Orang Termiskin Di Dunia Ternyata Berasal Dari 10 Negara Ini

Orang Termiskin Di Dunia – Pernah terpikirkan siapa orang termiskin di dunia ini? Meskipun tidak pernah tertulis secara resmi karena ini merupakan penghinaan, tapi ternyata para pembaca bisa mengambil kesimpulan bahwa orang tersebut berasal dari beberapa negara yang di bawah ini. Hal ini dikarenakan beberapa negara di bawah ini, memang negara paling miskin di dunia.

1. Sudan Selatan

Orang Termiskin Di Dunia

Negara pertama yang merupakan negara paling miskin di dunia adalah Sudan Selatan karena konflik yang tidak berujung. Konflik ini menyebabkan negara ini tidak berkembang dan menjadi negara paling miskin di dunia. Pada tahun 2017 saja 40% populasi di Sudan Selatan mengalami kelaparan dan lebih dari 300 ribu orang yang meninggal karena bencana kemanusiaan tersebut.

2. Burundi

Pada posisi kedua ada Burundi yang merupakan sebuah negara di Afrika bagian tengah. Di tahun 1990an terjadi perang besar yang menghabisi hampir 250 ribu rakyatnya. Pemimpin yang militan dan otoriter menjadikan rakyat Burundi sangat menderita dan bisa disebut sebagai penghasil orang termiskin di dunia. Belum lagi bencana kekeringan yang menyebabkan kelaparan.

3. Malawi, Orang Termiskin Di Dunia Ada Yang Dari Sini Juga

Tidak heran jika Malawi menjadi negara miskin yang pastinya menghasilkan orang termiskin di dunia. Hal ini dikarenakan pendapatan masyarakat di negara ini sangat rendah hanya mencapai Rp13 ribu per harinya. Bahkan yang paling menyedihkan dan membuat miris adalah, di negara ini masyarakatnya menjual air seni untuk dijadikan pupuk.

4. Afrika Tengah

Masih dari negara Afrika yakni Afrika Tengah yang Pdb per kapitanya $425. Hal yang mengherankan adalah negara ini memiliki banyak sumber daya alam seperti berlian, serta gading. Meskipun begitu konflik militer yang tidak berkesudahan dari tahun 2015 berhasil menghancurkan perekonomian negara ini hingga ke dasar.

5. Yaman

Meskipun negara Arab terkenal akan kekayaannya, tapi ternyata ada negara dari daratan Timur Tengah yang masuk dalam sepuluh besar negara termiskin di dunia. Negara Yaman ini memang merupakan negara penghasil minyak bumi tapi, kondisi keamanan negaranya tidak stabil. Hal ini dikarenakan Yaman sudah terlibat perang saudara sejak tahun 2015 sampai sekarang.

6. Mozambik

Masih dari daratan Afrika, kali ini ada negara yang sebenarnya terkenal dari sektor pariwisata dan sebagai penghasil aluminium. Tapi ternyata korupsi besar-besaran di Negara Mozambik ini mampu untuk menghabiskan semua penghasilan dari kedua sektor tersebut. Selain itu hutang luar negeri yang cukup besar juga menjadi alasan lain kehancuran ekonomi di negara ini.

7. Kongo

Nama awal dari negara ini adalah Zaire dan terletak di Afrika bagian tengah serta masih berdampingan dengan negara miskin lainnya seperti Sudan Selatan, dan Burundi. Tiga hal yang menjadi faktor utama dari kehancuran ekonomi negara ini adalah perang saudara, korupsi, dan pembunuhan militer. Hal yang sangat disayangkan padahal Kongo merupakan negara penghasil sumber daya mineral.

8. Madagaskar

Mendengar nama negara ini pasti teringat dengan Alex dan kawan-kawan, yakni kumpulan kartun satwa yang ceritanya berasal pada negara ini. Hal yang menjadi ironis adalah, Madagaskar ini tidak seindah filmnya. Bahkan masuk negara miskin di dunia. Masyarakatnya sangat menderita karena perang saudara yang terjadi dan tidak berkesudahan dari tahun 2009 sampai 2013.

9. Gambia

Sedari awal memang negara yang ada di Afrika Barat ini memang masyarakatnya berekonomi menengah ke bawah. Bahkan pada sejarahnya Gambia ini pernah menjadi tempat perdagangan budak pada zaman dulu. Belum lagi pada tahun 1994 terjadi kudeta militer. Hal ini diperparah karena sampai tahun 2016 negara ini dipimpin oleh pimpinan militan yang otoriter.

10. Sierra Leone

Negara terakhir yang menjadi penghasil orang dengan penghasilan di bawah batas wajar ini memang sangat ironis. Hal ini dikarenakan Sierra Leone sebenarnya merupakan negara kaya penghasil berlian, bauksit, bahkan emas. Tapi karena pemberontakan dan perang saudara yang tidak berkesudahan menjadikan perekonomian negara ini terpuruk.

Itulah tadi pembahasan terkait 10 negara termiskin di dunia yang menjadi penghasil orang termiskin di dunia. Karena merupakan isu sensitif, maka tidak pernah ada yang menuliskan secara tegas, siapa orang-orang termiskin tersebut. Tapi melihat data di atas terkait seberapa parahnya ekonomi negara-negara yang ada di atas, maka kesimpulan terkait siapa orang tersebut bisa diambil sendiri.

Add Comment