Negara Termiskin Di Dunia yang Memiliki PDB Per Kapita Terendah

Negara Termiskin Di Dunia – Sebuah negara bisa dikatakan miskin atau kaya akan diukur melalui pdb atau pendapatan domestik bruto per kapitanya. Pada tahun lalu world bank merilis 10 negara termiskin di dunia yang dilihat dari pdb per kapitanya yang memang sangat rendah. Bahkan bisa dibilang di bawah batas wajar. Sepuluh negara tersebut ialah sebagai berikut :

Negara Termiskin Di Dunia yang Memiliki PDB Per Kapita Terendah

1. Malawi

Negara Termiskin Di Dunia

Nomor satu dan yang merupakan negara termiskin di dunia adalah Malawi. Negara yang satu ini bisa dibilang kondisinya sangat jauh dari kata layak. Padahal negara ini hanya memiliki penduduk sebanyak 16 juta jiwa, dan masuk ke dalam kategori negara kecil di benua Afrika. Tapi karena memang masih tertinggal di beberapa sektor membuat Malawi menjadi negara yang sulit berkembang.

2. Burundi

Negara Termiskin Di Dunia

Untuk negara yang satu ini faktor besar yang menjadi penyebab negara ini dirundung kemiskinan adalah konflik. Konflik yang tidak berkesudahan baik itu militer, perang saudara, dan lain sebagainya membuat negara yang satu ini sulit berkembang. Bahkan catatan terakhir menyatakan jika konflik terakhir membuat 300 ribu rakyat sipil menjadi korban.

3. Republik Afrika Tengah

Bagi yang membaca fakta bahwa sebenarnya Afrika Tengah memiliki ekspor berlian yang maju, pasti akan kaget mengetahui bahwa negara ini masuk dalam negara termiskin. Hal ini dikarenakan pemerintah yang korup, serta pengelolaan keuangan negara sangat tidak benar. Belum lagi konflik yang tidak berkesudahan di negara ini membuatnya semakin terpuruk.

4. Nigeria

Hal yang menyebabkan Nigeria menjadi sulit untuk berkembang, dan menyebabkannya selalu dirundung kemiskinan adalah ketertinggalan masyarakatnya dalam berbagai faktor. Hal ini menyebabkan masyarakat Nigeria hanya bergantung pada pertanian berskala kecil yang sangat rentan rusak karena perubahan cuaca. Selain itu ekstraksi sumber daya alamnya juga tidak lebih baik.

5. Liberia

Selanjutnya adalah Liberia yang bahkan pada tahun 2010 total 80% dari seluruh populasi penduduknya hanya memiliki pendapatan sebesar $1,25 per hari. Jumlah yang sangat kecil untuk gaji seorang pekerja. Hal yang menyebabkan Liberia menjadi negara yang miskin adalah konflik sosial serta perang sipil yang tiada berakhir. Jadi membuat negaranya sendiri sulit untuk bangkit.

6. Madagaskar

Bila mendengar nama negara yang satu ini, pasti teringat dengan kartun Madagaskar yang berisikan hewan-hewan dari beragam jenis. Nyatanya kehidupan di negara ini tidak seindah di film itu. Karena ternyata lebih dari 70% masyarakat di Madagaskar hidup di bawah garis kemiskinan. Selain itu juga standar hidup yang ada pada negara ini selalu mengalami penurunan.

7. Republik Demokratik Kongo

Kongo sebenarnya merupakan negara yang luas dengan populasi jiwa mencapai 77 juta jiwa. Belum lagi sumber daya alamnya yang melimpah harusnya menjadikan Kongo menjadi negara yang kaya. Nyatanya, Kongo justru berada di bawah garis kemiskinan dengan pdb sebesar $484,20 per kapita. Hal ini dikarenakan korupsi besar-besaran yang dilakukan di sektor pemerintah.

8. Gambia

Gambia sebenarnya merupakan negara yang kecil dengan hanya memiliki populasi 1,8 juta jiwa di dalamnya. Tapi nyatanya pemerintah negara ini masih tidak mampu mengangkat pdb dari negara ini. Hal ini dikarenakan Gambia hanya mengandalkan sektor pertanian yang sayangnya tanah dan iklim di negara ini tidak mendukung hal tersebut. Belum lagi pemerintah yang tidak serius membantu rakyatnya.

9. Ethiopia

Negara ini memang tidak pernah lepas dari masalah kemiskinan. Bahkan pada tahun 80an negara ini pernah dilanda bencana kemanusiaan yang besar berupa kelaparan penduduknya selama 2 tahun. Sebenarnya pada tahun 2007, negara ini sempat bangkit dan bisa dibilang lebih baik dalam hal perekonomian dibanding negara Sub Sahara-Afrika. Tapi ternyata pdb nya masih rendah.

10. Guinea

Terakhir adalah negara termiskin di dunia nomor sepuluh yakni Guinea. Hal ini diperkirakan disebabkan oleh krisis politik yang terjadi pada tahun 1990an. Semenjak saat itu perekonomian dari negara ini sangat sulit untuk menjadi stabil. Ditambah lagi beberapa konflik yang masih kerap terjadi semakin memperparah keadaan yang ada.

Apabila melihat daftar di atas, tentu ada perasaan miris melihat bagaimana rakyat di negara itu harus hidup di bawah garis kemiskinan. Melihat dari faktor penyebabnya seperti konflik dan korup sebenarnya bisa dihentikan sehingga perekonomian negara termiskin di dunia yang ada di atas menjadi lebih baik.

Add Comment