Cara Simple Memperbaiki iPhone yang Tak Mau Mengisi Daya

Ad

Tahukah anda cara memperbaiki iphone yang tak mau mengisi daya? Apakah anda pernah mengalami saat dimana baterai iphone anda tiba-tiba saja tidak bisa mengisi daya padahal sudah terhubung ke colokan? Kalau mengalaminya, jangan terburu-buru mengganti iphone anda dengan iphone baru. Karena ada cara mudah mengatasinya. Nah, berikut langkah-langkah selengkapnya.

cara-memperbaiki-iphone-yang -tak-mau-mengisi-daya

Tips Memperbaiki iPhone yang Tak Mau Mengisi Daya

 

  1. Restart iPhone anda.

 

Segera restart iPhone anda saat mulai error dan tidak mau mengisi daya. Cara sederhana ini ternyata cukup dapat mengatasi masalah proses charge yang mulai error ini. Adapun cara untuk me-restart iPhone adalah dengan menekan tombol Home dan Power secara bersamaan. Tunggu hingga layar iPhone anda mati, lalu kemudian akan muncul logo Apple. Jika kerusakan tidak parah, biasanya setelah melakukan ini iPhone anda akan bisa mengisi daya lagi. cara memperbaiki iphone yang tak mau mengisi daya.

 

  1. Cek kabel USB

 

Jika cara di atas masih tidak dapat menyelamatkan iPhone anda dari kerusakan dalam pengisian daya, maka cobalah untuk mengecek kondisi kabel USB iPhone anda. Kabel USB milik iPhone diketahui memang gampang rusak, jadi bisa saja kerusakan iPhone anda saat proses pengisian daya itu berasal dari kerusakan kabel USB iPhone anda. Pastikan kabel charge iPhone milik anda tidak terkelupas, karena jika sudah terkelupas maka itu artinya anda harus membeli kabel baru agar bisa kembali mengisi ulang daya baterai iPhone anda. cara memperbaiki iphone yang tak mau mengisi daya.

 

  1. Periksa keadaan adaptor charger.

 

Selain kabel, penyebab iPhone tidak bisa mengisi daya salah satu kemungkinannya adalah karena adaptor charger yang sudah rusak. Bagaimana cara mengetahui kalau adaptor charger milik anda rusak? Anda bisa coba mengecek dengan memasangnya bersama kabel USB baru atau mungkin kabel milik teman anda yang masih berfungsi.

 

Jika saat melakukan pengecekan dengan menggunakan kabel baru atau kabel milik teman iPhone anda dapat mulai terisi, maka hal ini bisa diindikasikan bahwa adaptor charge milik anda sudah rusak. Segera beli adaptor charge yang baru.

 

  1. Coba cek charging port iPhone anda

 

Kalau kabel dan adaptor charge tidak bermasalah, kemungkinan sumber masalah anda berasal dari charging port. Debu yang menempel pada charging port dapat mengganggu proses pengisian daya karena menghalangi arus listrik antara pin di charging port iPhone dengan pin kabel USB.

 

Untuk itu anda tak usah ragu-ragu untuk membersihkan charging port iPhone anda. Caranya mudah, anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kain tipis atau ditiup-tiup dengan blower kecil juga bisa. Jika sudah bersih maka iPhone bisa mengisi ulang daya baterai seperti sedia kala.

 

  1. Factory reset iPhone.

 

Kalau cara di atas masih dirasa tidak cukup untuk menyelamatkan iPhone dari kerusakan tidak mau di charge, maka anda bisa mencoba cara ini. Namun perlu untuk diingat, sebelum melakukanfactory reset pastikan anda sudah backup data-data penting yang ada dalam iPhone anda.

 

Nah, kalau setelah factory reset ternyata iPhone masih saja tidak mau mengisi daya maka kemungkinan besar kerusakan terjadi pada hardware iPhone anda. Anda bisa segera menuju ke servise center apple terdekat untuk berkonsultasi mengenai kerusakan yang terjadi pada perangkat anda.

 

Nah, itulah langkah-langkah mudah dalam memperbaiki iPhone yang tak mau mengisi daya . Coba praktekan langkah-langkah diatas dan jangan sampai ada yang terlewat.

Add Comment