10 Amazing Sapi Jumbo Dengan Ukuran Tidak Biasa yang Pernah Ada Di Dunia

Sapi Jumbo – Sapi merupakan binatang yang paling banyak penggemarnya di Indonesia. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat Indonesia yang gemar mengkonsumsi daging sapi. Karena sangat digemari, rasanya tidak sulit untuk menemukan sapi berbagai ukuran dari kecil sampai yang terbesar. Berbicara tentang sapi jumbo, pernah tidak melihat sapi seukuran sapi-sapi yang ada di bawah ini.

1. Sapi Knickers

Sapi Jumbo

Pertama ada sapi yang membuat semua orang terheran-heran saat melihatnya, adalah sapi knickers. Dengan bobot tubuh mencapai 1,4 ton dan tinggi mencapai 1,94 m sapi ini layak untuk dibilang sapi jumbo. Karena ukurannya yang terlalu besar, sapi ini juga selamat dari rumah pemotongan hewan. Selain itu, sapi ini masih sering dipertontonkan oleh pihak peternakan.

2. Kliwon

Kali ini ada sapi yang berukuran jumbo yang berasal dari Indonesia, Kliwon namanya. Sapi yang satu ini terkenal saat dijadikan sapi kurban oleh presiden Joko Widodo beberapa tahun lalu. Usut punya usut, sapi ini memiliki berat mencapai 1,2 ton dan berasal dari jenis limosin. Jenis sapi yang memang terkenal akan ukuran tidak biasa yang dimiliki oleh sapi-sapinya.

3. Mount Katahdin

Di daftar kali ini ada sapi yang berhasil mencatatkan namanya dalam guinnes world record. Ukuran sapi ini memang fantastis dengan tinggi mencapai 1,88 meter serta panjang badannya mencapai 3,96 meter. Sayangnya meskipun berukuran super besar, tapi sapi ini hanya mampu bertahan hidup selama empat tahun saja. Jadi tidak termasuk sapi yang memiliki umur panjang.

4. Sapi Purbalingga (Sapi Jumbo)

Sebenarnya sapi yang satu ini tidak memiliki nama, hanya saja karena asalnya dari Purbalingga maka sapi ini diberi nama sesuai asalnya. Dengan berat mencapai 1,1 ton berhasil membuat sapi ini menjadi perhatian warga sekitar. Sapi ini pertama kali diperlihatkan dalam acara kontes hewan ternak yang diselenggarakan di Purbalingga. Pemiliknya sendiri bernama Musabikhun.

5. Sapi Britain

Di nomor lima ada jenis sapi yang bernama sapi britain yang memang terkenal akan ukuran sapi-sapinya yang luar biasa. Pada jenis sapi ini sendiri untuk ukuran terbesar yang pernah ditemukan adalah 1,6 ton. Hal yang menyebabkan sapi ini bisa tumbuh dengan ukuran yang besar, karena memang kemampuan bertumbuhnya sangat cepat dibanding yang lain.

6. Sapi Blossom

Selanjutnya adalah sapi yang dimiliki oleh seseorang bernama Patty Hanson yang memiliki peternakan bernama orangeville. Di peternakan ini ada satu ekor sapi yang diberi nama blossom yang memiliki ukuran tidak biasa. Dengan tinggi mencapai 1,95 meter serta bobot lebih dari satu ton membuat sapi ini juga masuk ke dalam guinnes world record.

7. Lembu Bellino

Pada daftar selanjutnya adalah sapi yang berhasil memegang rekor untuk ukuran tinggi badannya, dimana sapi ini mencapai lebih dari 2 meter. Diberi nama sapi bellino, sapi yang satu ini berasal dari Italia. Hal yang membuatnya spesial adalah tinggi badannya yang jauh berbeda dari sapi-sapi pada umumnya. Bahkan sapi lainnya yang ada di daftar juga kalah tinggi badannya.

8. Lembu Fiorino

Masih terkait tinggi badan, kali ini ada seekor sapi dengan tinggi mencapai 2,5 meter. Lembu atau sapi ini juga berasal dari Italia, sama seperti lembu sebelumnya. Pemiliknya adalah seseorang bernama Antonio Sola. Sapi atau lembu Fiorino ini termasuk ke dalam jenis lembu Chianina yang memang terkenal akan sapinya yang tinggi-tinggi.

9. Sapi Chilli

Meskipun bernama sapi Chilli tapi siapa sangka jika sapi yang satu ini ternyata berasal dari Indonesia. Bahkan nama sapi ini pernah tercatat di rekor MURI pada tahun 2014 karena memang beratnya yang tidak biasa. Tercatat pada saat itu sapi Chilli memiliki berat yang lebih dari 1 ton dengan tinggi 1,97 meter.

10. Lembu Chilli

Terakhir dalam daftar sapi jumbo kali ini adalah sapi atau lembu Chilli yang memang memiliki badan luar biasa besar. Karena tidak hanya memiliki berat mencapai 1,25 ton saja tapi juga tingginya mencapai 6 kaki lebih 6 inchi. Membuatnya memiliki tubuh yang bosor dan layak untuk masuk dalam jajaran sapi dengan ukuran tubuh jumbo.

Ternyata ukuran sapi bisa mencapai lebih dari satu ton yah. Bahkan ada yang hampir mencapai dua ton, karenanya tidak heran jika sapi-sapi di atas dijuluki sapi jumbo. Kalau untuk pembaca, pernah tidak menemukan sapi yang sebesar itu atau malah mungkin lebih besar.

Add Comment