Sifat Pemimpin Idaman yang Membuat Bawahan Tunduk, Patuh dan Hormat

Sifat pemimpin idaman – Menjadi leadership/pemimpin adalah perkara yang tidak mudah, tapi tidak juga sulit untuk diaplikasikan.

Namun, kenyatakan di lapangaan menunjukan seringkali hubungan antara pemimimpin dengan bawahaanya tidaklah  harmonis.

Ketika ada sedikit permasalahan pemimpin akan menyalahkan bawahannya dan sebaliknya bawahan akan mencaci-maki habis-habisan di belakang pemimpinnya.

Kalau seperti ini kenyataannya, lantas bagaimana mimpi dan visis misi yang telah anda canangkan bisa diraih bersama.

Maka ada dua cara jitu menghadapi problematika tersebut, tak lain dan tak ialah dengan merekontrusi sifat kepemimpinan anda.

Karena itulah, kali ini akan saya ulas sifat pemimpin idaman yang akan membuat bawahan tunduk patuh kepada anda.

Sifat Pemimpin Idaman

1. Responsible dan Amanah

Adalah suatu keharusan bilamana seorang pemimpin harus memilki sifat dapat dipecaya dan bertanggung jawab.

Seorang pemimpin haruslah sanggup mengayomi bawahannya, ketika ada suatu polemik, maka pemimpin haruslah senantiasa berada di garda depan, bukan bersembunyi di balik meja dan kursi mewahnya.

Inilah salah satu sifat pemimpin idaman yang akan membuat bawahan anda akan merasa nyaman bekerja dengan anda.

Dengan begitu bawahan yang anda pimpin akan menaruh rasa hormat kepada anda.

Begitu juga dengan sifat amanah adalah sifat pemimpin idaman yang akan membuat siapapun akan lebih segan dan tunduk kepada anda.

Pasalnnya, ketika anda adalah sosok yang dapat dipercaya, maka secara tidak sadar orang akan menilai bahwa anda adalah orang yang bijaksana dan berwibawa.

Bawahan tidak akan ragu melakukan pekerjaan apapun untuk anda, karena memang mereka sudah memberikan semua keyakinannya pada anda.

Disinilah titik sentral hubungan antara pemimpin dan bawahannya akan berjalan secara harmonis.

2. Komunikatif

Sebenarnya ini adalah kelanjutan sifat pemimpin idaman diatas.

Karena, karakter seorang yang mampu berkomunikasi dengan baik akan menunjang kedua sifat diatas agar bawahan yang anda pimpin akan selalu tunduk dan patuh pada anda.

Haruslah anda pahami bahwa anda tidaklah bekerja sendiri, bawahan akan memberikan segala kemampuan, tenaga dan fikiranya untuk menuntaskan pekerjaan anda.

Karena itulah, agar semua pekerjaan yang anda berikan dapat diselasaikan dengan baik oleh bawahan anda, maka anda harus menjadi kominakator yang cakap dan cerdas.

Dengan demikian, anda akan mampu memberi arahan dan dorongan kepada bawahan anda.

Disinilah letak sifat pemimpin idaman yang akan menjadikan anda bukan hanya sebagai pemimpin, namun juga sebagai tempat berguru bagi bawahan yang anda pimpin.

3. Inovatif dan Kreatif

Semakin tingi kedudukan seorang, maka akan semakin deras pula angin yang akan menerpa.

Argumentasi tersebut, setidaknya akan memberi pengertian kepada anda bawha permasalahan perusahaan atau organisasi yang anda pimpin akan semakin berat dan pelik.

Maka hal fundamental yang harus anda lakukan ialah dengan memiliki sifat pemimpin idaman ini.

Sebagai pemimpin, anda akan dituntut agar dapat berfikir diluar kotak, tidak monoton dan cakap dalam menghadapi setiap permasalahan.

Berikanlah inovasi-inovasi kreatif dalam memegang kendali di dalam perusahaan atau organisasi yang anda kelola.

Dengan kecakapan berfikir seperti ini, maka tanpa anda suruh dan paksa, bawahan anda akan tunduk dan menggap anda sebagai seorang leader ideal yang memiliki sifat pemimpin idaman

Nah demikian diatas sifat pemimpin idaman yang harus anda miliki agar bawahan lebih bertanggung jawab dan mampu mengerahkan seluruh kemampuan, tenaga dan fikiran mereka demi melangsungkan cita-cita perusahaan.

Add Comment