Sistem Kerja Mesin Vacuum Frying Sederhana.

Ad

Mesin vacuum frying atau mesin penggoreng hampa adalah mesin untuk membuat aneka keripik buah dan sayur (fruits and vegetable chips) dengan sistim vakum. Mesin pengolah buah menjadi keripik ini adalah
tergolong teknologi tepat guna.

Dengan mesin pengering buah ini, Anda bisa membuat keripik mangga, keripik melon, keripik nanas, keripik nangka, keripik pepaya, keripik salak, jamur tiram dan lain-lain

Alat dan mesin pembuat vacuum ini sering juga disebut dengan Vacuum Fryer. Dan Vacuum fryer ini merupakan nama mesin yang digunakan untuk melakukan proses vacuum frying.

Sistem Kerja Mesin Vacuum Frying Sederhana

Untuk memudahkan anda memahami tentang teknologi tepat guna, berikut kami sajikan di channel youtube kami video contoh alat teknologi tepat guna sederhana jangan lupa kunjungi youtube channel kami dengan meng-klik link ini.

Dukung youtube channel kami agar terus berkembang dan menyajikan konten tentang teknologi tepat guna lainnya dengan meng-klik tombol SUBSCRIBE dan semoga dengan adanya konten-konten teknologi tepat guna (TTG) yang kami sajikan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat akan pentingnya TTG untuk meningkatkan produktifitas dan memajukan perekonomian masyarakat, ENJOOOYY!!..

Mesin-Vacuum-Frying
Mesin Vacuum Frying

Vacuum frying (penggorengan hampa) adalah suatu proses penggorengan yang tergolong dalam kategori deep frying (penggorengan dalam – penggorengan celup), yaitu proses penggorengan yang mana seluruh bahan yang digoreng “tenggelam seluruhnya” di dalam minyak dalam kondisi panas yang divakumkan.


Sistem penggorengan vakum digunakan untuk melakukan proses penggorengan dalam suhu normal, minyak goreng akan mencapai titik didih pada suhu sekitar 160 0C.

Pada kondisi ini banyak bahan yang tidak bisa digoreng pada suhu setinggi itu. Keutamaan dengan sistem penggorengan vakum, dimungkinkan melakukan proses penggorengan pada suhu yang lebih rendah, seperti misalnya 70 0C atau 80 0C.

Maka menggoreng sayuran atau buah-buahan untuk dijadikan keripik menggunakan Vacuum Frying sangat tepat, dengan tidak merubah citarasa dan komposisi asli dari bahan asal.

Kelebihan dan keuntungan menggunakan mesin keripik buah ini akan menghasilkan gorengan yang lebih renyah dibanding penggorengan biasa.

Dengan menggunakan sistem pemvakuman saat penggorengan memungkinkan kualitas hasil penggorengan jauh lebih baik dari pengggorengan

Rekayasa proses pada suhu yang rendah tidak banyak merubah komposisi awal dari bahan, sehingga kandungan nutrisinya hampir sama dengan aslinya.

Kelebihan lain dengan menggunakan rekayasa proses vacuum ini adalah pemakaian minyak dipastikan lebih awet.

Mengingat minyak dipanaskan pada suhu rendah, minyak relativ tidak banyak berubah dan tidak banyak terikut dengan gorengan.

Kelebihan Buah / Sayur yang Digoreng Dengan Vacuum Frying:

  • Nutrisi tidak hilang, karena digoreng pada suhu rendah (80-85 Derajat Celcius), disertai dengan pemvakuman
  • Warna tidak berubah dan tidak gosong
  • Penggorengan alami, tanpa penambahan zat pewarna dan perasa
  • Keripik renyah dan nikmat

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Sistem Kerja Mesin Vacuum Frying semoga bermanfaat..

Add Comment