Rekomendasi Anti Virus Untuk Android Yang Bisa Dicoba

Saat ini keamanan data pada smartphone sangat rentan sekali. Baik dari serangan hacker, virus, malware, ransomware, dan masih banyak lagi. Untuk itu sebagai pengguna android sebaiknya lebih hati-hati. Salah satu cara untuk menjaga keamanan perangkat android adalah memasang anti virus. Berikut rekomendasi anti virus untuk android yang bisa dicoba.

1. Avast Mobile Security & Antivirus

Pengguna android mungkin tidak terlalu asing dengan aplikasi antivirus ini. Selain populer di kalangan pengguna anroid, Avast juga sering dipakai oleh banyak pengguna PC atau pun laptop. Avast dipercaya ampuh untuk melindungi android dari serangan virus, atau malware berbahaya.

Virus apa saja yang mampu dibersihkan oleh aplikasi ini? Banyak sekali diantaranya virus pada email yang kebanyakan berasal dari phising. Bisa juga virus yang biasa ada pada situs web. Avast telah didownload oleh lebih dari 100 juta orang di playstore.

2. Kaspersky Mobile Antivirus

Ada lagi rekomendasi anti virus untuk android yaitu Kaspersky Mobile yang dikembangkan oleh Kaspersky Lab. Antivirus ini mampu memberikan perlindungan terhadap android secara real time. Kaspersky ini merupakan antivirus yang bagus dengan kemampuan pendeteksi malware sangat tinggi yaitu mencapai 99,9%.

Selain itu, antivirus ini juga dilengkapi dengan fitur filter web yang berguna untuk menyaring tautan atau situs berbahaya. Kaspersky punya fitur premium, yang dapat dicoba oleh pengguna selama 30 hari. Fitur lain yang dimilikinya adalah pemeriksaan latar belakang serta anti-phising dengan tingkat akurasi cukup tinggi.

3. Bitdefender Mobile Security & Antivirus

Antivirus ini bisa dikatakan paling ringan sehingga sangat aman untuk dipasang pada android dengan kapasitas memori yang minim. Menggunakan antivirus ini sama artinya dengan menghemat penggunaan memori karena ukurannya yang kecil. Selain itu aplikasi ini juga sama sekali tidak menguras baterai sehingga banyak digemari.

Bahkan antivirus Bitdefender ini juga pernah dinobatkan menjadi aplikasi antivirus android terbaik sekitar tahun 2015 dan 2016. Salah satu fitur yang menjadi andalan dari aplikasi antivirus ini adalah WearON. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk dapat menjaga keamanan smartwatch yang saat ini sedang populer.

4. AVG Antivirus

Jika ingin rekomendasi anti virus untuk android lain pertimbangkan untuk mencoba AVG yang secara khusus dikembangkan oleh AVG Mobile. Banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh antivirus ini. Diantaranya adalah fitur penguncian aplikasi, mencadangkan aplikasi, hingga anti pencurian. Bahkan dengan aplikasi antivirus ini pengguna dapat menyembunyikan foto pribadi menggunakan fitur enkripsi.

AVG antivirus memiliki tampilan yang cukup baik. Selain itu dapat melakukan pemindaian file secara real time dan bisa memperpanjang daya baterai karena dilengkapi fitur hemat daya. Antivirus ini juga dapat bekerja baik dalam memeriksa kecepatan unduhan dan unggahan Wifi.

5. Avira Antivirus Security

Ada juga antivirus yang mampu diandalkan untuk menjaga keamanan android yaitu Avira. Data-data pribadi dalam android akan otomatis terlindungi oleh antivirus ini. Termasuk juga sejumlah informasi penting.

Misalnya foto, email, nomor kartu kredit, dan lain sebagainya. Avira dapat diunduh di google playstore dengan ukuran yang sangat ringan. Sehingga tidak terlalu menghabiskan ruang memori.

6. Norton Security And Antivirus

Rekomendasi aplikasi anti virus untuk android lainnya adalah Norton Security And Antivirus. Aplikasi ini dipercaya mampu memberikan perlindungan android dari virus-virus berbahaya secara real time. Selain itu, antivirus ini juga dapat mendeteksi jika ada aplikasi pada smartphone yang berpotensi boros baterai atau kuota.

Bahkan aplikasi antivirus ini juga otomatis dapat mendeteksi jika ada aktivitas mencurigakan yang terjadi pada android. Pengguna akan semakin aman menggunakan androidnya menggunakan antivirus ini. Satu lagi fitur andalan antivirus ini adalah sistem penguncian otomatis. Memungkinkan android akan otomatis terkunci apabila kartu SIM dicabut.

7. 360 Security – Junk Cleaner

Aplikasi antivirus ini bisa menjadi andalan untuk mencegah android dari serangan virus maupun malware. Fitur yang dimiliki oleh antivirus ini juga cukup lengkap. Salah satu fitur andalannya adalah kemampuannya untuk melakukan optimalisasi kinerja ponsel hanya dengan sekali ketukan.

Ditambah lagi aplikasi antivirus ini sangat ringan sehingga tidak terlalu menghabiskan memori android. Antivirus 360 Security ini punya interface yang mudah diaplikasikan pengguna. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung keamanan jaringan lewat VPN.

Itu tadi beberapa rekomendasi anti virus untuk android. Ancaman virus, malware, atau serangan hacker memang perlu diwaspadai, terutama oleh pengguna android. Maka untuk menjaga keamanan data pada android sebaiknya pasang anti virus. Cobalah untuk memasang salah satu anti virus yang sudah dijelaskan di atas.

Add Comment