Memilih Pinjaman Hipotek untuk Pembiayaan Biaya Rumah

Ingin punya rumah idaman tapi bingung, karena tidak memiliki dana yang cukup untuk mewujudkannya? Jangan khawatir, Anda bisa mencoba pinjaman hipotek dengan cicilan yang tidak menyiksa.

Perlu diketahui, hipotek dapat dikatakan sebagai sebuah perjanjian. Hipotek merupakan sebuah kesepakatan yang dibuat antara peminjam dana dan pemilik dana, yang mana dari kesepakatan tersebut memungkinkan peminjam, memiliki rumah yang diimpikan dengan angsuran, intinya adalah pinjaman hipotek memungkinkan Anda untuk membayar sebuah rumah dengan cara dicicil.

Pinjaman Hipotek untuk Pembiayaan Rumah

Anda dapat mengajukan pinjaman hipotek ke Bank, setelah mengajukan pinjaman, pemberi pinjaman akan memegang hak milik properti, hingga Anda mampu membayar angsuran hipotek hingga lunas. Keuntungannya adalah Anda sudah bisa menempati rumah Anda seperti milik sendiri, meskipun cicilan belum lunas.

Dalam hal ini tentunya, properti/rumah tersebut dijadikan sebagai jaminan, oleh pihak pemberi hipotek (bank). Jadi, seandainya Anda tidak mampu melunasi sisa hutang hipotek Anda,  maka properti tersebut dapat disita oleh bank.

Keuntungan melakukan pinjaman hipotek adalah mengurangi risiko yang mungkin akan ditanggung oleh pemberi pinjaman dan juga peminjam hanya dikenai beban bunga yang lebih rendah. Umumnya, pinjaman hipotek ini sering dipilih di oleh perseorangan namun tidak menutup kemungkinan, sebuah perusahaan bisa membeli properti dengan pinjaman hipotek.

Jenis-jenis Hipotek

  • Hipotek dengan Bunga Tetap

 

Pinjaman hipotek dengan tingkat bunga tetap merupakan jenis hipotek yang mengharuskan Anda melakukan pembayaran dengan jumlah yang tetap dan tidak akan ada perubahan jumlah pembayarannya.

 

Hipotek ini sangat cocok bagi Anda yang mungkin kurang baik dari segi finansial karena berpenghasilan tetap dan memiliki kebutuhan banyak yang membutuhkan pembagian biaya yang pasti.

 

  • Hipotek Tracker

 

Pinjaman hipotek tracker merupakan pinjaman yang ditetapkan melalui persentase tetap namun dapat berubah dari waktu ke waktu dengan menyesuaikan suku bunga bank.

 

Angsuran Anda akan meningkat seiring dengan peningkatan suku bunga bank, sebaliknya angsuran Anda bisa jadi lebih rendah dari sebelumnya karena suku bunga bank yang menurun.

 

Anda bisa memanfaatkan timing yang tepat untuk mengambil pinjaman hipotek di saat suku bunga bank sedang menurun.

 

  • Hipotek Pembayaran

 

Jenis pinjaman hipotek pembayaran ini akan menjamin kepemilikan Anda atas rumah Anda dalam jangka waktu panjang. Anda harus membayar bunganya setiap bulan beserta pokoknya.

 

Hipotek jenis ini cocok bagi Anda yang memiliki masalah finansial atau yang memiliki harapan kenaikan gaji di masa depan.

Cara Mendapatkan Pinjaman Hipotek untuk Memperoleh Rumah

Sebenarnya cara untuk mendapatkan pinjaman hipotek sama dengan pinjaman-pinjaman jenis lainnya yang memerlukan proses panjang dan banyak dokumen yang dibutuhkan.

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman rumah, pastikan terlebih dahulu berapa penghasilan bulanan bersih Anda setelah dipotong semua kebutuhan dalam satu bulan tersebut. Kemudian pilih jenis pinjaman hipotek apa yang sesuai dengan kondisi finansial Anda.

Setelah itu persiapakan segala dokumen dan berkas yang diminta oleh pihak pemberi pinjaman kepada Anda. Salah satunya, bila anda pegawai adalah dokumen bukti pendapatan. Pemberi pinjaman juga akan mengecek apakah pendapatan Anda cukup untuk membayar angsuran tiap bulannya atau tidak.

Anda harus tahu dan paham dulu seberapa banyak pinjaman yang dapat Anda terima, menurut penilaian pihak pemberi pinjaman. Anda juga harus tahu seberapa banyak yang harusnya Anda pinjam untuk bisa mendapatkan rumah idaman Anda. Karena tentunya, jumlah pinjaman mempengaruhi seberapa banyak angsuran yang dibebankan setiap bulannya.

Nah, itulah uraian singkat mengenai pinjaman hipotek untuk biaya mendapatkan rumah idaman Anda. Semoga bermanfaat.

Add Comment