AMAZING Pengertian Teknologi Tepat Guna dan Jenisnya.

Ad

Pengertian Teknologi Tepat Guna dan Jenis jenisnya – Kata teknologi tentunya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga anda bukan? Ya, kemajuan zaman membuat teknologi yang digunakan harus semakin modern. Nah, bicara mengenai teknologi, pada kesempatan ini kami akan mengupas secara panjang lebar terkait teknologi tepat guna. Pastinya sudah sering mendengar kan, istilah tersebut?

Namun kami yakin, meski istilah tersebut sudah cukup familiar, tapi masih banyak yang belum paham apa definisi atau pengertian dari teknologi tepat guna tersebut.

Mengupas-Pengertian-Teknologi-Tepat-Guna-dan-Jenis-Jenisnya
Pengertian Teknologi Tepat Guna dan Jenis jenisnya

Video: Contoh-Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Untuk memudahkan anda memahami tentang teknologi tepat guna, berikut kami sajikan di channel youtube kami video contoh alat teknologi tepat guna sederhana jangan lupa kunjungi youtube channel kami dengan meng-klik link ini.

Dukung youtube channel kami agar terus berkembang dan menyajikan konten tentang teknologi tepat guna lainnya dengan meng-klik tombol SUBSCRIBE dan semoga dengan adanya konten-konten teknologi tepat guna (TTG) yang kami sajikan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat akan pentingnya TTG untuk meningkatkan produktifitas dan memajukan perekonomian masyarakat, ENJOOOYY!!..

Pengertian Teknologi Tepat Guna dan Jenis jenisnya

Pengertian Teknologi

Sebelum kita membahas tentang teknologi tepat guna, sebaiknya kita bahas dulu pengertian dari istilah teknologi. Jadi, bisa dibilang teknologi merupakan suatu sarana yang kompleks dan menyeluruh yang mana berfungsi menyediakan beragam kemudahan dan kenyamanan bagi keberlangsungan makhluk hidup (khususnya manusia).

Pengertian Teknologi Tepat Guna

Istilah teknologi tepat guna mulai muncul saat krisis minyak 1973 dan pergerakan lingkungan pada tahun 1970-an. Istilah ini biasa digunakan dalam dua cakupan yakni, memanfaatkan teknologi paling efektif untuk menjawab kebutuhan daerah yang sedang dikembangkan serta pemanfaatan teknologi ramah lingkungan atau ramah sosial pada negara maju.

Baca juga: Definisi Teknologi Ramah Lingkungan Beserta Contohnya

Teknisnya, teknologi tepat guna merupakan penghubung antara teknologi tradisional dan teknologi maju. Oleh karena itu, idealnya aspek-aspek sosial kultural dan ekonomi merupakan dimensi yang paling utama  dipertimbangkan dalam membuat suatu teknologi tepat guna.

Jenis-Jenis Teknologi Tepat Guna

1. Bidang Transportasi

Penemuan sepeda motor, sepeda, mobil, dan pesawat merupakan kemajuan dari teknologi transportasi. Modern ini, pembuatan motor atau mobil dengan bahan bakar ramah lingkungan juga telah berkembang. Pastilah, dikemudian hari perkembangan teknologi transportasi semakin maju.

2. Bidang Pertanian

Pada zaman dahulu anda bisa melihat bagaimana tanah digarap dengan cangkul. Pencangkulan ini dinilai terlalu lama dan terlalu banyak orang yang dibutuhkan sehingga tidak menhemat SDM.

Kemudian, muncul bajak dengan pemanfaatan sapi atau kerbau sebagai energi penggeraknya sehingga pekerjaan membajak sawah bisa lebih cepat. Namun, kemudian ditemukan suatu alat yang dapat menggarap tanah lebih cepat yakni traktor. Selain itu, ditemukan pembuatan pupuk yakni pupuk organik cair yang aman untuk tanaman.

3. Bidang Usaha Kecil

Dahulu, pengirisan bawang memerlukan tenaga yang ekstra dan harus bersusah payah. Kini, sudah ada mesin pengupas dan peniris bawang. Mesin pengiris bawang (spinner) dapat meniriskan minyak lebih banyak sehingga produk bawang yang dihasilkan lebih renyah.

Apapun jenis gorengan akan semakin renyah dan minim sisa minyak. Kemudian, hadir mesin pembuatan kripik singkong, ubi, dan kripik kentang. Lalu, semakin dengan berkembangnya zaman, diciptakan mesin untuk pembuatan kripik buah dan sayur.

4. Bidang Kedokteran

Telah ditemukan berbagai macam teknologi yang digunakan seperti alat untuk memeriksa kadar kolestrol, gula darah, dan fungsi pencernaan. Penggunaan alat semacam magnet yang digenggam kemudian langsung terhubung dengan layar komputer dan bertujuan untuk mengetahui kondisi tubuh pasien. Pengertian Teknologi Tepat Guna dan Jenis jenisnya.

Hal ini tidak hanya menggunakan metode pengambilan sampel saja. Sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan teknologi tersebut  untuk membandingan hasil pemeriksaan agar lebih maksimal.

5. Bidang Pendidikan

Pendidikan pada umumnya dikenal dengan proses pengajaran di kelas menggunakan papan tulis dan kapur yang berdebu. Namun, saat ini dengan kemajuan teknlogi, media papan tulis serta pulpen telah bergeser dan mulai ditinggalkan, beralih dengan gadged, mulai dengan PC, laptop, tablet, proyektor ataupun smartphone.

Selain itu, media pembelajaran dan menambah ilmu tak hanya melalui buku namun juga internet, video, dan sebagainya.

Pada akhirnya setiap perkembangan teknologi mampu meningkatkan produktivitas kinerja manusia. Dan pastinya, dengan munculnya beragam teknologi tepat guna diatas, sangat membantu perkembangan hidup manusia menuju lebih baik.

Add Comment