Amazing 5 Fakta Menarik Presiden Dubai Yang Belum Banyak Diketahui

Presiden Dubai – Dubai merupakan sebuah negara bagian yang masih dalam lingkup Uni Emirat Arab yang dikepalai oleh seorang presiden. Adapun Presiden Dubai saat ini adalah Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum yang mulai menjabat mulai tahun 2006. Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum merupakan putra dari Rashid bin Saeed Al Maktoum.

Kepandaiannya memang tidak perlu diragukan lagi mengingat Sheikh Mohammed ini sudah mendapatkan pendidikan khusus yang diberikan oleh ayahnya. Dibalik karirnya yang cemerlang, kepala pemerintahan Dubai satu ini memiliki fakta menarik yang belum diketahui oleh banyak orang. Mulai dari hobi yang dimiliki hingga program sosial yang dijalankannya.

1. Memiliki Hobi Memelihara Kuda

presiden dubai

Siapa sangka pemimpin Dubai ini merupakan salah satu orang yang berpengaruh terhadap balapan kuda dalam tingkat internasional. Kecintaannya kepada kuda sudah mulai tumbuh ketika masih remaja dan masih ditekuninya hingga saat ini. Bahkan pada akhir tahun 1981, Sheikh Mohammed pernah membeli.  Gainsborough Stud di Inggris.

Pembelian tempat tersebut digunakan sebagai kuda yang dimilikinya untuk dirawat dan dilatih untuk perlombaan. Kuda yang dimilikinya seringkali memenangkan perlombaan bergengsi, katakanlah perlombaan Irlandia Derby pernah dimenangkannya. Hingga saat ini Sheikh Mohammed sudah memiliki banyak sekali kuda yang tersebar di beberapa negara.

2. Presiden Dubai Pernah Masuk Dalam Majalah Forbes

Dalam catatan sejarah, Presiden Dubai satu ini pernah masuk dalam majalah Forbes di bulan Juni tahun 2010 kategori orang terkaya. Di majalah Forbes dituliskan kekayaannya diperkirakan mencapai US$ 79,3 miliar yang berarti Sheikh Mohammed menjadi orang terkaya ketiga. Posisinya dikalahkan oleh keluarga Saudi Arabia dan Abu Dhabi lainnya.

Masuknya Sheikh Mohammed pada majalah Forbes merupakan hal yang wajar dan justru mengherankan jika tidak masuk. Pasalnya kekayaan yang dimiliki Sheikh Mohammed berasal dari berbagai sumber, salah satunya adalah bisnis pacuan kuda yang dimiliki. Selain itu, ada beberapa bisnis yang dijalankannya dan memiliki pendapatan yang luar biasa.

3. Memiliki 2 Istri

presiden dubai

Bukan hal yang mustahil bagi pemimpin masyarakat Dubai ini memiliki 2 istri yang berbeda. Pernikahan pertamanya terjadi pada tahu 1979 dimana Sheikh Mohammed menikah dengan Cheikha Hind binti Maktoum bin Juma Al Maktoum. Dengan istri pertama atau istri tuanya ini dikaruniai anak sebanyak 19 anak dan sudah tumbuh dewasa.

Pernikahan kedua dengan istri mudanya berlangsung pada 10 April 2004 silam. Sheikh Mohammed menikah dengan HRH Putri Haya binti Al Hussein yang merupakan putri dari Raja Hussein Yordania. Dengan istri mudanya dikaruniai anak sebanyak 2 anak. Adapun total anak yang dimilikinya adalah 21 anak dengan 13 putri dan 8 putra.

4. Pernah Melakukan Kampanye Pendidikan

Kepeduliannya terhadap sosial membuat Presiden Dubai ini pernah melakukan kampanye untuk pendidikan. Tepatnya pada bulan September 2007 Silam, Sheikh Mohammad meluncurkan program Dubai Cares. Sebuah kampanye penggalangan dana dengan tujuan untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak di negara miskin.

Ini merupakan salah satu langkah kontribusi Dubai terhadap Tujuan Pembangunan Milenium PBB dalam rangka menyediakan Pendidikan Dasar anak. Adapun jumlah uang yang disumbangkan untuk kampanye ini mencapai US$1,65 miliar. Jumlah yang tidak sedikit ini mampu membantu anak-anak yang tadinya tidak mendapatkan pendidikan menjadi lebih terjamin.

5. Meluncurkan Program Kesehatan

Pada tahun 2008, tepatnya pada bulan Desember silam Sheikh Mohammed meluncurkan program bernama Noor Dubai. Adapun visi dan misi program ini adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi orang-orang yang menderita kebutaan dan gangguan penglihatan. Target pelayanan ini merupakan orang-orang yang berada di negara berkembang, mulai skala internasional, regional ataupun lokal.

Program ini diluncurkan demi membantu WHO serta Badan Internasional dalam mencegah kebutaan atau IAPB. Ini dikarenakan tingkat gangguan penglihatan serta kebutaan di negara berkembang seiring berjalannya waktu meningkat karena berbagai macam faktor. Program ini merupakan salah satu program kesehatan WHO hingga tahun 2020 ini.

Kekuasaan Presiden Dubai ini masih berlanjut hingga tahun 2020 meskipun usianya sudah tidak muda lagi. Meskipun demikian, visi, misi dan kinerjanya patut diapresiasi oleh masyarakat yang tinggal di Dubai karena semakin hari semakin maju. Segala bentuk inovasi dan kegiatan sosial yang diadakannya memberikan banyak manfaat berbagai kalangan masyarakat.

Add Comment