AMAZING Alat Teknologi Tepat Guna, Pompa Air Tanpa Listrik Temuan Siswa SMK Riau

Teknologi Tepat Guna – Teknologi tepat guna saat ini memang sedang didongkrak oleh Pemerintah guna membantu segala permasalahan masyarakat. Banyak event ataupun sains mulai dari tingkat kabupaten, tingkat provinsi hingga nasional yang diadakan untuk menemukan suatu teknologi tepat guna yang bisa dikembangkan lebih lanjut dan bermanfaat bagi orang banyak

Baru – baru ini, peserta Lomba Teknologi Tepat Guna Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2017 yang merupakan siswa SMA N 2 Kendur, Kabupaten Karimun berhasil menemukan sebuah teknologi tepat guna yang dipandang bisa dikembangkan lebih lanjut.

Adalah Wulan Kusuma yang berhasil menemukan teknologi pompa air tanpa listrik yang lebih lanjut disebut sebagai Teknologi Green Pump.

Baca juga: Beberapa Contoh Teknologi Tepat Guna Untuk Penjernihan Air

Penelitian terhadap alat ini dilatar belakangi dari kesulita warga masyarakat Desa Kundur Kabupaten Karimun yang mayoritas bekerja sebagai petani.

Untuk menggarap lahan pertanian yang lumayan luas dan konsumsi air bersih, masyarakat Kundur cukup kesulitan. Jika menggunakan pompa yang sudah ada, biayanya terlalu mahal dan jelas tidak bisa dijangkau oleh masyarakat Kundur Kabupaten Karimun.

Teknologi Tepat Guna
Alat Teknologi Tepat Guna, Pompa Air Tanpa Listrik

Pompa air yang biasa pun harus menggunakan daya listrik yang sangat besar. Jika diterapkan di Desa Kundur sudah jelas tidak memungkinkan karena daerah ini supply listrik tidak bisa 24 jam.

Video: Contoh-Contoh Alat Teknologi Tepat Guna Sederhana

Untuk memudahkan anda memahami tentang teknologi tepat guna, berikut kami sajikan di channel youtube kami video contoh alat teknologi tepat guna sederhana jangan lupa kunjungi youtube channel kami dengan meng-klik link ini.

Dukung youtube channel kami agar terus berkembang dan menyajikan konten tentang teknologi tepat guna lainnya dengan meng-klik tombol SUBSCRIBE dan semoga dengan adanya konten-konten teknologi tepat guna (TTG) yang kami sajikan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat akan pentingnya TTG untuk meningkatkan produktifitas dan memajukan perekonomian masyarakat, ENJOOOYY!!..

Oleh karena itu, siswi SMK ini bersama timnya menemukan ide teknologi tepat guna Green Pump.Pompa ini merupakan pompa air yang diinovasi oleh murid – murid SMAN 2 Kundur.

Biaya untuk membuat Teknologi Green Pump ini sendiri cukup murah, yaitu sekitar 200.000. Biaya ini sangat murah dibandingkan dengan pengadaan pompa air listrik yang bisa memakan biaya hingga berjuta-juta.

Prinsip Cara Kerja Pompa Green Pump

  1. Menyiapkan tabung hampa (dalam praktik di lapangan biasanya menggunakan pipa). Tabung ini berfungsi untuk membantu menekan air yang berada di bawah menuju ke atas. Pada dasarnya, teknologi Green Pump ini diletakkan di tempat yang lebih rendah dari sumber airnya, bisa mata air atau pun air terjun yang mengalir secara terus menerus dengan jarak sekitar 1 – 1 ½ meter. Usahakan jangan sampai terdapat lubang boboran walaupun sebesar lubang jarum.
  2. Siapkan selang dengan panjang 10 cm dengan diameter ½ inchi. Selang ini berfungsi untuk mengangkut air dari bawah ke atas menuju bak penampungan.
  3. Siapkan klep. Klep ini bertugas untuk memompa air masuk ke dalam tabung untuk di alirkan ke atas lewat selang yang sudah dipasang. Pemasangan klep pun tidak boleh terbalik.
  4. Setelah semuanya dirakit, letakkan alat tersebut di bawah sumber air yang akan dipompa dengan jarak 1 ½ meter. Pipa yang terpasang di tabung hampa dan klep di letakkan masukkan ke sumber air. Agar alat ini bisa bekerja, arus air harus kencang agar klep bisa terus memompa air dengan bantuan arus air.

Cara kerja pompa tanpa listrik ini cukup sederhana, namun jika dikembangkan lebih lanjut bisa bermanfaat bagi masyarakat luas, tidak hanya masyarakat Kundur.

Jika pompa Green Pump ini bisa diaplikasikan, banyak manfaat yang akan di dapat. Selain tidak menggunakan energi listrik, pompa ini juga bisa tetap aktif tanpa menggunakan mesin diesel sehingga tidak menimbulkan polusi.

Mesin ini juga bisa aktif selama 24 jam karena air mengalir secara deras secara terus menerus. Jika seandainya pompa rusak, maka biaya perbaikan sekaligus biaya perawatan juga tidak mahal.

Perawatan Green Pump cukup mudah jika dibandingkan dengan pompa air pada umumnya. Demikian artikel kali ini , semoga bermanfaat

Add Comment