10 Mega Proyek Indonesia yang Mendapat Sorotan dari Masyarakat

Mega Proyek Indonesia – Indonesia yang notabene adalah negara berkembang memang sedang menggiatkan beberapa pembangunan untuk menunjang kehidupan masyarakatnya. Beberapa pembangunan ini ada yang memakan biaya yang tidak sedikit, serta memerlukan persiapan yang lumayan banyak. Karenanya tidak heran jika beberapa pembangunan tersebut disebut sebagai mega proyek Indonesia seperti yang ada di bawah ini.

1. The Signature Tower

Mega Proyek Indonesia

Nomor satu dan merupakan mega proyek yang paling banyak menyita perhatian masyarakat ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2020. Sebuah gedung perkantoran yang memiliki tinggi 683meter dan memiliki 111 lantai ini terletak di kawasan paling strategis yakni SCBD. Pemilik sekaligus penggagas dari gedung yang diklaim sebagai gedung tertinggi ke5 di dunia ini bernama Tomi Winata.

2. MRT Jakarta

Mega proyek Indonesia yang satu ini masih menjadi kebanggaan dan favorit warga Jakarta. Ya, kendaraan umum yang satu ini berhasil membuat masyarakat Indonesia bangga karena akhirnya memiliki transportasi layaknya di negara maju. Pembangunan dari MRT sendiri juga sangat menyita perhatian, karena pekerjaannya terhitung cepat.

3. Kereta Cepat

Bila di Jepang ada shinkanshen, maka Indonesia juga tidak mau kalah. Dengan menggagas dua trayek langsung yakni, Jakarta – Surabaya serta Jakarta – Bandung Indonesia siap mempunyai kereta cepatnya sendiri. Dalam pembangunan proyek ini Indonesia bekerja sama dengan China untuk trayek Bandung, dan Jepang untuk yang Surabaya.

4. Jembatan Selat Sunda Adalah Salah Satu Mega Proyek Indonesia

Bila sekarang menyebrangi selat sunda harus menggunakan kapal, maka setelah proyek ini rampung perjalanannya bisa ditempuh melewati darat. Bekerja sama dengan Asian Highway Network, jembatan ini rencananya akan memiliki panjang 29kilometer dan lebar 60meter. Hebatnya lagi jembatan ini menyediakan jalur untuk mobil, pejalan kaki, bahkan kereta.

5. Tol Layang Jakarta Cikampek

Untuk proyek jalan tol yang satu ini pengerjaannya bisa dikatakan rampung atau sudah selesai. Diresmikan pada 12 Desember 2019 lalu, pembangunan tol ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan pada tol Jakarta – Cikampek yang sebelumnya . Meskipun bersifat mega proyek, tapi pengerjaannya terhitung cepat dan lumayan efektif.

6. Jalan Raya di Papua

Bagi masyarakat yang tinggal di Jawa dan Sekitarnya, jalan raya bukanlah hal yang penting. Hal ini berbeda dengan masyarakat Papua yang kesulitan karena akses jalan yang terbatas. Karenanya pada tahun 2017 sampai 2018 kemarin proyek pembangunan jalan di Papua ini dikebut dan sudah rampung. Sehingga masyarakat Papua sudah bisa menikmati akses jalan yang baik.

7. Giant Sea Wall

Jakarta digadang-gadang akan menjadi atlantis kedua loh, karena memang struktur tanahnya yang terus tergerus dan mengalami penurunan. Melihat hal tersebut pemerintah pun mencari solusi untuk pencegahan, dan lahirlah ide giant sea wall ini. Giant sea wall ini merupakan sebuah tanggul dengan panjang mencapai 32km dan diberi nama tanggul garuda.

8. Tol Lampung – Palembang

Pembangunan dari jalan tol yang satu ini dinilai sangat tepat karena berhasil memangkas waktu perjalanan. Waktu perjalanan yang dibutuhkan dari Lampung menuju Palembang yang semual membutuhkan waktu 10 jam hanya menjadi 3 jam saja. Meskipun masih ada beberapa yang perlu diperhalus, tapi keseluruhan sudah baik. Jalan tol yang satu ini sudah resmi dioperasikan sejak November 2019 lalu, dan sudah bisa digunakan dengan lancar.

9. Kulonprogo Airport

Tidak bisa dipungkiri bahwa Yogyakarta juga menjadi salah satu kota di Indonesia yang berhasil menarik perhatian wisata asing. Melihat hal tersebut Pt. Angkasa Pura berencana untuk membangun sebuah bandara internasional baru di Kota tersebut. Nama bandara tersebut adalah Kulonprogo yang berfungsi untuk mengurangi beban bandara sebelumnya yakni Adisucipto.

10. Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan

Terakhir adalah mega proyek Indonesia yang paling banyak mendapatkan atensi dari seluruh masyarakat bahkan sampai dunia. Rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan ini berhasil membuat publik kaget. Perencanaan pemindahan sendiri sudah mulai dicicil dan kabarnya akan diselesaikan pada tahun 2025. Jadi pada tahun itu siap-siap punya ibu kota baru.

Bagaimana mega proyek Indonesia? Keren-keren semua bukan, bahkan tidak kalah dengan proyek negara asing. Hebatnya lagi beberapa dari mega proyek di atas ada yang sudah jadi, dan bisa langsung dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Jadi, sepertinya cita-cita menjadi negara maju perlahan-lahan akan terwujud.

No Responses

Add Comment