar dan menjadi salah satu kerajaan  yang terbesar di Asia. Banyak fakta menarik dari kerajaan Majapahit yang perlu diketahui, agar sejarah tak dilupakan begitu saja. Berikut fakta-fakta menariknya.

Kerajaan Terbesar Di Nusantara

1. Kerajaan Terbesar di Asia

Kerajaan Majapahit ini sudah berdiri sejak akhir abad ke-13 yaitu pada tahun 1293. Pendiri sekaligus raja dari kerajaan terbesar di nusantara ini adalah Raden Wijaya. Dia memerintah di kerajaan Majapahit selama 16 tahun dan mendapat gelar, Sri Kertajasa Jayawardhana.

Dibawah pimpinan Raden Wijaya, Majapahit terus berkembang menjadi kerajaan yang benar-benar besar. Bahkan kerajaan ini menjadi sebuah kerajaan terbesar di Asia Tenggara bersamaan dengan kekaisaran di China. Menjadi sebuah kerajaan terbesar membuat kerajaan Majapahit semakin kuat dan ditakuti pada masa itu. 

2. Wilayah Kekuasaannya Sangat Luas

Tak heran jika kerajaan Majapahit memiliki wilayah kekuasaan yang sangat luas karena kerajaan ini merupakan kerajaan terbesar di nusantara. Tak hanya ada di Pulau Jawa, wilayah kekuasaannya telah menyebar ke seluruh penjuru negara Indonesia. Bahkan kerajaan Malaka atau Malaysia juga kesultanan Champa di Vietnam merupakan bagian dari wilayah kekuasaan Majapahit.

Hampir seluruh wilayah yang ada di Asia Tenggara merupakan wilayah kekuasaan dari kerajaan Majapahit. Meski termasuk kerajaan terbesar di Asia juga, tapi kekaisaran China sangat hormat pada kerajaan Majapahit. Hal ini dikarenakan wilayah kekuasaannya yang sangat luas serta kerajaannya sangat besar dan hebat.

3. Hubungan Kuat Dengan Kerajaan-Kerajaan Tetangga

Termasuk kerajaan terbesar di nusantara bahkan Asia membuat kerajaan Majapahit memiliki jaringan yang kuat dengan negara-negara tetangga. Tidak hanya dengan Malaysia, China dan Vietnam tapi memiliki hubungan dengan negara Thailand, Kamboja dan juga Birma di bagian selatan. Selain itu kerajaan Majapahit juga mengirimkan beberapa dutanya ke Tiongkok agar relasi mereka semakin luas. 

4. Kerajaan Maritim Terkuat

Luasnya wilayah kerajaan Majapahit membuat banyak pulau yang ada di Indonesia menjadi bersatu. Hal ini membuat Majapahit menjadi sebuah kerajaan maritim yang sangat kuat. Tak heran jika kerajaan Majapahit pada masa itu merupakan kerajaan maritim terkuat.

Saking kuatnya kerajaan Majapahit, kerajaan-kerajaan dari negara tetangga segan bahkan takut pada kekuatan militer Majapahit. Apalagi dulu panglima terkuatnya adalah patih Gajah Mada sehingga kekuatan kerajaan ini semakin diakui. Selain itu kerajaan ini juga memiliki banyak kapal-kapal besar yang menjaga kemaritiman agar nusantara tetap aman. 

5. Pusat Perdagangan Antar Kerajaan

Memiliki militer yang kuat serta banyaknya kapal besar membuat kerajaan Majapahit menjadi pusat perdagangan antar kerajaan. Banyak sekali saudagar-saudagar yang datang dari China juga India yang melewati wilayah kekuasaan Majapahit untuk melakukan perdagangan. Hal ini dikarenakan rakyatnya sangat makmur dan memiliki hasil pertanian yang sangat baik.

Jadi hal itu menarik saudagar-saudagar yang datang untuk melakukan perdagangan. Kerajaan Majapahit juga melakukan ekspor berbagai hasil bumi dari tanah Jawa kepada saudagar China dan juga India. Tak hanya melakukan ekspor barang, kerajaan ini juga melakukan impor berbagai jenis barang seperti emas, perak juga porselin.

6. Sudah Menggunakan Uang Logam

Pemerintahan yang semakin maju dan perekonomian yang kian membaik membuat kerajaan ini membutuhkan alat transaksi tanpa melakukan barter. Menjadi kerajaan terbesar di nusantara dan juga Asia membuat kerajaan Majapahit mencetak uang sendiri dari logam yang dicampur dengan tembaga juga perak.

Uang ini digunakan untuk melakukan transaksi perdagangan serta perekonomian masyarakat. Hal tersebut membuat para rakyat menjadi lebih mudah dalam melakukan transaksi tanpa melakukan barter seperti biasanya. 

Itulah beberapa fakta menarik mengenai kerajaan Majapahit yang menjadi kerajaan terbesar di nusantara. Meskipun sudah berlalu sejak berabad-abad tahun lalu kerajaan ini tetap dikenal oleh banyak orang. Sejarahnya tak boleh dilupakan begitu saja karena kerajaan ini memiliki pengaruh besar bagi negara Indonesia.

Add Comment