6 Langkah Awal Memulai Bisnis Dengan Menjadi Passionpreneur

Ad

Memulai bisnis dengan menjadi passionpreneur – Sebagian dari anda mungkin pernah merasa jenuh dengan aktivitas dan rutinitas kerja yang itu-itu saja, tidak ada kepuasan batin yang anda dapatkan dari pekerjaan, justru anda merasa seperti mesin kerja yang dinyalakan pagi, siang, sore sesuai perintah atasan.

memulai-bisnis-dengan-menjadi-passionpreneur

Jika hal ini sedang anda rasakan, alasan terbesarnya ialah “passion” atau minat yang tidak dapat anda salurkan pada pekerjaan anda saat ini. Passion adalah hal yang cukup penting dalam kepuasan batin dan kenyamanan hidup seseorang.

Mendapat pekerjaan sesuai passion mungkin menjadi impian semua orang, tapi tak banyak dari kita yang beruntung mendapatkan pekerjaan sesuai passion, lalu apa solusi yang dapat anda lakukan?. Jawabannya cobalah untuk mulai menjadi passionpreneur atau memulai bisnis dengan modal passion.

Tips Memulai Bisnis Dengan Menjadi Passionpreneur

1. Putuskan Bisnis Sesuai Kemampuan Anda

 Untuk mulai berbisnis memang bukan hal mudah, banyak pertimbangan dan resiko terutama jika anda belum siap untuk melepaskan pekerjaan lama anda, untuk itu menjadi passionpreneur mungkin bisa anda jadikan sebagai pekerjaan sampingan. Namun, jika anda sudah benar-benar yakin dan siap untuk mulai menjadi passionpreneur sejati,  siapa takut?, let’s do it.

2. Gali Potensi Diri

 Menggali potensi diri sama artinya dengan memastikan apa passion atau minat anda. Memang bukan hal mudah, tapi juga bukan berarti sulit untuk anda temukan bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk benar-benar memastikan passion kita. Biasanya passion adalah hal yang tidak jauh dari kegemaran anda, sesuatu yang membuat anda suka lupa waktu, tidak pernah bosan, dan terus mencari cara untuk menggapainya.

Jika anda bingung ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menentukan dan memastikan passion anda, seperti melihat passionpreneur yang sudah sukses mencapai karirnya, atau minta beberapa pendapat dari orang terdekat anda seperti sahabat, atau keluarga.

Tanyakan pada mereka hal apa yang paling menonjol dalam diri anda sejak mereka mengenal anda hingga sekarang, tanyakan juga hal unik yang membuat mereka tertarik pada anda, bisa jadi keunikan tersebut adalah passion anda.

 3. Cari Potensi Bisnisnya

 Jika sudah paham dan tahu apa passion anda, saatnya untuk mulai menggali apa potensi bisnisnya, tak perlu memasang target tinggi, cobalah dari hal yang sederhana dari teman dekat atau keluarga.

Misalnya passion anda memasak, maka cobalah untuk membuat kue dan mencicipkannya pada keluarga atau teman dekat, kemudian tanyakan pendapat mereka tentang kue buatan anda. Apapun tanggapan mereka terimalah dengan pikiran positif dan terbuka.

Jika anda sudah berhasil membuat orang disekitar anda yakin dengan hasil karya anda, maka tak akan sulit untuk mencoba menawarkannya pada orang lain. Prinsip penting yang harus anda ingat adalah orang akan membeli dan mengkonsumsi sesuatu jika hal tersebut mampu memenuhi kebutuhan, dan kepuasan mereka, jadi jangan lupa untuk selalu memperbaiki produk anda agar memiliki nilai jual.

4. Pahami dan Temukan Target Pasarnya

 Layaknya berdagang, semua orang memiliki cara sendiri untuk menjual barang dagangannya mulai dari jualan online hingga konvensional, untuk itu anda perlu memahami dimana tempat anda berjualan dan siapa pembelinya.

Jadi, perbanyak pengetahuan dan pertajam analisis anda dalam menentukan pasar, hal yang paling mudah adalah dengan menjemput bola, misalnya dengan bergabung di komunitas atau event yang berhubungan dengan bisnis anda.

5. Siapkan Lapak Anda

 Sebuah usaha akan sia-sia tanpa keberanian untuk memulai, jika pasar sudah anda dapatkan saatnya untuk memulai babak baru bisnis anda. Mulailah untuk membuka lapak jualan, tidak perlu khawatir soal modal karena jika anda belum mampu menyewa lapak konvensional anda bisa memulainya secara online.

Promosikan keunggulan produk anda dengan baik, buat sesuatu yang berbeda dari kempetitor anda. Buatlah jaringan dan relasi yang luas, baik dengan kerabat dekat atau komunitas yang menjadi sasaran pasar anda.

6. Berikan Pelayanan Terbaik

 Jika semua tahap telah anda lakukan, kini saatnya untuk mulai mempersiapkan diri dengan datangnya pelanggan baru. Berikan pelayanan terbaik yang menawarkan kelebihan produk anda dan sesuaikan dengan keinginan mereka. Jangan takut untuk menerima permintaan pelanggan yang diluar kemampuan anda, karena anda bisa bekerjasama dengan teman, atau memperkerjakan seorang freelancer.

Baiklah, itu tadi diatas beberapa langkah awal yang dapat anda lakukan jika sudah siap untuk memulai bisnis dengan menjadi passionpreneur, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Add Comment