Tips Jitu Merawat Cincin Perak Agar Selalu Awet dan Terlihat Baru

Tahukah anda bagaimana caranya merawat cincin perak agar selalu awet dan terlihat baru? Cincin merupakan salah satu perhiasan yang dikenakan pada jari tangan, terutama jari manis. Cincin melambangkan bahwa orang yang memakai cincin sudah menikah atau bertunangan. Selain itu, cincin juga menandakan kesetiaan seseorang terhadap kekasihnya.

Dan sebagaimana yang kita tahu, bahan utama cincin yang populer saat ini, selain dari emas adalah dari bahan perak. Dan untuk merawat cincin yang terbuat dari perak, berikut kami bagikan tips-tipsnya.

Tips Merawat Cincin Perak Agar Selalu Awet dan Terlihat Baru

merawat-cincin-perak-agar-selalu-awet-dan-terlihat-baru

1. Jangan Menggunakan Cincin Pada Saat Mandi

 Faktanya, cincin berbahan dasar perak tidak tahan terhadap air dan cairan sabun. Maka dari itu, sebelum anda mandi sebaiknya melepas cincin terlebih dahulu. Selain menggunakan cincin saat mandi, anda sebaiknya menghindari penggunaan cincin perak saat sedang melakukan pekerjaan berat yang banyak menggunakan aktifitas tangan.

2. Membersihkan Cincin Secara Rutin

 Apabila anda ingin cincin perak selalu mengkilap dan bersih, maka anda harus melakukan pembersihan secara rutin. Membersihkan cincin bisa menggunakan lap yang bersih dan lembut. Sebaiknya anda melakukan pembersihan dengan lembut dan searah, agar tidak menimbulkan kerusakan dan goresan pada cincin perak tersebut.

3. Membersihkan dengan Deterjen

Deterjen merupakan salah satu bahan yang mampu membersihkan cincin perak. Lebih baik anda menggunakan deterjen yang tidak mengandung bahan keras karena bisa menyebabkan kerusakan pada cincin. Cara membersihkannya adalah dengan menyampurkan deterjen dan air hangat. Setelah itu,  anda dapat membersihkan cincin perak ke dalam campuran deterjen tadi dengan bantuan sikat gigi. Sebaiknya anda memilih sikat gigi berbulu halus dan gosok dengan lembut.

4. Membersihkan dengan Baking Soda

 Selain dengan deterjen, anda merawat cincin perak agar selalu awet dan tampak baru dengan menggunakan baking soda. Cara membersihkannya adalah dengan mencampurkan 3 sendok makan baking soda dan air hangat ke dalam mangkok. Setelah itu, rendamlah cincin perak ke dalam campuran baking soda dan air hangat tersebut. Kemudian diamkan selama beberapa menit.

Apabila cincin perak anda tidak memiliki detail yang banyak, anda tinggal membersihkannya dengan kain lap bersih dan halus. Sedangkan untuk cincin perak bermotif sebaiknya anda menggosoknya dengan sikat gigi yang memiliki bulu halus. Setelah itu, anda dapat mengeringkan dengan lap bersih.

5. Membersihkan dengan Pasta Gigi

 Ternyata pasta gigi juga mampu membersihkan cincin perak. Sebelum itu, anda harus memastikan bahwa pasta gigi yang digunakan berwarna putih. Cara untuk membersihkannya adalah dengan menggosokkan pasta gigi ke cincin perak menggunakan sikat gigi berbulu halus. Setelah bersih, bilaslah cincin perak dengan air sampai bersih dan tidak ada sisa pasta gigi yang menyangkut.

6. Membersihkan dengan Saus Tomat

 Siapa sangka bumbu pelengkap ini bisa djiadikan bahan pembersih cincin perak?. Ya, memang beberapa orang tidak mengetahui manfaat saus tomat untuk membersihkan cincin perak. Namun, ternyata saus tomat terbukti ampuh membersihkan kotoran yang berada pada cincin. Cara membersihkannya adalah dengan menggosokkan saus tomat ke cincin agar kembali mengkilap. Jika cincin memiliki noda yang membandel, anda dapat merendam cincin tersebut kedalam saus tomat.

7. Bahan Khusus Pembersih Perak

 Apabila anda tidak percaya dengan pemakaian bahan – bahan diatas sebagai pembersih, sebaiknya anda menggunakan bahan khusus untuk membersihkan perak. Anda bisa membeli bahan tersebut di toko – toko yang menjual perhiasan perak atau di online shop.

Bagaiamana ternyata tidak sulit kan merawat cincin perak agar selalu awet dan terlihat baru? Selamat mencoba guys..

Add Comment