Manfaat Teknologi Tepat Guna Dan Beberapa Keuntungannya

Manfaat Teknologi Tepat Guna – Menurut Impres No. 3 Tahun 2001, Teknologi tepat guna adalah teknoogi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara muda, serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan hidup.

Pada intinya, teknologi tepat guna adalah teknologi yang tepat sasaran dan berguna bagi masyarakat. Yang dimaksud dengan tepat sasaran adalah teknologi tersebut telah sesuai untuk menjawab permasalahan yang ada di masyarakat. Sedangkat yang dimaksud dengan berguna adalah teknologi tersebut dapat dimanfaatkan dan mampu memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat.

Produk – produk yang termasuk dalam kategori ‘teknologi tepat guna’, tidak hanya sekedar teknologi baru yang tidak bermanfaat. Teknologi baru ini khusus diciptakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan teknologi namun dengan lebih mudah dan efsien.

Munculnya teknologi tepat guna diperlkan ketika teknologi sebelumnya yang sudah ada dirasa kurang mampu mengatasi masalah yang terjadi di masyarakat. Apalagi jika teknologi sebelumnya justru muncul dengan membawa persoalan baru di masyarakat. Misalnya muculnya mesin baru yang memudahkan pekerjaan masyarakat namun memiliki daya listrik yang sangat besar hingga masyarakat tidak mampu membiaainya.

Teknologi Tepat Guna merupakan suatu teknologi yang dirancang untuk masyarakat dalam lingkup tertentu supaya mampu menyesuaikan dengan nilai nilai yang diyakini oleh masyarakat tersebut. Nilai nilai tersebut antara lain nilai agama, lingkungan, budaya, sosial, adat, ekonomi dan masih banyak lagi.

Teknologi tepat guna yang diciptakan dan akan diaplikasikan harus memiliki kelebihan dibandingkan teknologi yang sudah ada terutama dalam hal penghematan sumber daya dan memiliki dampak polusi yang tidak besar. Teknologi Tepat Guna di Pedesaan , Intinya dari beberapa sisi tegnologi tepat guna harus memberikan manfaat atau keuntungan lebih, dibanding tegnologi yang sudah ada.

Syarat-syarat Teknologi Tepat Guna:

Suatu alat dapat dikatakan sebagai teknologi tepat guna jika memiliki 4 kriteria yang bisa dijadikan acuan. Apa saja itu?

  1. Teknologi yang diciptakan harus dibuat dan diciptakan dengan sumber daya yang sudah ada di lingkungan tersebut
  2. Teknologi yang dibuat sesuai, cocok dan dapat diterima oleh masyarakat sesuai nilai nilai yang berlaku
  3. Teknologi yang dibuat mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat di lingkungan tersebut
  4. Masyarakat bisa mempelajari, mengoperasikan dan memelihara alat teknologi tepat guna tersebut.

Manfaat Teknologi Tepat Guna

Untuk memudahkan anda memahami tentang teknologi tepat guna, berikut kami sajikan di channel youtube kami video contoh alat teknologi tepat guna sederhana jangan lupa kunjungi youtube channel kami dengan meng-klik link ini.

Dukung youtube channel kami agar terus berkembang dan menyajikan konten tentang teknologi tepat guna lainnya dengan meng-klik tombol SUBSCRIBE dan semoga dengan adanya konten-konten teknologi tepat guna (TTG) yang kami sajikan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat akan pentingnya TTG untuk meningkatkan produktifitas dan memajukan perekonomian masyarakat, ENJOOOYY!!..

1. Pompa Hydraulic Ram

Pompa Hydraulic Ram merupakan salah satu teknologi tepat guna yang saat ini banyak dikembangkan di pedesaan dengan memanfatkan air. Teknologi pompa ini bisa ditemui di beberapa kawasan pegunungan atau pedesaan yang memiliki tekstur tanah berbukit. Contohnya daerah Puncak, Jawa Barat.

contoh-teknologi-tepat-guna-di-pedesaan-6
Manfaat Teknologi Tepat Guna

Pompa ini bekerja sebagai transformator air hidrolik, di mana ketika air masuk ke bagian dalam pompa yang memiliki bagian ‘Hydraulic Head’ dan jumlah debit tertentu, maka air yang dihasilkan akan lebih tinggi dengan debit yang cenderung lebih kecil.

Teknologi ini juga merupakan teknologi yang cukup ramah lingkungan karena tidak menggunakan minyak ataupun gas sebagai bahan bakarnya.

2. Traktor

contoh-teknologi-tepat-guna-di-pedesaan-6
Manfaat Teknologi Tepat Guna

Contoh teknologi Tepat Guna lainnya adalah traktor. Teknologi ini sangat tepat jika digunakan dan dikembangkan di daerah pedesaan, khususnya didaerah yang mayoritas masyarakatnya mengandalkan hasil bertani atau berkebun.

Dengan memanfaatkan teknologi traktor, para petani tidak perlu lagi menggunakan tenaga hewan ternak seperti kerbau untuk membajak sawah, atau tenaga petani itu sendiri untuk mencangkul. Jadi selain lebih efektif dan efisien, tentu saja penggunaan traktor ini juga menguntungkan.

3. Mesin Penebar Pupuk

contoh-teknologi-tepat-guna-di-pedesaan-6
Manfaat Teknologi Tepat Guna

Masyarakat di pedesaan sudah semakin sadar akan manfaat teknologi. Namun sayangnya belum semua warga pedesaan di Indonesia memiliki kesadaran yang sama.

Terbukti dengan ditemukannya salah satu Teknologi Tepat Guna yang sudah banyak dimanfaatkan ini, yaitu mesin penebar pupuk. Mesin ini akan memudahkan petani untuk menabur pupuk  dengan lebih cepat dan merata.

4. Pompa Air Menggunakan Tenaga Sepeda

Pompa air yang memanfaatkan tenaga sepeda pompa ini merupakan penemuan dari seorang insinyur  Inggris bernama John Leary. Pada awalnya, teknologi pompa air ini digunakan untuk irigasi serta distribusi air di daerah Guatemala.

Berbeda dengan pompa air yang kebanyakan menggunakan mesin diesel atau tenaga listrik, teknologi yang satu ini hanya memanfaatkan tenaga manusia.

contoh-teknologi-tepat-guna-di-pedesaan-6
Manfaat Teknologi Tepat Guna

Cara kerjanya sangat sederhana, cukup dengna menyambungkan antara ban belakang sepeda dan perangkat pompa elektrik, kemudian sepeda tersebut di kayuh. Apabilah dikayuh dengan kecepatan optimal, debit air yang dihasilkan bisa mencapai 40 liter/menit.

Nah diatas tadi adalah beberapa contoh inovasi teknologi tepat guna yang bisa anda buat. Alat – alat tersebut tentunya mudah dibuat dan ramah lingkungan. Semoga informasi diatas bisa menginspirasi.

Manfaat Teknologi Tepat Guna, Manfaat Teknologi Tepat Guna, Manfaat Teknologi Tepat Guna.

Add Comment