Tentang Macam Macam Jaringan Internet Yang Bisa Diketahui

Macam Macam Jaringan Internet – Tahukah jika Indonesia ternyata masuk dalam urutan kelima negara dengan pengguna internet terbanyak? Oleh sebab itu, kebutuhan jaringan internet juga makin meningkat sehingga jasa layanan internet terus melakukan perluasan area jangkauan. Jaringan internet faktanya ada banyak macamnya. Jika ingin tahu macam macam jaringan internet, simak uraian selengkapnya berikut ini

Macam Macam Jaringan Internet:

1. PAN (Personal Area Network)

PAN merupakan salah satu dari macam macam jaringan internet. Area lingkup jaringan PAN terbilang sangat kecil. Hanya mencakup wilayah perseorangan serta mempunyai batas jangkauan jaringan yang cukup pendek. Maklum saja, batas jangkauan PAN hanya sekitar 10 meter saja.

Cara mengkoneksikan jaringan PAN ini cukup mudah. Cukup dengan menyambungkan melalui bluetooth saja. Kegunaan jaringan ini adalah seperti mengupload foto atau video ke desktop. Bisa juga untuk mengirim dokumen dan lain-lain.

2. HAN (Home Area Network)

HAN bisa dikatakan merupakan salah satu dari macam macam jaringan internet yang hanya mencakup satu buah rumah saja. Salah satu pengaplikasian jaringan HAN yaitu saat pemasangan TV langganan yang dilengkapi dengan internet. Pada umumnya, jaringan seperti itu dihubungkan melalui router. Penempatan router itu sendiri diletakkan di dalam rumah.

3. LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN juga tergolong punya cakupan jaringan yang kecil. Masih lebih besar dari jaringan HAN, namun hanya mampu menjangkau tidak lebih dari 1 kilometer persegi. Contoh penggunaan jaringan ini biasanya ada pada warung internet, sekolah, tempat bimbingan belajar, atau rumah.

Untuk pengaplikasian jaringan ini digunakan kabel Ethernet dengan teknologi IEEE 802.3. Selain menggunakan teknologi tersebut, LAN juga memakai teknologi 802.11b atau yang lebih dikenal dengan sebutan Wi-Fi.

4. MAN (Metropolitan Area Network)

Jaringan MAN ini bisa dikatakan punya cakupan jaringan lebih besar dari LAN. MAN bisa menjangkau area 10 hingga 50 km. Sehingga jaringan ini bisa menghubungkan komputer yang posisinya berlainan kota, dalam radius kurang dari 50 km.

Untuk mendukung operasionalnya, jaringan ini didukung dengan kabel dengan kekuatan transfer data tinggi. Pengaplikasian jaringan MAN yaitu seperti di beberapa kantor departemen tingkat kota. Menghubungkan informasi dari satu kota ke kota lain.

5. WAN (Wide Area Network)

Kalau jaringan WAN ini punya daya jangkau yang luas. Bahkan sanggup menjangkau seluruh wilayah di seluruh negara. Jika diperhatikan jaringan WAN sebetulnya punya kemiripan dengan jaringan MAN. Keduanya sama-sama berasal dari gabungan beberapa LAN.

Bedanya adalah jumlah jaringan LAN yang mampu dihubungkan dengan jaringan WAN lebih banyak. Ketimbang LAN yang mampu dihubungkan oleh MAN yang jumlahnya cenderung lebih sedikit. Pengaplikasian WAN ini lebih sering dipakai untuk kepentingan bisnis.

6. Wired Network (Jaringan Yang Menggunakan Kabel)

Ada lagi yang termasuk salah satu dari macam macam jaringan internet adalah Wired Network. Merupakan suatu jaringan yang menggunakan media kabel. Kabel tersebut fungsinya sebagai transmisi atau pengirim data.

Kabel transmisi tersebut juga ada beberapa jenisnya. Paling banyak dipakai adalah kabel UTP serta kabel Fiber Optic.

7. Wireless Network (Jaringan Tanpa Kabel)

Berbeda dengan wired network yang menggunakan kabel sebagai media pengirim data. Pada wireless network malah tidak menggunakan kabel sama sekali. Namun jaringan ini memanfaatkan gelombang elektromagnetik. Gunanya sebagai pengirim sinyal sekaligus data pada suatu komputer.

Untuk itu pengguna jaringan ini butuh alat yang namanya wireless adapter. Alat ini berfungsi sebagai pengirim dan penerima data yang dikirimkan oleh komputer lain.

8. Jaringan Server Client

Ada lagi jaringan server client. Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer server serta komputer client. Untuk komputer server bertugas untuk menyediakan informasi atau data. Sedangkan komputer client tugasnya adalah menampilkan data yang didapatkan dari komputer server.

9. Jaringan Peer to Peer

Terakhir ada jaringan peer to peer. Meskipun punya kemiripan dengan jaringan server client karena sama-sama memiliki komputer server dan komputer client, namun tetap punya perbedaan besar. Jika pada jaringan server client fungsi dari komputer server dan komputer client tidak bisa diubah-ubah.

Berbeda dengan jaringan Peer to peer ini, baik komputer server atau komputer client tugasnya bisa diubah-ubah. Tugas komputer client bisa dilakukan komputer server. Begitu pun sebaliknya.

Itu tadi apa saja macam macam jaringan internet. Tidak ada salahnya sebagai pengguna internet, kenali sedikit tentang macam-macam jaringan. Setidaknya pengetahuan bisa makin bertambah. Selain itu bisa memperoleh informasi sehingga tidak kalah dengan pengguna internet lain.

Macam Macam Jaringan Internet, Macam Macam Jaringan Internet, Macam Macam Jaringan Internet.

Add Comment