Tips Memilih Pengacara yang Tepat Agar Bisa Membantu Menyelesaikan Kasus Secara Maksimal

Ad

pengacara

Ketika anda sudah berurusan dengan dunia hukum, tentu saja anda membutuhkan seorang pengacara yang handal untuk menangani kemelut kasus yang sedang anda hadapi.

Pengacara di Indonesia sendiri sangatlah banyak, namun memilih pengacara yang bagus dan tepat, tidak semudah yang dibayangkan. Lantas, bagaimana tips memilih pengacara yang tepat supaya mendapatkan yang bagus dan bisa membantu kasus yang sedang dihadapi? Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Tips Jitu Memilih Pengacara yang Tepat

1. Mencari Rekomendasi dari Kerabat

Selain mencari informasi dari internet mengenai sepak terjang pengacara yang cocok untuk menangani problematika anda, anda pun bisa mencari rekomendasi melalui kerabat anda yang mungkin sudah pernah menggunakan jasa pengacara sebelumnya.

Percayalah bahwa kerabat anda pasti tidak mungkin akan memberikan rekomendasi yang asal-asalan kepada anda. Walaupun demikian, keputusan akhir tetap ada di tangan diri anda sendiri.

Cari tahulah bagaimana proses penyelesaian perkara yang pernah menimpa kerabat anda tersebut, dan bagaimana action dari pengacara yang digunakannya.

Cari tahu se-detail mungkin, apakah selama menangani perkara itu pengacara selalu bertindak jujur dan peduli pada kerabat anda, atau malah menghalalkan berbagai cara supaya kasus yang ditanganinya bisa dimenangkan dengan cara apapun, dan justru malah membawa perkara tersebut pada tahap tingkat lanjut yang jauh lebih rumit dan lebih memberatkan kerabat anda.

2. Mencari Tahu Latar Belakang

Selain tips di atas, masih ada lagi yang perlu anda cari tahu, yaitu mengenai latar belakang pengacara yang akan anda gunakan, seperti bagaimana pendidikannya, bagaimana dia mengelola praktik dari teori yang sebelumnya pernah dijelaskan selama di bangku kuliah, serta bagaimana pengalaman kerjanya dalam menyelesaikan kasus-kasus yang dia ditangani.

Strateginya adalah, anda bisa menilai seorang pengacara dari cara dia dalam mengelola bisnisnya sendiri. Apabila dalam pengelolaanya dilakukan dengan benar, maka kesimpulan yang dapat kita buat adalah bahwa pengacara tersebut kemungkinan dapat diandalkan juga untuk mengelola kasus anda sampai tuntas.

3. Cari yang Sesuai Ahlinya.

Jika anda berpikir bahwa semua pengacara jago dalam menyelesaikan semua jenis kasus, berarti pemikiran anda itu salah. Anda tidak bisa menyamaratakan keahlian semua pengacara dengan sesederhana itu.

Sama halnya seperti profesi dokter yang terbagi lagi dalam spesialis-spesialis tertentu, pengacara pun juga demikian, misal ada pengacara yang memang sangat expert dibidang hukum perdata, ada pula yang expert-nya dibidang hukum pidana.

Dengan demikian, saran dari kami, pilihlah pengacara yang  sesuai dengan problematika yang sedang anda hadapi. Misal, anda sedang ingin menyelesaikan perkara mengenai perceraian dan pembagian harta gono-gini, maka pilihlah pengacara yang memang sudah mempunyai jam terbang tinggi dalam bidang tersebut.

4. Mencari Tahu Tarif Lokal Pengacara

Sebelum anda melangkah pada tahap yang lebih jauh, anda juga harus mencari tahu, berapa tarif dari pengacara yang akan anda gunakan, entah itu mencari informasinya dari dunia maya, atau pun dari pengalaman orang-orang yang pernah memakai jasa pengacara tersebut.

Saran dari kami, sebaiknya anda jangan sampai terkecoh dengan pertanyaan dari pengacara yang mengarah pada anggaran yang anda miliki. Pastikanlah bahwa pengacara mencantumkan tarif yang dia tawarkan secara tertulis  lengkap dengan materai dan detail tagihannya, jadi bukan hanya secara lisan saja, dan dari sanalah anda pun juga bisa menilai attitude, serta profesionalitas dari pengacara tersebut.

5. Lakukan Pertemuan Awal

Saat anda mengatur pertemuan awal dengan calon pengacara, biasanya dia akan setuju untuk melakukan konsultasi secara gratis pada pertemuan pertama, sebelum akhirnya terjadi kesepakatan kerja sama antara anda dengan pengacara tersebut.

Nah, kesempatan inilah yang perlu anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan ragu untuk melemparkan deretan pertanyaan sulit, seperti daftar client sebelumnya yang pernah dia tangani, dan bagaimana ending dari kasus client tersebut, apakah berhasil dituntaskan dengan baik, atau justru malah sebaliknya.

Apabila ternyata lebih banyak kasus dengan ending yang sukses, maka anda bisa tersenyum dan bernafas dengan lega karena kemungkinan anda baru saja menemukan pengacara yang cocok untuk menangani kasus anda.

Nah, demikianlah tips memilih pengacara yang baik dan benar. Semoga infomasi ini bermanfaat bagi anda, dan selamat mencoba tips dari kami.

2 Comments

  1. niken swastika June 4, 2018
  2. niken swastika June 4, 2018

Add Comment