Beragam Perbedaan Bridge dan Router yang Sebaiknya Anda Tahu

Ad

Perbedaan Bridge dan Router – Bridge dan router merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang cukup banyak digunakan secara umum pada jaringan komputer apapun. Kebanyakan bridge dan router bermanfaat untuk bisa memecah dan memberikan rute jaringan, jadi nantinya sebuah jaringan tidak akan salah sasaran, dan bisa bekerja dengan baik.

perbedaan-bridge-dan-router
Gambar asli: Google.com

Walaupun Bridge dan Router sama – sama merupakan perangkat keras jaringan yang memiliki fungsi yang mirip, tetapi ternyata kedua perangkat keras ini memiliki beberapa perbedaan.

Nah, berikut adalah perbedaan antara bridge dan router yang kami maksud. Silahakan disimak:

1. Dilihat dari Fungsi Utamanya

Perbedaan antara keduanya kita bisa lihat dari fungsi utama dari masing – masing perangkat keras jaringan ini. berikut ini adalah penjelasan terkait perbedaan bridge dan juga router berdasarkan fungsi utama dari keduanya :

Fungsi utama bridge

Bridge, yang bila anda artikan secara harfiah adalah sebuah jembatan, fungsi bridge untuk memecah sebuah jaringan menjadi bentuk jaringan yang lebih kecil,ataupun bisa juga menggabungkan sebuah jaringan – jaringan kecil (terutama jaringan LAN) menjadi sebuah jaringan local yang besar. Misalnya saja :

Perusahaan A mempunyai satu buah server yang ditempatkan pada gedung 1. Sedangkan perusahaan B sendiri memiliki 3 buah gedung yang terdapat pada satu kompleks perkantoran. Pada setiap gedung akan dibuatkan jaringan local, yang berpusat pada server di gedung satu. Tiap – tiap gedung, yang mana terdiri dari banyak ruangan kecil, juga akan memiliki jaringan LAN sendiri.

Karena itulah, ruangan – ruangan kantor tersebut, maka digunakanlah bridge, untuk menyatukan semua jaringan local tersebut menjadi sebuah jaringan local atau LAN besar yan berpusat pada server yang terletak di dalam gedung I tersebut. Itulah Fungsi utama Dari Bridge. Perbedaan Bridge dan Router.

Fungsi utama router

Router, adalah sebuah perangkat keras jaringan yang memiliki sifat lebih kompleks dan lebih rumit dibandingkan dengan bridge. Walaupun bisa juga berfungsi untuk menghubungkan satu jaringan dengan jaringan yang lain, namun ungsi fungsi router adalah untuk menghubungkan sebuah komputer dengan jaringan internet dengan menggunakan sebuah ISP yang sama. Misalnya saja :

Sebuah gedung akan mengambil layanan internet dengan menggunakan ISP A. Pada saat Telah berhasil mendaftarkan ke dalam layanan ISP A, maka seluruh gedung tersebut akan mendapatkan akses internet. Untuk bisa meneruskan akses internet tersebut, maka dibutuhkanlah sebuah perangkat bernama router, yg akan melanjutkan rute perjalanan jaringan internet menuju komputer yang sudah disiapkan oleh gedung tersebut. Perbedaan Bridge dan Router.

2. Konsep dan Metode yang digunakan

Perbedaan antara keduanya juga anda bisa lihat dari metode yang digunakan. Bridge, menggunakan metode yangcukup simple, yakni teknisi hanya perlu menghubungkan jaringan yang sudah tersedia ke dalam perangkat bridge, lalu kemudian menghubungkannya dengan pusat jaringan yang sudah ada / server.

Keunggulan dari sebuah bridge adalah lebih mudah dan simple dalam pengaplikasiaannya, jadi lebih banyak dimanfaatkan untuk pemanfaatan sebuah jaringan local yang sederhana, ataupun digunakan pada jaringan yang lebih luas, Tetapi masih berada dalam satu konteks institusi.

Berbeda dengan bridge, router justru masih membutuhkan metode dan cara kerja yang sedikit lebih rumit. Metode yang digunakan oleh router adalah menggunakan tabel routing. Tabel routing adalah sebuah daftar dari rute – rute yang mana saja bisa dilewati dan juga jalur atau rute – rute mana saja yang sidah di non aktifkan.

3. Router Seringkali Dikombinasikan Sebagai Modem, Sedangkan Bridge Tidak

Perbedaan lainnya adalah router digunakan untuk bisa menghubungkan sebuah jaringan internet (yang disediakan oleh ISP) menuju sebuah jaringan local / LAN ataupun user biasa. Bridge, justru tidak bisa. Bridge lebih banyak digunakan secara praktis untuk menghubungkan dan menjembatani antar jaringan – jaringan LAN yang ada

Add Comment