Amazing 10 Orang Paling Kaya Di Indonesia yang Merintis Semuanya Dari Nol

Menjadi orang paling kaya di Indonesia tentu menjadi prestasi dan kebanggaan tersendiri. Apalagi berhasil masuk ke dalam sepuluh besar seperti orang-orang yang ada di bawah ini. Hebatnya lagi sepuluh orang yang ada di daftar ini, hampir semuanya merintis bisnisnya dari nol. Bisa banget buat dijadikan inspirasi nih, ya sudah langsung saja lihat profilnya.

1. Budi dan Michael Hartono

Orang Paling Kaya Di Indonesia

Urutan pertama ada Hartono bersaudara yang masih betah bertengger di posisi nomor satu, bahkan memperjauh jaraknya dengan yang lain. Pada tahun lalu forbes merilis harta kekayaan kedua bersaudara ini memiliki harta Rp523,091 triliun. Kekayaan keduanya meningkat masih dari sumber utamanya yakni bank central asia (BCA), dan sumber lainnya yakni pabrik rokok.

2. Widjaja Family

Bisa dibilang keluarga Widjaja ini merupakan keluarga kerajaan bisnis terbesar di Indonesia. Kekayaannya mencapai Rp134,629 triliun dari beberapa sektor bisnis seperti kertas, jasa keuangan, real estate, telekomunikasi, dan agribisnis. Pendiri pertamanya Eka Tjipta Widjaja telah meninggal pada Januari 2019 lalu.

3. Prajogo Pangestu

Menjadi seorang pebisnis memang sudah menjadi kebiasaan lama dari Pak Prayogo ini. Memulai usahanya sebagai seorang pedagang kayu, dirinya mulai membangun perusahaan Pt. Barito Pacific yang pada tahun 1993 berganti menjadi Barito Pacific. Kini sumber kekayaannya juga berasal dari perusahaan petrokimia dan berhasil mengumpulkan kekayaan sebesar Rp106,581 triliun.

4. Susilo Wonowidjojo

Sumber kekayaan dari keluarga ini berasal dari salah satu pabrik rokok terbesar yakni, gudang garam. Dengan peningkatan penjualan kretek ini, dan menjadi salah satu perusahaan kretek yang paling terkenal membuat keluarga ini berhasil mengumpulkan kekayaan. Kekayaan yang berhasil dikumpulkan sampai tahun 2019 kemarin adalah Rp92,557 triliun.

5. Sri Prakash Lohia

Pria ini merupakan orang asli keturunan India yang pindah ke Indonesia bersama ayahnya. Pertama kali memulai bisnisnya di usaha benang pintal membuat usahanya perlahan maju, dan menjadi salah satu yang terkaya. Kini penghasilannya di dapat dari petrokimia dan produksi PET. Sekarang bisnisnya menjadi berkembang dan menjadi kerajaan di produksi industri. Kekayaannya Rp78,533 triliun.

6. Anthoni Salim

Pendiri sekaligus pemilik indofood yang memproduksi mie instan terbesar di Indonesia. Selain dari indofood, sumber kekayaan lainnya juga berasal dari sahamnya 41% di perusahaan investasi yang bernama first pacific. Total kekayaannya saat ini Rp77,131 triliun.

 Meskipun masih tetap bertengger dalam daftar sepuluh orang paling kaya di Indonesia, tapi Anthoni Salim ternyata pernah terpuruk pada tahun 1997-1998.

7. Tahir

Pendiri dari Mayapada Group yang berinvestasi di bidang properti dan menjalar ke rumah sakit dan perbankan. Total kekayaan keluarga ini terus meningkat karena adanya akuisisi dua perusahaan, dan pernikahan yang sama-sama berasal dari keluarga kaya. Kekayaannya mencapai Rp67,314 triliun. Dengan kekayaan segitu berhasil membawanya ke orang ketujuh terkaya di Indonesia.

8. Boenjamin Setiawan

Pendiri sekaligus pemilik Kalbe Farma ini dulunya memang seorang dokter yang ahli di bidang farmakologi. Selain sebagai pemilik pabrik obat terbesar di Indonesia, Dr Boen sapaan akrabnya memiliki jaringan rumah sakit mitra keluarga yang memiliki total 12 rumah sakit yang beroperasi di Indonesia. Kekayaannya pada tahun lalu mencapai Rp61,003 triliun.

9. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung pemilik sekaligus pendiri dari perusahaan televisi swasta di Indonesia yakni, Trans Corp. Selain itu dirinya juga memiliki dan mengendalikan beberapa retail besar dalam hal market, restoran, dan kartu kredit. Dengan beberapa sumber tersebut berhasil membuatnya mengumpulkan kekayaan mencapai Rp50,486 triliun.

10. Jogi Hendra Atmadja Termasuk Orang Paling Kaya Di Indonesia

Penutup dalam daftar ini adalah pemilik sekaligus pendiri dari Mayora Group yang merupakan salah satu perusahaan makanan terbesar di Indonesia. Keluarganya merupakan keturunan asli Tionghoa yang melakukan imigrasi ke Indonesia, dan mulai menjual biskuit rumahan pada tahun 1948. Sekarang keluarganya sudah berhasil menjadi pemegang kendali Pt. Mayora Indah dan berhasil mengumpulkan kekayaan mencapai Rp42,071 triliun.

Itulah tadi daftar orang paling kaya di Indonesia yang dirilis pada tahun 2019 lalu oleh majalah bisnis forbes. Bila melihat nominal kekayaannya memang fantastis semua, tapi ingat itu semua tidak diraih dengan mudah. Orang-orang di atas perlu menjalani beragam proses yang melelahkan dan pastinya tidak mudah Kuncinya untuk tidak menyerah dan bersabar.

Add Comment